IMPLEMENTASI PELAYANAN PENERBITAN KARTU TANDA PENDUDUK BAGI PENGANTIN BARU KAPERU DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN BANTUL
DOI:
https://doi.org/10.32477/jrabi.v1i2.373Keywords:
Implementasi, Kaperu, Komitmen, Kedisiplinan, Beban Kerja, Rekrutmen, seleksiAbstract
Penelitian tesis ini dimaksudkan untuk menganalisis faktor penyebab tingginya jumlah aduan dan upaya untuk menanggulangi tingginya jumlah aduan pelayanan penerbitan dokumen kependudukan yaitu kartu keluarga dan kartu tanda penduduk bagi pengantin baru atau Kaperu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, hasil penelitian yang dideskripsikan dalam sebuah narasi mengungkapkan permasalahan yang didapatkan melalui dokumentasi, wawancara, dan observasi. Produk hasil inovasi dan kerjasama yang dilakukan oleh Kementerian Agama Kabupaten Bantul dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul dalam implementasinya terdapat ketidaksesuaian dengan standar operasional prosedur pelayanan dan nota perjanjian MoU yang telah disepakati bersama berdampak pada tingginya jumlah aduan. Jumlah aduan tertinggi berasal dari pemohon layanan kaperu yang berdomisili di 4 Kecamatan yakni Kecamatan Plered, Bantul, Pajangan dan Srandakan. Hasil yang didapatkan dari penelitian tersebut diketahui faktor penyebab tingginya jumlah aduan disebabkan oleh, keterlambatan dan kesalahan dokumen, rendahnya komitmen kerja, rendahnya kedisiplinan kerja, beban kerja yang melebihi kapasitas yang mampu dijangkau dan diselesaikan. Upaya untuk mengatasi tingginya jumlah aduan dilakukan strategi manajemen sumber daya mausia ditempuh dengan cara memberikan layanan antar dokumen kependudukan melalui bantuan caraka, singkronisasi data oleh Administration Data Base, kebijakan pendisiplinan dengan memberikan sanksi dan penghargaan, Perencanaan Rekrutmen Karyawan dan Pengintegrasian Tugas Antar-Bidang.
References
Ariska, L. (2017). Analisis Sistem Informasi Manajemen Nikah Simkah Di KUA Kecamatan Sawahan Surabaya (Doctoral Dissertation, Uin Sunan Ampel Surabaya).
Dian, U, Sad (2005). Penanganan Pengaduan Masyarakat Mengenai Pelayanan Publik, Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi Vol 15 No 3.
Dwiyanto, Agus, 2003, Reformasi Tata Pemerintahan Otonomi Daerah, Cetakan Pertama, Pskk,Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.
Endar, Sugiyanto, 1999, Manajemen Penanganan Pengaduan Publik, Jurnal Fisip: Surakarta
Fahmi, Irham 2013, Manajemen Kinerja. Teori dan Aplikasinya, Alfabeta Bandung
Gie, The Liang, 1995, Efesiensi Kerja Bagi Pembangunan Negara :Suatu Bunga Rampai Bacaan,Gajah Mada University Press, Yogyakarta
Handoko, T. Hani, 2011. Manajemen Personalia Sumber Daya Manusia, BPFE Yogyakarta
Hariandja, Marihot Tua Efendi, 2002, Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan Pertama, Pt.Grasindo, Jakarta.
Hasibuan, Malayu S,P, 2012, Manajemen Sumber Daya Manusia, Bumi Aksara, Jakarta
Jai, S. A., Setyawan, D., & Adiwidjaja, I. (2016). Implementasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan. Jisip: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik.
Kaswan, 2011, Pelatihan dan Pengembangan untuk Meningkatkan Kinerja SDM. Alfabeta, Bandung
Manullang Atik & Ratminto, 2012. Manajemen Pelayanan. Pustaka Pelajar
Nita, A. O. (2018). Penerapan Simkah (Sistem Informasi Manajemen Nikah) Dalam Peningkatan Mutu Pelayanan Nikah Di Kantor Urusan Agama Cimahi Selatan (Doctoral Dissertation, Uin Sgd Bandung).
Nur, B. (2019). Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (Siak) Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Palopo. Journal I La Galigo| Public Administration Journal, 2(1), 38-44.
Robbins, Stephen P, dan Coulter, Mary ( 2010) Manajemen edisi kesepuluh, Erlangga: Jakarta
Sastrohadiwiryo, 2008, Manajemen Sumber Daya Manusia dan Disiplin Kerja, Jurnal Fisip Surabaya
Satriani, A. A. (2014). Penerapan Sistem Informasi Manajemen Nikah (Simkah) Online Di KUA Kota Surabaya Dalam Perspektif Pma Nomor 11 Tahun 2007 (Doctoral Dissertation, Uin Sunan Ampel Surabaya).
Sopiah. (2008). Perilaku Organisasi. Andi Offset: Yogyakarta
Suwanto, & Priansa, D, 2011. Manajemen SDM dalam Organisasi Publik dan Bisnis. Bumi Aksara: Jakarta
Wibowo, 2007. Manajemen Kinerja. Edisi Pertama, PT Raja Grafino Persada, Jakarta.
Yohanitas, Witra Apdhi & Prayitn, Teguh Henry (2014), Pengelola Pengaduan Masyarakat Kota Bekasi, Jurnal Borneo Administrator Vol 10 No 3
Yuskar, H, Selly Devisia. 2011. Pengaruh independensi Auditor, Komitmen Organisasi, Pemahaman Good governance, Integritas Auditor, Budays Organisasi, dan Etos Kerja Terhadap Kinerja Auditor: Studi Empiris Kantor akuntan Publik, SNA Aceh.