EVALUASI KINERJA PENYELENGGARAAN DIKLAT TEKNIS PELAYANAN PUBLIK UPT BALAI DIKLAT PEGAWAI KABUPATEN GUNUNGKIDUL TAHUN 2019
DOI:
https://doi.org/10.32477/jrabi.v1i2.377Keywords:
Evaluasi Kinerja, Efektifitas Penyelenggaraan Diklat TeknisAbstract
Sebagai unsur utama aparatur negara dan abdi masyarakat Pegawai Negeri Sipil (PNS) mempunyai kedudukan dan peranan penting dalam penyelenggaraan tugas organisasi pemerintahan dan pembangunan agar terselenggaranya good govermance (pemerintahan yang baik). Dalam hal ini diperlukan Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki akhlak dan budi pekerti yang baik, setia, berkemampuan melaksanakan tugas secara profesional, bertanggung jawab, bersih dari praktek Korupsi Kolusi dan Nepotisme (KKN) serta mampu menjadi perekat persatuan dan kesatuan bangsa. Kinerja PNS yang baik secara langsung akan mempengaruhi kinerja lembaga. Untuk memperbaiki kinerja PNS tentu merupakan suatu pekerjaan yang memakan waktu panjang. Selain dengan meningkatkan pengawasan dan pembinaan, juga dilakukan penilaian terhadap tingkat keberhasilan kinerja yang telah dilakukan. Penilaian terhadap kinerja juga bermanfaat sebagai tolak ukur yang dapat digunakan untuk memperbaiki kinerja pegawai yang bersangkutan dapat dilakukan secara terarah dan sistematis. Salah satu faktor yang menentukan profesionalisme kerja yang optimal dalam sebuah instansi pemerintah adalah peningkatan kinerja pegawai. UPT Balai Pendidikan dan Pelatihan Pegawai Kabupaten Gunungkidul menghadapi tugas-tugas, tantangan dan tuntutan pelayanan yang tidak ringan di masa yang akan datang. Hal itu disebabkan karena semakin berkembangnya kebutuhan para stakeholder sebagai akibat dari perkembangan kehidupan masyarakat. Untuk itu UPT Balai Pendidikan dan Pelatihan Pegawai sebagai penyedia layanan perlu mengambil langkah-langkah persiapan dan perencanaan yang matang dalam mewujudkan sasaran-sasaran program pendidikan dan pelatihan yaitu agar terwujudnya sumber daya aparatur yang berkemampuan dalam melaksanakan tugas dan fungsi jabatannya. Evaluasi Penyelenggaraan Diklat Teknis Pelayanan Publik telah di peroleh hasil penelitian yaitu (1) Faktor Yang Mempengaruhi Efektivitas Penyelenggaraan Diklat (a) Perkembangan teknologi UPT Balai Diklat Pegawai Kabupaten Gunungkidul disesuaikan dengan kebutuhan penyelenggaraan diklat (b) Penyusunan program diklat yang terdiri dari kurikulum dan metode pembelajaran disesuaikan dengan Analisis Kebutuhan Diklat (2) Evaluasi kinerja penyelenggaraan diklat teknis (a) Proses persiapan penyelenggaraan diklat terdiri dari persiapan administrasi (rekrutmen) peserta diklat dan persiapan akademis peserta diklat (b) Panitia diklat berperan penting pada awal hingga akhir kegiatan diklat dimana panitia diklat terdiri dari tim koordinasi, tim pengamat dan sekretariat.
References
Atmodiwirio, Soebagio, (1993), Manajemen Training, Pedoman Praktis Bagi Penyelenggara Training, Cet.1, Jakarta: Balai Pustaka
Adi Gunawan, (2002), Kamus Lengkap Inggris-Indonesia, Indonesia-Inggris, Surabaya: Kartika
Budiandono, D. (1986), Perencanaan dan Penyelenggaraan Latihan Tenaga Kerja, Jakarta: Penerbit Bhatara Karya Aksara
Eko Prasojo, (2007), Tinjauan Kritis Dan Arah Pertumbuhan Reformasi Birokrasi Di Indonesia, Makalah pada Seminar Nasional, Reformasi Birokrasi di Indonesia Quo Vadis. Semarang: Magister Administrasi Publik
Hasibuan, S.P.Malayu. (2008), Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Gunung Agung
Iqbal, Hasan, (2002), Pokok-Pokok Materi, Metodologi Penelitian, Dan Aplikasinya, Jakarta: PT Ghalia Indonesia
Kurniawan, Agung (2005), Transformasi Pelayanan Publik. Yogyakarta: Pembaruan
Laporan Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Teknis Peningkatan Pelayanan Publik Tahun 2019, Gunungkidul: UPT Balai Diklat Pegawai
Moleong, Lexy J. (2002), Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja
Nana Sudjana, (1987), Tuntunan Penyusunan Karya ilmiah Makalah-Skripsi-Tesis-Disertasi, Bandung: Sinar Baru Algensindo
Oemar Hamalik, (2005), Pengembangan Sumber Daya Manusia, Manajemen Pelatihan Ketenagakerjaan, Pendekatan Terpadu, Jakarta: Bumi Aksara
Prasetya Irawan, (1999), Logika Penelitian dan Prosedur Penelitian, Pengantar Teori dan Panduan Praktis Penelitian Sosial bagi Mahasiswa dan Peneliti Pemula, Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Negara, Jakarta: STIA-LAN Press
Suharso, dan Ana Retnoningsih, (2005), Kamus Besar Bahasa Indonesia, Cetakan Pertama, Semarang: Widya Karya
Syamsi, Ibnu (1988). Pokok-pokok Organisasi dan Manajemen. Yogyakarta: Balai Pembangunan Administrasi
Sugiyono, (2002), Metode Penelitian Administrasi, Cetakan Kesembilan, Bandung: Penerbit Alfabeta
Thoha, Miftah. (2005) Manajemen Kepegawaian Sipil. Jakarta: Kencana
Tulus, Agus. (1996) Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
https://www.menpan.go.id/site/publikasi/unduh-dokumen-2/standar-pelayanan
Peraturan Kepala Lembaga Administrasi Negara Nomor 53 Tahun 2013 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Teknis Pengelola Pendidikan dan Pelatihan
Peraturan Kepala Lembaga Administrasi Negara Nomor 10 Tahun 2011 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Pelayanan Publik
Buku Inventaris UPT Balai Pendidikan dan Pelatihan Pegawai Tahun 2019