FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS PENGGUNA INTERNET BANKING BANK MANDIRI DI JAKARTA

Authors

  • Arif Suwarjono

DOI:

https://doi.org/10.32477/jrabi.v2i1.437

Keywords:

Kemudahan Pelayanan, Kemanfaatan Pelayanan, Kepercayaan Nasabah, Loyalitas Nasabah

Abstract

Penelitian ini menganalisis pengaruh orientasi pasar dan inovasi produk terhadap keunggulan bersaing untuk meningkatkan kinerja pemasaran. Rumusan masalah adalah bagaimana menciptakan keunggulan bersaing untuk meningkatkan kinerja pemasaran. Penelitian ini menggunakan data 121 kuesioner yang dikumpulkan dari kuesioner internet banking Bank Mandiri cabang Jakarta sebagai sampelnya. Alat analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modelling (SEM) pada program AMOS 20. Hasil analisis data menunjukan bahwa model penelitian mempunyai kesesuaian/fit yang baik dan semua hipotesis penelitian dapat dibuktikan. Kesimpulan yang diambil adalah kemudahan dan kemanfaatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan nasabah dan selanjutnya kepercayaan nasabah berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa diantara kedua faktor yang mempengaruhi kepercayaan nasabah (kemudahan dan kemanfaatan) didapatkan kesimpulan bahwa kemudahan merupakan faktor yang paling dominan pengaruhnya terhadap kepercayaan nasabah. Implikasi manajerial yang dapat disarankan oleh penelitian ini adalah kebijakan yang menitikberatkan pada penerapan kemudahan pada internet banking. Penelitian ini memberikan beberapa keterbatasan penelitian serta agenda penelitian mendatang yang bisa dilakukan pada penelitian lanjutan.

Author Biography

Arif Suwarjono

STIE Widya Wiwaha

References

Al-Hawari, M. and T. Ward. 2006. The Effect of Automated Service Quality on Australian Banks’Financial Performance and The Mediating Role of Customer Satisfaction. Marketing Intelligence and Planning, Vol. 24 No. 2, 127-47

Bhatt, Amola (2016) . “Factoring Affecting Customers Adoption of Mobile Banking Services”, Journal of Internet and commerce, India.

Bauer, H. H. , Hammerschmidt, M. and Falk, T. (2005). Measuring the quality of e-banking portals.International Journal of Bank Marketing, Vol. 23, No. 2, pp. 153-75.

Cheung, C.S. 2001. Understanding Adoptions and Continual Usage Behavior Towards Internet Banking Ser-vices in Hongkong. Thesis. Hongkong: Lingnan University

Chang, Y. (2002). Dynamics of banking technology adoption: An application to Internet banking. Working Paper.University of Warwick.

Dede Dzurotun Nisa, Tyas Silvi Ariyani dan Karina Oktaviani.2013. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nasabah Menggunakan Layanan Internet Banking Mandiri.Jurnal Manajement Vol.13, No.1

Gerrard, P. & Cunningham, J. (2003).The diffusion of Internet banking among Singapore consumers.International Journal of Bank Marketing, 21(1), 16-28.

Herington and Weaven. 2007. Can Banks Improve Customer Relationships with High Quality Online Services? Managing Service Quality, Vol. 17 No. 4, 404-427

Hackett, S. & Parmanto, B. (2009).Homepage not enough when evaluating website accessibility.Internet Research, 19(1), 78-87.

Infobanknews. (2015). Digital Banking Mengulik Sejarah Mobile Banking. https://infobanknews.com/artikel/Digital-Banking/Mengulik-Sejarah-Mobile-Banking.html%20

Keuangankontan. (2019). Transaksi Mobile Banking Tumbuh Dua Digit. https://keuangan.kontan.co.id/news/transaksi-mobile-banking-tumbuh-dua-digit-bank-siapkan-jaringan

Kompasiana. (2019). Perkembangan Internet Banking di Indonesia. https://www.kompasiana.com/mihrunkamalina7200/5b4ac9e2ab12ae0af651ac24/perkembangan-internet-banking-di-indonesia

Lee, E. and J. Lee. 2001. Consumer adoption of Internet banking: Need-based and/or skill based? Marketing Management Journal, Spring.

Mukherjee, A. and Nath, P. 2003. A Model of Trust in Online Relationship Banking.The International Journal Of Bank Marketing Bradford,21 (1),5.March 10, 2005

Melitina Tecualu.2011. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan Layanan Internet Banking Oleh Nasabah Bank Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis, Vol 11,No.1.

Nina Wijayanti.2010.Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Nasabah PT.Bank Rakyat Indonesia Tbk (Studi Kasus PT.BRI Kantor Kas Uin Syarif Hidayatullah Jakarta).Skripsi. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.Jakarta

Pikkarainen, T., Pikkarainen, K., Karjaluoto, H., dan Pahnila, S. (2004), Consumer acceptance of online banking: An extension of the technology acceptance model, InternetResearch, Vol. 14, No. 3

Poon, W. C. (2008). Users Adoption of E-banking Services: The Malaysian Perspective. Journal of Business and Industrial Marketing, 23(1), 59-69.

Parasuraman, A., V. Zeithaml and A. Malhotra. 2005. E-S-QUAL: A Multiple-item Scale for Assessing Elec-tronic Service Quality. Journal of Service Research, Vol. 13 No. 2, 151-67

Ribbink, D., A. Riel., V. Liljander and Streukens, S. 2004. Comfort Your Online Customer:Quality, Trust, and Loyalty on The Internet. Managing Service Quality, Vol. 14 No. 6, 446-56

Shinhan. (2017) . Pengertian Mobile Banking. https://www.shinhan.co.id/article-listings/read/pengertian-mobile-banking

Safeena, Rahmath, Abdullah, And Hema Date, (2010). Customer Prespectives On E-Bussiness Value : Case Study On Internet Banking.”.Jaournal Of Internet Banking And Commerce. VOL 15, No 11

Shergill, G.S. and Li, B. 2005.Internet Banking-An Empirical Investigation Of Customer’s Behaviour for online Banking in New Zealand (online).

Santoso, Singgih. (2010). Statistik Multivariat.Analisis Faktor.Online tersedia di books.google.com/books?isbn=9792782125

Yusnaini.2010. Pengaruh Kualitas Pelayanan Internet Bankingterhadap Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen Pada Bank Swasta.Jurnal Dinamika Akuntansi Vol. 2, No. 1

Zeithaml, V.A., Bitner, M.j., Gremler, D.D. (2009). Service Marketing, New York, Amerika: The McGraw. Hill Companies.

Published

2022-03-30

How to Cite

Suwarjono, A. (2022). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS PENGGUNA INTERNET BANKING BANK MANDIRI DI JAKARTA. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 2(1), 270–280. https://doi.org/10.32477/jrabi.v2i1.437