PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, LOKASI, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN MELALUI KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (PADA BENTO KOPI)
DOI:
https://doi.org/10.32477/jrabi.v2i2.472Keywords:
kualitas produk, harga, lokasi, kualitas pelayanan, loyalitas konsumen, kepuasan konsumenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga, lokasi, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen, mengetahui pengaruh kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen, serta mengetahui pengaruh kualitas produk, harga, lokasi, dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan konsumen sebagai variabel intervening. Populasi pada penelitian ini yaitu konsumen Bento Kopi UAD yang pernah berkunjung minimal 1 kali. Teknik pengambilan sampel yang digunakan merupakan teknik non-probability yaitu teknik purposive sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis jalur dengan bantuan program olah data SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui hasil analisis jalur diketahui terdapat satu variabel yang berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen yaitu kualitas produk. Sedangkan variabel yang tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen yaitu harga, lokasi, dan kualitas pelayanan. Serta, terdapat pengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen yaitu kepuasan konsumen. Selanjutnya, berdasarkan hasil uji sobel diperoleh hasil bahwa variabel yang berpengaruh terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan konsumen sebagai variabel intervening yaitu kualitas produk, sedangkan variabel yang tidak berpengaruh terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan konsumen sebagai variabel intervening yaitu harga, lokasi, dan kualitas pelayanan.
References
Aplikasi Dataku Daerah Istimewa Yogyakarta (2021). doi: https://bappeda.jogjaprov.go.id/dataku/data_dasar/cetak/218-restoran-dan-rumah-makan.
Apriliana, V. and Hidayat, W. (2020) ‘Pengaruh Kualitas Produk Dan Ekualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Pada Waroeng Spesial Sambal (Studi Pada Konsumen Waroeng Spesial Sambal Cabang Banyumanik)’, Jurnal Administrasi Bisnis, 9(4), pp. 571–581.
Astuti, E. C. (2020) Bento Kopi, Tongkrongan Nyaman Harga Pelajar. Available at: https://brisik.id/read61510/bento-kopi-tongkrongan-nyaman-harga-pelajar-di-yogyakarta.
Astuti, R. K., Triastity, R. and Susanti, R. (2021) ‘Pengaruh Kualitas Produk Dan Brand Image Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Mediasi’, Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan (JEKU), 21(1), pp. 63–77.
Badan Statistik Provinsi D.I. Yogyakarta (2020). Available at: https://yogyakarta.bps.go.id?statistictable/2020/08/05/141/jumlah-perguruan-tinggi- mahasiswa2-dan-tenaga-pendidik-negeri-dan-swasta-di-bawah-kementrian-riset-teknologi-dan-pendidikan-tinggi-kementrian-pendidikan-dan-kebudayaan-menurut-kabupaten-kota- di-pr.
Databooks (2018) Konsumsi Kopi Indonesia.
Ghozali, I. (2016) Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. 8th edn. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hartono, R. (2018) ‘Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Di Toko Kalimas’, AGORA, 6(2).
Kotler, P. and Armstong, G. (2012) Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: Prenhalindo.
Kotler, P. and Armstong, G. (2018) Principles of Marketing. 17th edn. New Jersey: Pearson Education Limited.
Kotler, P. and Armstrong, G. (2008) Prinsip-Prinsip Pemasaran. 12th edn. Jakarta: Erlangga. Kotler, P. and Keller, K. L. (2009) Manajemen Pemasaran. 13th edn. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P. and Keller, K. L. (2016) Marketing Management. 15th edn. New Jersey: Pearson Education Limited.
Kusumaningtyas, D. D., Suddin, A. and Sriwidodo, U. (2019) ‘Analisis Pengaruh Citra Restoran Dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening’, Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia2, 13(1), pp. 1–15.
Lupiyoadi, R. (2009) Manajemen Pemasaran Jasa. 2nd edn. Jakarta: Salemba Empat.
Nofindri, M. L., Sutarjo, A. and Hadya, R. (2021) ‘Pengaruh Harga Dan Lokasi Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Di Mini Market Wirda Kota Padang’, Jurnal Matua, 3(1), pp. 59–72.
Rosalia, I. (2021) ‘Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Pada Globalart San Diego Surabaya’, Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 10(3), pp. 1–21.
Rosyihuddin, M. (2020) ‘Kualitas Produk, Harga Terhadap Loyalitas Dan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Pengguna Tokopedia Di Kabupaten Gresik’, Jurnal Manajerial, 07(1), pp. 19–36.
Sucipto, A. et al. (2021) ‘Pengaruh Kualitas Layanan, Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Toko Ok Elektronik Muara Bungo’, Jurnal Ekopendia, 6(1), pp. 161–170.
Sugiyono (2016) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: Alfabeta. Tjiptono, F. (2008) Strategi Pemasaran. 3rd edn. Yogyakarta: Andi Offset.
Tjiptono, F. (2012) Service Management Mewujudkan Layanan Prima. 2nd edn. Yogyakarta: Andi Offset.