“PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PENGUNJUNG DI MUSEUM BENTENG VREDEBURG DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA”
DOI:
https://doi.org/10.32477/jrabi.v2i2.485Keywords:
Pengaruh, Kualitas Pelayanan, Tingkat Kepuasan PengunjungAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel wujud fisik terhadap kepuasan Pengunjung di Museum Benteng Vredeburg. Pengaruh variabel empati karyawan terhadap kepuasan Pengunjung di Museum Benteng Vredeburg. Pengaruh variabel kehandalan layanan terhadap kepuasan Pengunjung di Museum Benteng Vredeburg. Pengaruh variabel ketanggapan karyawan terhadap kepuasan Pengunjung di Museum Benteng Vredeburg. Pengaruh variabel jaminan layanan terhadap kepuasan Pengunjung di Museum Benteng Vredeburg. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode dalam penelitian ini adalah metode survei dengan instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Penelitian akan dilakukan pada bulan November 2021. Subjek penelitian adalah Benteng Vredeburg yang beralamat di Jalan Margo Mulyo Nomor 6, Ngupasan, Gondomanan Yogyakarta sebanya 53 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi. Hasil penelitian tangibles mempunyai nilai t hitung sebesar 2,969 dengan nilai signifikansi kurang dari 0,05 (0,005 kurang dari 0,05), disimpulkan tangibles mempunyai pengaruh positif dan signifikan Kepuasan pengunjung. Empathy mempunyai nilai t hitung sebesar 3,674 dengan nilai signifikansi kurang dari 0,05 (0,001 kurang dari 0,05), disimpulkan variabel empathy mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan pengunjung. Tangibles mempunyai nilai t hitung sebesar 2,743 dengan nilai signifikansi kurang dari 0,05 (0,009 kurang dari 0,05), disimpulkan bahwa variabel tangibles mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan pengunjung. Responsiviness mempunyai nilai t hitung sebesar 2,828 dengan nilai signifikansi kurang dari 0,05 (0,007 kurang dari 0,05), disimpulkan bahwa variabel responsiveness mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan pengunjung. Assurance mempunyai nilai t hitung sebesar 2,765 dengan nilai signifikansi kurang dari 0,05 (0,008 kurang dari 0,05), disimpulkan bahwa variabel assurance mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan pengunjung. Hasil f hitung sebesar 64,005 dengan tingkat signifikansi 0,000 yang lebih kecil dari 0,05 (0,000 kurang dari 0,05), disimpulkan ada pengaruh kualitas pelayanan secara simultan terhadap kepuasan pengunjung di Museum Benteng Vredeburg Di Daerah Istimewa Yogyakarta.
References
Ghozali, Imam. (2005). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Penerbit Universitas Diponegoro.
Gofur, A. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan. Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT.
Heni Rohaeni, N. M. (2018). Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Ecodemica.
Inka Janita Sembiring, S. A. (2014). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan. Administrasi Bisnis (JAB).
Kotler, Philip, & Amstong, Gary. (2000:440). Dasar-dasar Pemasaran Jilid 1. Jakarta: Penhallindo.
Kotler, Philip. (2000:52). Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium. Jakarta.
Kotler, Philip dan Kevin L. Keller 2007. Manajemem Pemasaran. Edisi 12 Jilid 1. PT Indeks: Jakarta.
Lovelock, Wyckof. 2005. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.
Lupiyoadi dan Hamdani, 2006. Manajemen Pemasaran jasa Edisi kedua. Penerbit Salemba Empat: Jakarta.
Malik Ibrahim, S. M. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan P Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT.
Ni Made Arie Sulistyawati, N. K. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Indus Ubud Gianyar. E-Jurnal Manajemen Unud.
Parasuraman 2006. The Behaviorial Consequenses of Service Quality. Journal of Marketing.
Sugiyono. 2004. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta: Bandung.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R & D. Bandung: CV. Alfabeta.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2015. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta.
Tjiptono, Fandy. (2015). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Wardiyanta, Drs. M.Hum. 2006. Metode Penelitian Pariwisata. CV. Andi. Offset. Yogyakarta.