PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DAN FASILITAS RUMAH SAKIT TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT KIA PKU MUHAMMADIYAH KOTAGEDE YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.32477/jrabi.v2i3.551Keywords:
Health Services, Facilities, Patient SatisfactionAbstract
This study aims to determine how much influence the quality of health services and hospital facilities have on outpatient satisfaction at the PKU Muhammadiyah Kotagede KIA Hospital, Yogyakarta, partially or simultaneously. The method used in this study is a quantitative method, where data collection uses a questionnaire. The sample in this study amounted to 30 employees, where these employees served at KIA PKU Muhammadiyah Hospital Kotagede Yogyakarta. Validity test which shows that the statement in this study is valid, while the reliability test using Cronbach Alpha is declared reliable. This study uses multiple linear regression analysis. The results of this analysis indicate that: (1) Health Service Quality has a positive effect on outpatient satisfaction of 0.318. (2) Hospital facilities have a positive effect on outpatient satisfaction of 0.334.
References
Abdul Muhid. 2010. Analisis Statistik SPSS for Windows: Cara Praktis Melakukan Analisis Statistik. Surabaya: CV Duta Aksara.
Arikunto S. 2002. Metodologi Penelitian. Jakarta. Rineka Cipta. Kemenkes. 1992. Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia.
Assauri, S. 2003. Customer Service yang Baik Landasan Pencapaian Customer Satisfaction dalam Usahawan, No. 01, Tahun XXXII, Januari, hal.25-30: Jakarta.
Azwar, Saifuddin. 2010. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ariki Zainaro. 2017. Pengaruh Sarana Prasarana, Pendidikan Dan Masa Kerja Perawat Terhadap Kepuasan Kerja Dan Kinerja Perawat Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Dr. A. Dadi Tjokrodipo Bandar Lampung.
Dian Nurul Fitria. 2016. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Pada Rumah Sakit Ibu dan Anak Andhika Jakarta.
Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: ANDI Undang-Undang No. 44 tahun 2009 tentang Rumah Sakit.
Felisitas 2018 Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas RS terhadap Kepuasan Pasien di RS Karitas Weta Bula Sumba barat Daya.
Indianto,Nur & Bambang Supono. 2002. Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen. Yogyakarta: BPFE.
Jarliyah Harfika, 2017, Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien Pada Rumah Sakit Umum Kabupaten Aceh Barat Daya.
Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran. Jilid kedua. (10th ed). Jakarta: PT. Prenhallindo.
Nomor : 983/Menkes/SK/XI/1992, Pedoman Organisasi Rumah Sakit Umum.
Rahadi Fitra Nova, 2010, Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Pada Rumah Sakit Pku Muhammadiyah Surakarta.
Setiawan, Ryan Agung. (2014). “Analisis Pengaruh Promoso Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasaan Pelanggan (Studi Kasus : “Waroeng Spesial).
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. PT Alfabet.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. PT Alfabet.
Yamit,Zulian. (2010). Manajemen Kualitas Produk & Jasa. Yogyakarta. Ekonisia.