PENGARUH DER (DEBT TO EQUITY RATIO), PROFITABILITAS DAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2016-2020

Authors

  • Sulastiningsih Sulastiningsih STIE Widya Wiwaha Yogyakarta
  • Annasya Isna Khanifa STIE Widya Wiwaha Yogyakarta
  • Hasanah Setyowati STIE Widya Wiwaha Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.32477/jrabi.v2i3.556

Keywords:

DER, Profitabilitas (ROA), Kepemilikan Manajerial, Nilai Perusahaan (PBV).

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengaruh DER (Debt to Equity Ratio), Profitabilitas, dan Kepemilikan Manajerial terhadap nilai perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2016-2020, baik secara parsial maupun simultan. Variabel yang diteliti yaitu : DER (Debt to Equity Ratio), Profitabilitas (ROA), dan Kepemilikan Manajerial dan nilai perusahaan yang diproksikan dengan nilai Price Book Value (PBV). Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2016-2020. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 7 perusahaan makanan dan minuman yang diperoleh dengan teknik purposive sampling. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda.

Hasil dari penelitian dengan menggunakan analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa secara parsial DER (Debt to Equity Ratio) dan Profitabilitas tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan sedangkan Kepemilikan Manajerial berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Hasil dari perhitungan secara simultan (bersama-sama) menunjukkan bahwa variabel DER (Debt to Equity Ratio), Profitabilitas, dan Kepemilikan Manajerial berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2016-2020.

References

Adipalguna, IGN Sudangga, and Anak Agung Gede Suarjaya. "Pengaruh Likuiditas, Solvabilitas, Aktivitas, Profitabilitas, Dan Penilaian Pasar Terhadap Harga Saham Perusahaan LQ45 di BEI." E-Jurnal Manajemen Vol 5, No.12 (2016): 7638-7668.

Andri Rachmawati dan Hanung Triatmoko. 2007. ”Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Laba dan Nilai Perusahaan”. Makalah Disampaikan dalam Simposium Nasional Akuntansi 10. Makasar, 26 – 28 Juli.

Bangun, N. dan S. Wati. 2007. “Analisis Pengaruh Profitabilitas dan Kebijakan

Dividen terhadap Nilai Perusahaan Perdagangan, Jasa dan Investasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia” Jakarta. Jurnal Akuntansi Tahun XI. No.2: 107-120.

Brigham, Eugene F dan Houston. 2006. “Fundamental of FinancialManagement:

Dasar-Dasar Manajemen Keuangan”. Edisi 10. Jakarta: Salemba Empat.

Christiawan, Y.J., dan Tarigan J. (2007). “Kepemilikan Manajeral: Kebijakan Hutang, Kinerja dan Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi dan Keuangan”. Universitas Kristen Petra. 9(1). PP 1-8.

Ghozali, Imam. 2018. “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 Edisi 9”. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Harjito, D.A dan Martono. (2014). “Manajemen Keuangan”. Edisi Kedua. Yogyakarta: EKONOSIA. Kampus Fakultas Ekonomi Islam Indonesia.

Joko Subagyo. 2011. “Metode Penelitian Dalam Teori Dan Praktik”. Jakarta: Rineka Cipta.

Jusriani, Ika Fanindya. 2013. “Analisis Pengaruh Profitabilitas, Kebijakan Dividen, Kebijakan Utang, dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Nilai Perusahaan”. Semarang: Universitas Diponegoro.

Lestariningsih, D. 2007. “Pengaruh Dividend Payout Ratio, Current Ratio, Variance of Earnings Growth terhadap Price Earnings Ratio pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia”. Skripsi. Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.

Nurfadilah et al., 2016. “Pengaruh Leverage, Ukuran Perusahaan dan Kualitas Audit, Terhadap Penghindaran Pajak”. Syariah Paper Accounting FEB Universitas Muhammadyah Surakarta.Surakarta.

S. Munawir. 2014. “Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta”: Liberty.

Sulistiono. (2010). “Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Struktur Modal dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur di BEI”. Tahun 2006-2008. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Wiyono, G. (2011). Merancang Penelitian Bisnis dengan alat analisis SPSS SmartPLS. Yogyakarta: STIM YKPN.

Published

2022-10-11

How to Cite

Sulastiningsih, S., Khanifa, A. I., & Setyowati, H. (2022). PENGARUH DER (DEBT TO EQUITY RATIO), PROFITABILITAS DAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2016-2020. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 2(3), 697 –. https://doi.org/10.32477/jrabi.v2i3.556