ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KEBERAGAMAN PRODUK, HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI ALFAMIDI TRITUNGGAL YOGYAKARTA

Authors

  • Muhamad Ghufron Prodi Manajemen STIE Widya Wiwaha Yogyakarta
  • Lukia Zuraida Prodi Manajemen STIE Widya Wiwaha Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.32477/jrabi.v2i3.557

Keywords:

Kualitas Pelayanan, keberagaman produk, Harga, Lokasi, Keputusan Pembelian.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada pelanggan Alfamidi Tritunggal Yogyakarta, (2) pengaruh keberagaman produk terhadap keputusan pembelian pada pelanggan Alfamidi Tritunggal Yogyakarta, (3) pengaruh harga terhadap keputusan pembelian pada pelanggan Alfamidi Tritunggal Yogyakarta, dan (4) pengaruh lokasi terhadap keputusan pembelian pada pelanggan Alfamidi Tritunggal Yogyakarta (5) pengaruh kualitas pelayanan, keberagaman produk, harga, dan lokasi terhadap keputusan pembelian pada pelanggan Alfamidi Tritunggal Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode asosiatif kausal dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah melakukan pembelian di Alfamidi Tritunggal Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian pada pelanggan Alfamidi (t hitung =1.675; nilai signifikansi 0,097less than0,05; dan koefisien regresi = 0,159). (2) keberagaman produk berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian pada pelanggan Alfamidi (t hitung = 4.720; nilai signifikansi 0,000less than0,05; dan koefisien regresi = 0,395). (3) harga berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian pada pelanggan Alfamidi (t hitung = 4.206; nilai signifikansi 0,000less than0,05; dan koefisien regresi = 0,366). (4) lokasi tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada pelanggan Alfamidi (t hitung = 0,472; nilai signifikansi 0,638 lebih dari 0,05; dan koefisien regresi = 0,038); dan (5) kualitas pelayanan, keberagaman produk, harga, dan lokasi berpengaruh secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian pada pelanggan Alfamidi Tritunggal Yogyakarta (F hitung= 47,673 dengan signifikansi 0,000less than0,05).

References

Durianto. 2004. Strategi Menaklukkan Pasar. PT Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.

Enggel, James F dan Roger D Blacwel. 1995. Perilaku Konsumen Edisi Ke Enam. Jakarta: Binarupa Aksara.

Fure, Hendra. 2013. Lokasi, Keberagaman Produk, Harga dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya terhadap Minat Beli Pasar pada Pasar Tradisional Bersehati Calaca. Jurnal Manajemen. FE-Universitas Sam Ratulangi Manado.

Ghozali, Imam. (2006). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS 19. Edisi Kelima. Badan Penerbitan Universitas Diponegoro: Semarang.

Ghozali, Imam, 2013, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21.

Ghozali, I. (2016) Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Edisi 8. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Goenadhi, Lydia. 2011. “Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza di Kota Banjarmasin”. Jurnal Manajemen dan Akutansi, Vol. 12, No.2.

Gujarati, Damodar. 2003. Ekonomika Dasar. Jakarta: Erlangga.

Hidayat, T. (2020). Analisis Pengaruh Produk, Harga, Promosi Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu Manajemen, 17(2), 109-119.

Kasmir. 2005. Etika Customer Service. Edisi Pertama. Cetakan Pertama. Raja Grafindo Persada: Jakarta.

Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran di Indonesia: Analisis, Perencanaan, Iplementasi dan Pengendalian, Edisi Kedelapan (terjemahan Arcella Ariwati Hermawan). Salemba Empat: Jakarta.

Kotler dan Amstrong. (2001). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran. PT Prenhalindo: Jakarta.

Kotler, Philip. (2003). Manajemen Pemasaran Edisi 6, Jilid 2. (Alih bahasa: Drs. A. Jaka Wasana, MSM). Jakarta: Penerbit Erlangga

Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran. Jilid 2. PT Indeks Kelompok Gramedia: Jakarta.

Kotler, Philip dan Kevin L. Keller 2007. Manajemem Pemasaran. Edisi 12 Jilid 1. PT Indeks: Jakarta.

Kotler, Philip dan Amstrong Gary. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Alih bahasa Bob Sabran M.M. Edisi Bahasa Indonesia. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Keller Lane. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi Ketiga Belas. Erlangga: Jakarta.

Kotler, Philip dan Keller.L 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi Ketigabelas.Erlangga, Jakarta.

Kusdyah, Ike. 2012. Persepsi Harga, Persepsi Merek, Persepsi Nilai dan Keinginan Pembelian Ulang Jasa Klinik Kesehatan. Jurnal Manajemen Pemasaran. Vol. 7. No. 1.

Lupiyoadi, Rambat. 2004. Manajemen Pemasaran Jasa: Teori dan Praktek. PT Salemba Empat: Jakarta.

Mardhikasari, T. E. (2014). Pengaruh Store Atmosphere, Lokasi Toko dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mirota Kampus. Skripsi. Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Yogyakarta. Dipublikasikan.

Mulyani, Yuliana. 2009. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan Pasar Swalayan dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Pasar Swalayan Luwes di Purwodadi). Dalam Jurnal Excellent Vol. 1 No. 2 Hal 97-122.

Mowen, John C, Michael Minor, Dwi Kartini Yahya. 2002. Perilaku Konsumen Jilid 2 Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.

Parasuraman, A. Valerie. 2001. Delivering Quality Service (Terjemahan Sutanto). The Free Press: New York.

Permatasari, E. N. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian pada Pelanggan Minimarket (Studi Kasus pada Pelanggan Minimarket Alfamart Tayu Wetan, Tayu, Pati, Jawa Tengah). Jurnal Aplikasi Manajemen, 15, 371-379.

Raharjani, Jeni. 2005. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pemilihan Pasar Swalayan Sebagai Tempat Berbelanja (Studi Kasus Pada Pasar Swalayan di Kawasan Seputar Simpang Lima Semarang). Dalam Jurnal Studi Manajemen & Organisasi, Vol. 2 No. 1 Hal 1-15.

Rahmat, Arief. 2012. Pengaruh Bauran Eceran (Retail Mix) terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Carrefour Palembang Square.

Saputra, A. W. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Pada Toko Firdaus Ngabean Yogyakarta). Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia (JMBI).

Setianingsih, N. F. (2016). Pengaruh Persepsi Harga, Keragaman Produk, dan Suasana Toko Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada konsumen Dunkin Donuts Ambarukmo Plaza Yogyakarta). Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia (JMBI), 5(1), 82-90.

Sugiyono. 2004. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta: Bandung.

Sugiyono. 2010. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2012, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta: Bandung.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Sutisna. 2003. Perilaku Konsumen & Komunikasi Pemasaran.

Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Swastha Basu dan T. Hani Handoko. 2000. Manajemen Pemasaran: Analisa dan Perilaku Konsumen. BPFE UGM: Yogyakarta.

Swastha, Basu dan Irawan. 2005. Manajemen Pemasaran Modern. Liberty: Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. 1997. Strategi Pemasaran, Edisi 1. Penerbit Andi: Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. 2001. Manajemen Jasa, Edisi 2. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono. 2008. Strategi Bisnis Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

https://alfamidiku.com/menu-korporasi. Diakses pada tanggal 28 november 2021.

Published

2022-10-11

How to Cite

Ghufron, M., & Zuraida, L. (2022). ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KEBERAGAMAN PRODUK, HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI ALFAMIDI TRITUNGGAL YOGYAKARTA. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 2(3), 716 –. https://doi.org/10.32477/jrabi.v2i3.557