PENGARUH KEPEMIMPINAN, KECERDASAN EMOSIONAL DAN IKLIM KERJA TERHADAP KINERJA GURU PNS DI SMP NEGERI 1 KEBUMEN

Authors

  • Deni Ardiansah Prodi Manajemen Universitas Putra Bangsa
  • Dani Rizana Prodi Manajemen Universitas Putra Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.32477/jrabi.v3i1.558

Keywords:

Leadership, Emotional Intelligence, Work Climate, Teacher Performance

Abstract

This study aims to determine the effect of leadership, emotional intelligence, and work climate on the performance of civil servant teachers at SMP Negeri 1 Kebumen. The sampling technique used is a saturated sample, which is taking a sample as a whole or all members of the population are used as samples. Respondents in this study were civil servant teachers totaling 35 people. This study uses descriptive and statistical analysis methods to test validity, reliability test, multicollinearity test, heteroscedasticity test, normality test, multiple linear regression analysis, partial test, simultaneous test, and coefficient of determination. The test in the t test shows that leadership has an effect on the performance of PNS teachers at SMP Negeri 1 Kebumen. Emotional intelligence has no effect on the performance of civil servant teachers at SMP Negeri 1 Kebumen. Work climate affects the performance of PNS teachers at SMP Negeri 1 Kebumen. The test in the f test shows that leadership, emotional intelligence, and work climate together affect the performance of PNS teachers at SMP Negeri 1 Kebumen.

References

Brahmasari, I.A., dan Suprayetno A. 2008. “Pengaruh Motivasi Kerja, Kepemimpinan Dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Serta Dampaknya Pada Kinerja Perusahaan (Studi Kasus Pada PT Pei Hai International Wiratama Indonesia)”. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan.

Bungawati, dan Syafaruddin. 2016. “Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi Kerja, Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru SMKN 7 Makassar”. Jurnal Competitiveness. Vol. 10 Nomor 2

Chaplin, J. P. 2009. Kamus Lengkap Psikologi. Terjemahan Kartini Kartono. Jakarta: Rajawali Pers.

Goleman, Daniel. 2000. Working With Emotional Intelligence (terjemahan). Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

. 2005. Kecerdasan Emosi: Untuk Mencapai Puncak Prestasi. Terjemahan Alex Tri Kantjono. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

. 2006. Emotional Intelligence: Kecerdasan Emosional, Mengapa Ei Lebih Penting Daripada IQ. Alih bahasa: T. Hermaya. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

. 2009. Kecerdasan Emosional: Mengapa EI lebih penting daripada IQ. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gusti, Messa Media. 2012. “Pengaruh Kedisiplinan, Motivasi Kerja, dan Persepsi Guru Tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMK N 1 Purworejo Pasca Sertifikasi”. Jurnal Penelitian.

Haryanto, dkk. 2021. “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Iklim Kerja Terhadap Kinerja Guru SMA Di Kecamatan Samarinda Utara”. Jurnal Pendidikan

Hasanah, Dedeh Sofia. 2010. “Pengaruh Pendidikan Latihan (DIKLAT) Kepemimpinan Guru dan Iklim Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Se Kecamatan Babakancikao Kabupaten Purwakarta”. Jurnal Penelitian Pendidikan. Volume 11 Nomor 2

Hidayah, Rina. 2019. “Pengaruh Religiusitas Dan KecerdasanEmosional Terhadap Kinerja Guru Di Madrasah Aliyah Negeri Kota Banjarmasin. Antasari Journal of Islamic Education

Hidayatullah, M. Furqon. 2012. Membangun Insan Berkarakter Kuat dan Cerdas. Surakarta: Yuma Pustaka

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Meynita, dkk. 2020. “Pengaruh Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah dan Iklim Kerja Terhadap Kinerja Guru”. Jurnal Pendidikan Tambusai. Volume 4 Nomor 3 Hal 34119-3428

Novitasari, Atik dan Agus Wahyudin, R.S. 2012. “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Lingkungan Kerja, Pendidikan dan Pelatihan Terhadap Kinerja Guru”. Economic Educatian, 1(2), 1–6. http:// journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj.

Rachmawati, Tutik. 2013. Penilaian Kinerja Profesi Guru dan Angka Kreditnya. Yogyakarta: Gava Media

Robbins, Stephen P. 2002. Perilaku Organisasi. Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.

Ruky, Achmad S. 2002. Sistem Manajemen Kinerja. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama

Rusman. 2012. Seri Manajemen Sekolah Bermutu : Model-model Pembelajaran, Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Salovey, P. and Mayer, J. 1990. Emotional Intelligence, Imaginatio, Cognition and Personality. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Saondi, Ondi dan Aris Suherman. 2010. Etika Profesi Keguruan. Bandung: PT Refika Aditama.

Saputri, E. E., & Rizana, D. (2020). Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi Kerja dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai UPTD Pasar Wonokriyo Gombong. Jurnal Media Komunikasi Dan Bisnis

Satriyono, Gandung dan Pamadya Vitasmoro. 2018. “Pengaruh Kecerdasan Emosioanl Terhadap Kinerja Guru di SMP Negeri 4 Kediri”. Jurnal Ekonomi. Volume 3 Nomor 1

Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta

. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Supardi. 2014. Kinerja Guru. Jakarta: Rajawali Pers

Sutrisno, Edy. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana

UU No. 14 Tahun 2004 Tentang Guru Dan Dosen

Widodo. 2011. “Pengaruh Budaya Organisasi dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru Lingkungan TKK BPK Penabur Tasikmalaya”. jurnal Pendidikan Penabur. No 16

Wiyana, dkk. 2016. “Pengaruh Kepemimpinan, Lingkungan Kerja, Kompetensi, Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru SMP PGRI 6 Kedawung Sragen”. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia. Vol. 10 No. 1 Juni 2016: 95 – 105

Published

2023-03-28

How to Cite

Ardiansah, D., & Rizana, D. (2023). PENGARUH KEPEMIMPINAN, KECERDASAN EMOSIONAL DAN IKLIM KERJA TERHADAP KINERJA GURU PNS DI SMP NEGERI 1 KEBUMEN. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 3(1), 1–20. https://doi.org/10.32477/jrabi.v3i1.558