PENGARUH HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PERUMAHAN PT PURILAND DEVELOPMENT NASIONAL PURWOREJO TAHUN 2022
DOI:
https://doi.org/10.32477/jrabi.v3i1.560Keywords:
Harga, Promosi, PembelianAbstract
Pembelian terhadap suatu produk tidak sesederhana yang konsumen pikirkan, diperlukan informasi yang cukup untuk membuat sebuah keputusan. Adanya informasi melalui brosur, informasi melalui media masa lainnya bahkan informasi dari orang lain sangat penting untuk memutuskan pembelian, terutama terkait harga dan apa yang diperoleh setelah melakukan pembelian. Tujuan daripada penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh harga dan promosi terhadap keputusan membeli produk berupa perumahan di PT. Puriland Development Nasional Purworejo. Sampel dalam penelitian ini adalah 65 pelanggan PT Puriland Development Nasional di Kab. Purworejo yang dijadikan responden penelitian dan berfungsi mewakili populasinya. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan teknik Purposive Sampling, teknik pengambilan sampel didasarkan atas tujuan tertentu. Hasil penelitian ini adalah : Secara parsial variabel harga (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan membeli yang dibuktikan oleh nilai sig. 0,000 dan T-hitung = 3,314 lebih dari T-tabel = 1,995. Secara parsial variabel promosi (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan yang dibuktikan oleh nilai sig. 0,000 dan T-hitung = 5414 lebih dari T-tabel = 1,995. Secara bersama-sama faktor-faktor harga (X1), dan promosi (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan yang dibuktikan oleh nilai sig. 0,000 dan F-hitung = 85,326 lebih dari F-tabel = 3,145. Variabel promosi merupakan variabel yang dominan berpengaruh terhadap keputusan yang dibuktikan oleh nilai sig. 0,000 dan T-hitung = 5,450 lebih dari T-tabel = 1,265.
References
Alexandr Sindoro 2004, Dasasr-dasar Pemasaran, Jakarta, Erlangga
Azwar, Saifudin, 2009, Metode Penelitian, Pustaka Pelajar, Yogyakarta
Arikunto. 2006, Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi VI, PT Rineka cipta,Jakarta
Gitosudarmo, Indriyo, 2008, Manajemen Pemasaran, edisi kedua, cetakan keenam, Penerbit : BPFE – Yogyakarta
Ginting, Nembah F. Hartimbul. 2012. Manajemen Pemasaran. Cetakan 2. Bandung.
Yrama Widya
Kotler Philip, dan Kevin Lane Keller, 2008, Manajemen Pemasaran, terjemahan
Kotler, Philip. (2005). Manajemen Pemasaran. Edisi kesebelas. Jilid 1. Jakarta: Indeks
Lamb, Hair, Mc Daniel, terjemahan Yohanes Lamarto, 2001, Pemasaran, Edisi Kelima, Buku Kesatu, Jakarta, Salemba Empat.
Pramono, dkk. 2012. Pertimbangan Dalam Membeli Produk Barang Maupun Jasa. Intidayu Press. Jakarta
Rangkuti Freddy, 2009, Strategi Promosi Yang Kreatif, edisi pertama, cetakan pertama, Penerbit : Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
Rangkuti Freddy, 2003, Measuring Customer Statisfaction, cetakan kedua, Jakarta, PT gramedia Pustaka Utama
Swastha, Basu D.H dan Irawan. (2000). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta : Liberty.
Sugiyono, 2005. Metode Penelitian Bisnis, Bandung : Alfabeta.
Tjiptono, Fandy, (2001), Strategi Pemasaran, Yogyakarta :Andi, Edisi Ketiga, Cetakan Kesatu.
Triton.P.B, 2008. Marketing Strategic: Meningkatkan Pangsa Pasar & Daya Saing. Yogyakarta : Tugu Publisher