PENGARUH KEMASAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN WARDAH

STUDI KASUS PADA KONSUMEN WARDAH MUTIARA COSMETICS YOGYAKARTA

Authors

  • Qurrata Ayunina Ciptantri Hadipranata STIE Widya Wiwaha Yogyakarta
  • Renanda Pradina Sumardi STIE Widya Wiwaha Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.32477/jrabi.v2i3.564

Keywords:

packaging, product quality, purchasing decisions

Abstract

This study aims to determine the effect of packaging and product quality on purchasing decisions of Wardah consumers at Mutiara Cosmetics Yogyakarta. The population in this study is Wardah consumers who have made purchases at Mutiara Cosmetics Yogyakarta, totaling 100 people. The sample used in the study were all respondents totaling 100 people. The instrument of this research is a questionnaire that has been tested for validity and reliability. The data analysis technique used multiple regression.

The results showed that: (1) packaging had a positive effect on the purchasing decisions of Wardah consumers at Mutiara Cosmetics Yogyakarta, namely the t value = 4.370; significance value 0.000<0.05; and regression coefficient = 0.406. (2) product quality has a positive effect on the purchasing decisions of Wardah consumers at Mutiara Cosmetics Yogyakarta, namely the value of t count = 3,841; significance value 0.000<0.05; and regression coefficient = 0.375. (3) packaging and product quality have a joint effect on the purchasing decisions of Wardah consumers at Mutiara Cosmetics Yogyakarta, namely the calculated F value = 47,673 with a significance of 0.000 <0.05.

References

Andikarini, D. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Dan Harga Pada Keputusan Pembelian Untuk Lipstik Wardah Berdasarkan Karakteristik Demografis Di Yogyakarta. Manajemen.

Aprilliyan, W. (2020). Pengaruh Desain Kemasan Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Almond Crispy Oro D'Jero. Manajemen dan Start-up Bisnis.

Budianto, Y. P., & Budiatmo, A. (2019). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Brand Image Sebagai Variabel Mediasi (Studi pada Konsumen Susu Frisian Flag Kemasan Siap Minum Purefarm di Kota Madiun). Journal Of Social And Politic, 1-10.

Daga, R. (2017). Citra, Kualitas Produk, Dan Kepuasan Pelanggan. Sulawesi Selatan: Global Research And Consulting Institute.

Dayanti, R. M., Soeparto, A. W., & Sunu, D. (2021). Pengaruh Kemasan Dan Lokasi Usaha Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Bisnis Rintisan Sesari Base. Manajemen dan Start-Up Bisnis.

Ernawati, D. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hi Jack Sandals Bandung. Wawasan Manajemen.

Ezhar, & Kohardinata. (2018). Dampak Packaging dan Product Quality terhadap Kepuasan Konsumen Pada Produk Sambal Dapoer Kuno.

Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Produk Dan Merek (Planning & Strategy). CV.Penerbit Qiara Media.

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 20. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Indrasari, M. (2019). Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.

Kaihatu, T. S. (2014). Manajemen Pengemasan. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Kapoor, S., & Kumar, N. (2019). Does packaging influence purchase decision of food products? A study of young customers of India. Academy of Marketing Studies Journal.

Klimchuk, M. R. (2006). Desain Kemasan Perencanaan Merek Produk yang Berhasil Mulai dari Konsep sampai Penjualan. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. (1999). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Prenhallindo.

Kotler, P. G. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Louw, A. &. (2007). The Power of Packaging, The Customer Equity Company.

Maryama, M. K., &, & Rachmi, A. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kemasan Terhadap Keputusan Pembelian Coklat Di Coklatku Malang. Jurnal Aplikasi Bisnis.

Morissan. (2010). Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Putra, G. P., Arifin, Z., & Sunarti. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Konsumen. Administrasi Bisnis.

Rundh, B. (2005). The multi-faceted dimension of packaging. British Food Journal, 670-684.

Sabana, Y. R. (2016). Pengaruh Kemasan, Merek, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Rinso (Studi kasus pada warga di Desa Sukorejo Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri Tahun 2015). Ekonomi-Manajemen.

Sarjono, H. d. (2011). SPSS vs LISREL: Sebuah Pengantar, Aplikasi untuk Riset. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. (2005). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sunyoto, D. (2013). Teori Kuesioner dan Analisis Data. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tjiptono, F. (2008). Pemasaran Strategik. Yogyakarta: ANDI. Tjiptono, F. (2012). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: ANDI.

Umar, H. (2001). Metode Penelitian Dan Aplikasi dalam Pemasaran. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Umum.

Wahyu Lestari, Y. A. (2020). Pengaruh Kemasan Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Susu Olahan Agro Niaga Jabung. Aplikasi Bisnis.

Widyasari, I., & Mohammad, M. (2018). Pengaruh Kemasan Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Lay's (Studi kasus pada mahasiswa program studi D-IV Manajemen Pemasaran Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negri Malang). Aplikasi Bisnis.

Published

2022-10-11

How to Cite

Hadipranata, Q. A. C., & Sumardi, R. P. (2022). PENGARUH KEMASAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN WARDAH: STUDI KASUS PADA KONSUMEN WARDAH MUTIARA COSMETICS YOGYAKARTA. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 2(3), 816 –. https://doi.org/10.32477/jrabi.v2i3.564