EVALUASI IMPLEMENTASI STRATEGI PEMASARAN CAFÉ KOPI LUWAK MATARAM KOTA YOGYAKARTA

Authors

  • Uswatun Chasanah STIE Widya Wiwaha Yogyakarta
  • Feza Grenia STIE Widya Wiwaha Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.32477/jrabi.v2i3.568

Keywords:

Evaluasi Implementas, Strategi Pemasaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan di Café Kopi Luwak Mataram. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Adapun sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder yang kemudian data akan dianalisis mulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data hingga penarikan kesimpulan.

Berdasarkan analisis data yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa Café Kopi Luwak Mataram sudah mengetahui dan menerapkan strategi pemasaran dalam usahanya meskipun belum optimal serta marketing mix yang dilakukan terdiri dari 4P (price,product,place,promotion) serta kualitas pelayanan. Untuk produk yang dijual cukup bervariasi, untuk harga yang diterapkan Café Kopi Luwak Mataram sudah cukup bersaing, sedangkan untuk tempat kurang strategis, dan untuk promosi yang diterapkan Café Kopi Luwak Mataram kurang gencar, tetapi dari segi kualitas pelayanan Café Kopi Luwak Mataram sangat baik, sehingga membuat konsumen betah dan nyaman untuk berada di Café Kopi Luwak Mataram. Untuk solusi yang diterapkan Café Kopi Luwak Mataram harus meningkatkan kembali promosi penjualan agar lebih baik untuk kedepannya.

References

Aisyah, Siti. (2019). Implementasi Strategi Marketing Mix Pada Toko RB Grosirmart (Cabang Penggaron Semarang). Semarang. Universitas Semarang.

Asyafii, Ahmad Alwi. (2018). Strategi Pemasaran Perusahaan Nola Katering. Yogyakarta. STIE Widya Wiwaha.

Ayu, Widia Resti. (2020). Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Toko Bag Corner Ponorogo. Ponorogo. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.

Guntoro, A. (2010). Proses Memproduksi Kopi Luwak Probiotik. Jurnal Teknologi dan Industri Pertanian Indonesia [online], 66 (4), 322-4-325

Katsih, Nawang. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Pamella Delapan Yogyakarta. STIE Widya Wiwaha.

Khalilurrahman. (2016). Strategi Pemasaran Pada Perusahaan Bento Café. Yogyakarta. STIE Widya Wiwaha.

Khalimah. (2021). Evaluasi Kinerja Pelaksanaan Program Lansia Di Wilayah Kerja Puskesmas Alian Kabupaten Kebumen. STIE Widya Wiwaha.

Nurgiyantoro, Singgih. (2014). Pengaruh Strategi Promosi Melalui Social Media Terhadap Keputusan Pembelian Garskin Yang Dimediasi Word Of Mouth Marketing. Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Rahmawati, Novia. (2021). Evaluasi Sistem Pengendalian Internal Persediaan Pada UMKM Camilan Media Di Bantul Yogyakarta. STIE Widya Wiwaha.

Sari, Yulia. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Kopi Aceh (Studi Kasus Merek Dhapu Kupi). Banda Aceh. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

Shinta, Agustina. (2011). MANAJEMEN PEMASARAN. Universitas Brawijaya Press. Malang.

Susanti, Susi. (2019). Strategi Pemasaran Di Tjokro Style Hotel Yogyakarta. Yogyakarta. STIE Widya Wiwaha.

Wahyuni, Uni Tri. (2021). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Di Café Aii Looff Yuu. Yogyakarta. STIE Widya Wiwaha

Wibowo, Dimas Handika, Dkk. (2015). “Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM (Studi pada Batik Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis. Vol.29, No.1, Desember 2015; 59-66.

Yusnaeni. (2019). Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penghasilan Rumah Makan Panjalu Ratulangi Kota Palopo. Palopo. Institut Agama Islam Negeri Palopo.

Published

2022-10-11

How to Cite

Chasanah, U., & Grenia, F. (2022). EVALUASI IMPLEMENTASI STRATEGI PEMASARAN CAFÉ KOPI LUWAK MATARAM KOTA YOGYAKARTA. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 2(3), 873 –. https://doi.org/10.32477/jrabi.v2i3.568