STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PRODUK PERUSAHAAN BATIK

Studi Kasus Perusahaan Batik Nilo

Authors

  • Suhartono Suhartono STIE Widya Wiwaha Yogyakarta
  • Fajar Prasetiyo STIE Widya Wiwaha Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.32477/jrabi.v2i3.573

Keywords:

Strategy, Strenght, Weakness, Opportunities, Threats

Abstract

Batik Nilo is a company engaged in the batik industry. The purpose of this research is to formulate the right strategy to be applied to the company. Data collection techniques used are observation, documentation, and interviews. Data analysis technique using IE matrix and SWOT matrix. The strategy obtained to determine the strategy to improve product quality, the results in Quadrant 1 are to support the aggressive Growth Oriented Strategy with the following strength and opportunity points: continue to increase the variety of motifs, maintain and improve the quality of natural coloring, and use quality raw materials.

References

Ahyari, Agus (2000), Manajemen Produksi Perencanaan Sistem Produksi. Yogyakarta: BPFE.

Akdon (2006), Strategic Management for Educational Management. Bandung: Alfabeta.

Allison, Michael (2005), Perencanaan Strategis Bagi Organisasi Nirlaba. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Anoraga, Pandji (1997), Manajemen Bisnis. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Antasari, Virliana Bella (2021), “Strategi Bersaing Bong O Bong Resto Cabang Menteri Supeno Yogyakarta,” Skripsi (tidak dipublikasikan), Yogyakarta: STIE Widya Wiwaha

Arfina, Eka Yani, (2005), Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Tiga Dua.

Arfianti, Alyah. 2017. “Analisis SWOT Dalam Meningkatan Daya Saing pada PT. Trimega Syariah Kantor Cabang Makasar,” Skripsi (tidak dipublikasikan), Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.

Arikunto, Suharsimi (1985), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Assaury, Sofjan (2002), Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep dan Strategi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Ayu, Windah Resti (2020), “Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan pada Toko Big Corner Ponorogo,” Skripsi (tidak dipublikasikan), Ponorogo: Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.

Azwar, Saifudin (1998), Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bryson, M. Jhon (1999), Perencanaan Strategis Bagi Organisasi Sosial, Terj. Miftahudin. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fatkhul, Nuriyah, (2019), “Strategi Peningkatan Produk Batik pada Home Industri Batik HZ Sukoraja Tengah Kabupaten Banyumas,” Skripsi (tidak dipublikasikan), Purwokerto: Institut Agama Islam Negeri Purwokerto.

Pandu, Galih (2016), “Analisis Penigkatan Kualitas Produk Menggunakan Pendekatan Six Sigma di PT. Doulton Indonesi,” Skripsi (tidak dipublikasikan), Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Tri, Erma (2019), “Persepsi Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produksi di Perusahaan Ahmad Family Trenggalek,” Skripsi (tidak dipublikasikan), Ponorogo: Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.

Wardoyo, Paulus (2011), Alat Analisa Manajemen. Semarang: Semarang University Press.

Wulandari, Putri (2020), “Analisis Pengembangan Produk dalam Meningkatkan Daya Saing pada Usaha Jakoz Oleh-Oleh Khas Jambi,” Skripsi (dipublikasikan), Jambi: Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin.

Published

2022-10-11

How to Cite

Suhartono, S., & Prasetiyo, F. (2022). STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PRODUK PERUSAHAAN BATIK: Studi Kasus Perusahaan Batik Nilo. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 2(3), 914 –. https://doi.org/10.32477/jrabi.v2i3.573