UPAYA PENINGKATAN KINERJA KARYAWAN PADA VENDOR SABLON CROWNIC APPAREL YOGYAKARTA

Authors

  • Muhammad Subkhan STIE Widya Wiwaha Yogyakarta
  • Farda Adlhan Nur STIE Widya Wiwaha Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.32477/jrabi.v2i3.575

Keywords:

kinerja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya peningkatan kinerja karyawan ditujukan kepada Owner Vendor Sablon Crownic Apparel, menyusun strategi peningkatan kinerja karyawan, dan mendeskripsikan faktor internal dan eksternal yang mendorong kinerja karyawan vendor sablon crownic apparel. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan analisis tentang analisis upaya peningkatan kinerja karyawan pada Crownic Apparel. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, pengamatan (observasi), dan studi dokumen. Adapun langkah-langkah dalam teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan atau verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perusahaan Crownic Apparel telah melakukan upaya peningkatan kinerja karyawan. Dengan pemberian pelatihan-pelatihan secara eksternal serta dengan mentoring yang selalu dilakukan oleh manajer di setiap inovasi maupun teknik-teknik baru dalam pekerjaan. Karyawan yang berprestasi akan diberikan sebuah penghargaan oleh perusahaan.

References

Arifin, M. Z., Alhabsji, T., & Utami, H. N. (2016). Pengaruh Beban Kerja dan Kompensasi Terhadap Komitmen Organisasional dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Karyawan (Studi Pada Karyawan Tingkat Pelaksana Perum Jasa Tirta I Wilayah Sungai Brantas dan Bengawan Solo). Jurnal Bisnis dan Manajemen, 3(2).

Ghoniyah, N. (2011). Peningkatan Kinerja Karyawan melalui Kepemimpinan, Lingkungan Kerja dan Komitmen. JDM (Jurnal Dinamika Manajemen), 2(2).

Hendrawan, A., Sucahyowati, H., Rayendra, A., & Indriyani, I. (2020). Berbagi Pengetahuan Dan Pembelajaran Organisasi Dalam Upaya Peningkatan Kinerja Karyawan. Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Bisnis, 5(2), 172–186.

Kriswibowo, A., Harsanto, B. T., & Kurniasih, D. (2017). Upaya Meningkatkan Kinerja Pegawai Kantor Perpustakaan Dan Arsip Daerah Kabupaten Banyumas. Dinamika Governance: Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 7(2).

Purwidianti, W., & Rahayu, T. S. M. (2015). Pengaruh faktor internal dan eksternal terhadap kinerja usaha industri kecil dan menengah di Purwokerto Utara.

Rosa, H. (2015). Pengaruh Lingkungan Kerja dan Pelatihan Terhadap Kinerja Karyawan PTPN VI Unit Ophir Sariak. Jurnal Apresiasi Ekonomi, 3(3), 186–197.

Rosendi, A. D. A., & Widyayanti, E. R. (2021). Pengaruh Faktor-Faktor Internal Dan Eksternal Terhadap Kinerja Karyawan Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi pada PT. Sanghiang Perkasa Cabang Yogyakarta).

Sahangggamu, P. M., & Mandey, S. L. (2015). Pengaruh Pelatihan Kerja, Motivasi, Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Bank Perkreditan Rakyat Dana Raya. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 2(4).

Sasongko, N. A., Zaika, Y., & Suharyanto, A. (2018). Pengaruh Faktor Internal Dan Eksternal Terhadap Kinerja Sumber Daya Manusia Pada Pabrik Kontruksi Beton. Rekayasa Sipil, 11(3), 220–227.

Silaen, N. R., Syamsuriansyah, S., Chairunnisah, R., Sari, M. R., Mahriani, E., Tanjung, R., Triwardhani, D., Haerany, A., Masyruroh, A., & Satriawan, D. G. (2021). Kinerja Karyawan.

Tiana, M. I., Syaflan, M., & Nugroho, M. A. S. (2020). Strategi Peningkatan Kinerja Karyawan Pada Klinik Kecantikan Maezurra Beauty Care Yogyakarta Tahun 2018-2020.

Wardhana, R. D. H., Tarmedi, E., & Sumiyati, S. (2017). Upaya meningkatkan kinerja dengan cara memberikan motivasi kerja dan menumbuhkan komitmen organisasional pegawai dinas perhubungan provinsi jawa barat. Journal of Business Management Education (JBME), 1(2), 91–96.

Published

2022-10-11

How to Cite

Subkhan, M., & Nur, F. A. (2022). UPAYA PENINGKATAN KINERJA KARYAWAN PADA VENDOR SABLON CROWNIC APPAREL YOGYAKARTA. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 2(3), 942 –. https://doi.org/10.32477/jrabi.v2i3.575