PERAN MEDIASI KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KUALITAS PRODUK, KEPERCAYAAN DAN KEPUASAN KONSUMEN APLIKASI SHOPEE

Authors

  • Desinta Fiani Manajemen STIE Widya Wiwaha
  • Dwi Novitasari Manajemen STIE Widya Wiwaha

DOI:

https://doi.org/10.32477/jrabi.v2i4.609

Keywords:

Product Quality, Trust, Consumer Satisfaction, Purchasing Decisions.

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of product quality and trust on consumer satisfaction with purchashing decisions as an mediating variabel on the Shopee. The population in this study are Shopee users who live in Yogyakarta. The sample of this study are 80 respondents. Data collection techniques through questionnaires that have been tester for validity and reliability. Data analysis using Structural Equation Model (SEM). The result of this study indicate (1) product quality has a negative effect on purchasing decisions. (2) Trust has a positive effect on purchasing decisions. (3) Product quality has a positive effect on consumer satisfaction. (4) Trust has a positive effect on consumer satisfaction. (5) Purchasing decisions has a positive effect on consumer satisfaction. (6) Purchasing decisions does not mediate the effect of product quality on the consumer satisfaction. (7) Purchasing decisions mediates the effect of trust on the consumer satisfaction.

References

Ahmadi, A. S., Budiarto, W., & Indrawati, M. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Pal Indonesia (Persero) Surabaya Melalui Keputusan Pembelian. Jurnal Manajerial, 1(2), 112–124.

Assauri, S. (2013). Manajemen Pemasaran: Konsep, Dasar dan Strategi. Rajawali Expres.

Damayanti, A. (2021). Daftar Toko Online Terlaris: Tokopedia vs Shopee Siapa yang Teratas? DetikFinance. https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-5698721/daftar-toko-online-terlaris-tokopedia-vs-shopee-siapa-yang-teratas/1

Fariqoh, & Trihudiyatmanto, M. (2019). Pengaruh Kualitas Harga, Kualitas Produk, dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pembelian Online Dengan Keputusan Pembelian Online Sebagai Variabel Mediasi (Studi Kasus Pada Santri Ma’had Mamba’ul Qur’an Wonosobo). Journal of Economic, Business and Engineering, 1(1).

Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial Least Squares Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0 Untuk Penelitian Empiris. Universitas Diponegoro.

Hamid, R. S., & Anwar, S. M. (2019). Structural Equation Modeling (SEM) Berbasis Varian: Konsep Dasar dan Aplikasi dengan Program SmartPLS 3.2.8 dalam Riset Bisnis (1st ed.). PT Inkubator Penulis Indonesia.

iprice.co.id. (2020). The Map of E-commerce in Indonesia. https://iprice.co.id/insights/mapofecommerce/en/

iprice.co.id. (2021). The Map of E-commerce in Indonesia. https://iprice.co.id/insights/mapofecommerce/en/

Istiqamah, M. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Melalui Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan.

Kompas.com. (2021). Persaingan E-commerce Ketat, Shoppe Unggul dalam Jumlah Kunjungan. https://money.kompas.com/read/2021/10/08/145757126/persaingan-e-commerce-ketat-shopee-unggul-dalam-jumlah-kunjungan-pelanggan?page=all

Kotler, P. (2009). Manajemen Pemasaran (13th ed.). Erlangga.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran (12th ed.). Erlangga.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2011). Prinsip-Prinsip Pemasaran (Jilid 2). Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran (Ketigabela). Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran (12th ed.). PT Indeks.

Lupiyoadi, R. (2001). Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Empat.

Ndruru, Y. G., Rinaldo, J., & Yulista. (2021). Pengaruh Kepercayaan, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT. Transmart Kota Padang. Jurnal Matua, 3(1).

Rahmadi, H. (2016). Pengaruh Kepercayaan dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian E-Commerce Pada Tokopedia di Jakarta Pusat. Jurnal Ilmiah Untuk Mewujudkan Masyarakat Madani, 3(1).

Rangkuti, F. (2009). Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisi Kasus. Gramedia Pustaka Utama.

Reza, J. I. (2015). Shopee, Aplikasi Belanja Online C2C Meluncur di Indonesia. Liputan6.Com. https://www.liputan6.com/tekno/read/2379136/shopee-aplikasi-belanja-online-c2c-meluncur-di-indonesia

Rofiq, A. (2007). Pengaruh Dimensi Kepercayaan (Trust) Terhadap Partisipasi Pelanggan E-Commerce (Studi pada Pelanggan E-Commerce di Indonesia). Universitas Brawijaya.

Sangadji, E. M., & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen- Pendekatan raktis disertai Himunan Jurnal Penelitian. ANDI.

Sari, N. E., & Oswari, T. (2020). Pengaruh Kemudahan, Kepercayaan, Dan Keamanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Keputusan Pembelian Pada Toko Online Tokopedia. Creative Research Management Journal, 3(2), 34–46.

Schiffman, & Kanuk, L. (2010). Costumer Behaviour (Internasio). Prentice Hall.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatis, Dan R&D. ALFABETA.

Sukma, A. A. (2012). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Melalui Social Networking Websites. Jurnal Ekonomi Manajemen.

Sumarwan, U. (2011). Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Penerbit Ghalia Indonesia.

Thomson, P. S. (2013). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Konsumen pada Warung Ucok Durian Iskandar Muda Medan Terhadap Keputusan Pembelian.

Tirtayasa, S., Lubis, A. P., & Khair, H. (2021). Keputusan Pembelian: Sebagai Variabel Mediasi Hubungan Kualitas Produk dan Kepercayaan terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 5(1), 2579–9312. http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/jibm

Tjiptono, F. (2004). Manajemen Jasa. Andi.

Tjiptono, F. (2012). Strategi Pemasaran (3rd ed.). Andi.

Widyanita, F. A. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan E-commerce Shopee Terhadap Kepuasan Konsumen Shopee Indonesia Pada Mahasiswa FE UII Pengguna Shopee. Universitas Islam Indonesia.

Ahmadi, A. S., Budiarto, W., & Indrawati, M. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Pal Indonesia (Persero) Surabaya Melalui Keputusan Pembelian. Jurnal Manajerial, 1(2), 112–124.

Assauri, S. (2013). Manajemen Pemasaran: Konsep, Dasar dan Strategi. Rajawali Expres.

Damayanti, A. (2021). Daftar Toko Online Terlaris: Tokopedia vs Shopee Siapa yang Teratas? DetikFinance. https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-5698721/daftar-toko-online-terlaris-tokopedia-vs-shopee-siapa-yang-teratas/1

Fariqoh, & Trihudiyatmanto, M. (2019). Pengaruh Kualitas Harga, Kualitas Produk, dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pembelian Online Dengan Keputusan Pembelian Online Sebagai Variabel Mediasi (Studi Kasus Pada Santri Ma’had Mamba’ul Qur’an Wonosobo). Journal of Economic, Business and Engineering, 1(1).

Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial Least Squares Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0 Untuk Penelitian Empiris. Universitas Diponegoro.

Hamid, R. S., & Anwar, S. M. (2019). Structural Equation Modeling (SEM) Berbasis Varian: Konsep Dasar dan Aplikasi dengan Program SmartPLS 3.2.8 dalam Riset Bisnis (1st ed.). PT Inkubator Penulis Indonesia.

iprice.co.id. (2020). The Map of E-commerce in Indonesia. https://iprice.co.id/insights/mapofecommerce/en/

iprice.co.id. (2021). The Map of E-commerce in Indonesia. https://iprice.co.id/insights/mapofecommerce/en/

Istiqamah, M. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Melalui Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan.

Kompas.com. (2021). Persaingan E-commerce Ketat, Shoppe Unggul dalam Jumlah Kunjungan. https://money.kompas.com/read/2021/10/08/145757126/persaingan-e-commerce-ketat-shopee-unggul-dalam-jumlah-kunjungan-pelanggan?page=all

Kotler, P. (2009). Manajemen Pemasaran (13th ed.). Erlangga.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran (12th ed.). Erlangga.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2011). Prinsip-Prinsip Pemasaran (Jilid 2). Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran (Ketigabela). Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran (12th ed.). PT Indeks.

Lupiyoadi, R. (2001). Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Empat.

Ndruru, Y. G., Rinaldo, J., & Yulista. (2021). Pengaruh Kepercayaan, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT. Transmart Kota Padang. Jurnal Matua, 3(1).

Rahmadi, H. (2016). Pengaruh Kepercayaan dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian E-Commerce Pada Tokopedia di Jakarta Pusat. Jurnal Ilmiah Untuk Mewujudkan Masyarakat Madani, 3(1).

Rangkuti, F. (2009). Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisi Kasus. Gramedia Pustaka Utama.

Reza, J. I. (2015). Shopee, Aplikasi Belanja Online C2C Meluncur di Indonesia. Liputan6.Com. https://www.liputan6.com/tekno/read/2379136/shopee-aplikasi-belanja-online-c2c-meluncur-di-indonesia

Rofiq, A. (2007). Pengaruh Dimensi Kepercayaan (Trust) Terhadap Partisipasi Pelanggan E-Commerce (Studi pada Pelanggan E-Commerce di Indonesia). Universitas Brawijaya.

Sangadji, E. M., & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen- Pendekatan raktis disertai Himunan Jurnal Penelitian. ANDI.

Sari, N. E., & Oswari, T. (2020). Pengaruh Kemudahan, Kepercayaan, Dan Keamanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Keputusan Pembelian Pada Toko Online Tokopedia. Creative Research Management Journal, 3(2), 34–46.

Schiffman, & Kanuk, L. (2010). Costumer Behaviour (Internasio). Prentice Hall.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatis, Dan R&D. ALFABETA.

Sukma, A. A. (2012). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Melalui Social Networking Websites. Jurnal Ekonomi Manajemen.

Sumarwan, U. (2011). Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Penerbit Ghalia Indonesia.

Thomson, P. S. (2013). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Konsumen pada Warung Ucok Durian Iskandar Muda Medan Terhadap Keputusan Pembelian.

Tirtayasa, S., Lubis, A. P., & Khair, H. (2021). Keputusan Pembelian: Sebagai Variabel Mediasi Hubungan Kualitas Produk dan Kepercayaan terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 5(1), 2579–9312. http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/jibm

Tjiptono, F. (2004). Manajemen Jasa. Andi.

Tjiptono, F. (2012). Strategi Pemasaran (3rd ed.). Andi.

Widyanita, F. A. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan E-commerce Shopee Terhadap Kepuasan Konsumen Shopee Indonesia Pada Mahasiswa FE UII Pengguna Shopee. Universitas Islam Indonesia.

Published

2022-12-31

How to Cite

Fiani, D., & Novitasari, D. (2022). PERAN MEDIASI KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KUALITAS PRODUK, KEPERCAYAAN DAN KEPUASAN KONSUMEN APLIKASI SHOPEE. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 2(4), 1031 –. https://doi.org/10.32477/jrabi.v2i4.609