ANALISIS PENGARUH CO BRANDING DAN VIRAL MARKETING PRODUK MENU BTS MEAL TERHADAP PERILAKU COMPULSIVE BUYING
(STUDI KASUS: DI MCDONALD’S SULTHAN AGUNG YOGYAKARTA)
DOI:
https://doi.org/10.32477/jrabi.v2i4.624Keywords:
co branding, viral marketing, compulsive buying.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh co branding dan viral marketing produk menu BTS Meal terhadap perilaku compulsive buying pada McDonald’s Sultan Agung Yogyakarta. Sampel dalam penelitian ini adalah ARMY atau penggemar BTS yang membeli produk menu BTS Meal di gerai McDonald’s Sultan Agung Yogyakarta sebanyak 84 responden. Seluruh item pertanyaan dalam kuesioner ini bersifat valid dan reliabel. Persamaan regresi linier berganda yang diperoleh dalam penelitian ini adalah Y= 24,203 + 0,306 X1 - 0,357 X2. Berdasarkan uji t parsial, variabel co branding berpengaruh terhadap compulsive buying karena t hitung lebih dari t tabel, yaitu 2,230 lebih dari 1,164 dengan signifikansi 0,028, variabel viral marketing tidak berpengaruh terhadap compulsive buying karena t hitung kurang dari t tabel, yaitu -0,520 kurang dari 1,164 dengan signifikansi 0,604. Hasil uji f simultan menunjukkan bahwa variabel co branding dan viral marketing produk menu BTS Meal secara bersama-sama berpengaruh terhadap compulsive buying di McDonald’s Sultan Agung Yogyakarta sebesar 5,122 dengan signifikansi 0,008. Variabel co branding dan viral marketing produk menu BTS Meal mampu menjelaskan compulsive buying di McDonald’s Sultan Agung Yogyakarta sebesar 11,2%, sedangkan sisanya sebesar 88,8% dijelaskan atau dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian.
References
Akhadiyah,F.R., dan Suharyono. (2017). “Pengaruh Motivasi Pembelian Dan Harga Diri Terhadap Perilaku Pembelian Kompulsif Produk Fashion (Survei Pada Konsumen Fashion Malang Town Square Di Kota Malang).” Jurnal: Administrasi Bisnis, 48, 19-27.
Arikunto,S. (2000). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto,S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Baraba,G. S. (2020). “Pengaruh Materialism Self Control Dan Celebrity Worship Terhadap Pembelian Kompulsif Pada Penggemar Kpop Di Jabodetabek.” Skripsi (tidak dipublikasikan), Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Ekonomi Bunghatta. (2020). Pengertian Viral Marketing Menurut Para Ahli. Diakses 5 September 2021 dari https://ekonnomi.bunghatta.ac.id/index.php/en/article/742-pengertian - viral- marketing-menurut-para-ahli.
Fadli,R. (2019). Awas Kalap Harbolnas Kenali Compulsive Shopping Disorder. Diakses 7 September 2021 dari https://www.halodoc.com/artikel/awas-kalap- harbolnas-kenali-compulsive-shopping-disorder.
Fauzia,M. (2021). Kolabaorasi dengan BTS Lewat BTS Meal, McDonalds Untung Miliran Rupiah, Kompas. Diakses 26 September 2021 dari https://money. kompas.com/read/2021/06/09/162557326/kolaborasi-dengan-bts-lewat-bts- meal-mcdonalds-untung-miliaran-rupiah?page=all.
Ghozali,I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hasibuan,L. (2021). Dear ARMY,Ini Lho Menu BTS Meal ala McDonald’s Indonesia. Diakses 26 September 2021 dari https://www.cnbcindonesia.com/ lifestyle/20210609134616-33-251761/dear-army-ini-lho-menu-bts-meal-ala- mcdonalds-indonesia.
Helianthusonfri,J. (2016). Youtube Marketing. Jakarta: Elex Media Komputindo Issac,S., & Michael,W.B. (1995). Hand Book in Research and Evaluation: A collection of principles, methods, and strategies useful in the planning, design, and evaluation of studies in education and the behavorial sciences (3 rd ed.). San Diego: CA,US: EdITS Publishers).
Kinayungan,P. (2018). “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Usaha Cuci Motor Basudewa).” Skripsi (tidak dipublikasikan), Yogyakarta: STIE Widya Wiwaha.
Kristanto,O. D. (2016). “Pengaruh Viral Marketing Celebirty Endorser Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Distro RMBL.”Skripsi (tidak dipublikasikan), Jember: Universitas Jember.
Kurnia,N.I. (2013). “Compulsive Buying Behavior Pada Konsumen Ritel Format Fashion Store.” Kajian IImiah Mahasiswa Manajemen, 2 (2).
Listiani, R. (2017). “Pengaruh Co Branding Cornetto Dan Oreo Terhadap Brand Equity Es Krim Merek Cornetto Disc Oreo (Studi Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo Yang Mengkonsumsi Es Krim Merek Cornetto Disc Oreo).” Skripsi (tidak dipublikasikan), Purworejo: Universitas Muhammadiyah Purworejo.
Lembaga Penelitian Mahasiswa. (2018). “Instrumen Penelitian Kuantitatif”. Diakses 21 September 2021 dari https://penalaran-nm.org/instrumen-penelitian-kuantitatif/.
McDonald’s. (2021). Diakses 14 Oktober 2021 dari https://mcdonalds.co.id/about.
Pratama,R., Widjajanta,B., dan Razati,G. (2017). “Co Branding Dana Pengaruhnya Terhadap Brand Image.” Jurnal Pendidikan Manajemen Bisnis, 17 (1), 9-14.
Riadi,M. (2020). “Viral Marketing (Pengertian, Aspek, Karakteristik, Komponen dan Kelebihan)”. Diakses 21 September 2021 dari https://www.kajianpustaka. com/2020/09/viral-marketing.html.
Ristania,N., dan Justianto,J.S. (2013). “Analisa Pengaruh Harga, Promosi Dan Viral Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada Online Shop S-NEXIAN Melalui Facebook.” Journal of Business Strategy and Execution, 5,131- 161.
Septin,T. (2008). “Strategi Co Branding Untuk Meningkatkan Ekuitas Merek”. Diakses 4 september 2021 dari https://www.neliti.com/id/publications/29575/ strategi-co-branding-untuk-meningkatkan-ekuitas-merek.
Saptoyo,R.D.A. (2021). Kenapa Penggemar BTS Disebut ARMY? Diakses 29 September 2021 dari https://www.kompas.com/tren/read/2021/07/10/1503008 65/kenapa-penggemar- bts-disebut-army-?page=all.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Cetakan Ke-25. Bandung: Alfabeta.
Syafnidawaty. (2020). Data Sekunder. Diakses 14 November 2021 dari https://raharja.ac.id/2020/11/08/data sekunder/.
Wardhana,A., dan Pradana,M. (2016). “Viral Marketing Determinants of Top Online Shop Brand in Indonesia.” Jurnal Komunikasi dan Bisnis, 32, 25-30.
Wahyujatmiko,R.S. (2016). “Pengaruh Service Quality Terhadap Word Of Mouth Lembaga Bimbingan Belajar Yogyakarta.” Tesis (tidak dipublikasikan). Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.
Widoyoko,E.P. (2014). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian.Yogyakarta: PustakaPelajar.
Yolanda,D. (2017). “Pengaruh Co- Branding Terhadap Keputusan Pembelian Laptop Berlogo Intel Inside (Studi Pada Mahasiswa Fakultas IImu Sosial dan IImu Politik Universitas Sumatera Utara).” Skripsi (tidak dipublikasikan), Sumatera Utara: Universitas Sumatera Utara.
Yusuf,A.M. (2005). Metodologi Penelitian (Dasar-Dasar Penyelidikan IImiah).
Padang: UNP Press.
https://id.scribd.com/document/427719187/08410090-Bab-3 Diakses 27 September 2021.
https://www.dosenpendidikan.co.id/hipotesis-adalah/ , Diakses 21 September 2021.
https://id.scribd.com/document/441162777/BAB3 , Diakses 20 September 2021.
https://123dok.com/document/zk0lw21y-bab-metode-penelitian-penelitian-berdasarkan-angka-angka-statistik.html, Diakses 24 September 2021.
https://elibrary.unikom.ac.id/eprint/2079/9/UNIKOM_DILA%20ARISTA%20K OSASIH_BAB%203. Diakses 24 September 2021.
http://respository.unpas.ac.id/30110/6/BAB%20III20Lanjutan. Diakses 15 November 2021.
http://etheses.uin.malang.ac.id/2218/7/08410090_Bab_3. Diakses 28 Oktober 2021