PENGARUH BRAND AMBASSADOR, KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MIE INSTAN LEMONILO

Authors

  • Uswatun Chasanah STIE Widya Wiwaha Yogyakarta
  • Dewa Brata Gilang SP STIE Widya Wiwaha Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.32477/jrabi.v3i1.679

Keywords:

Brand Ambassador, Kualitas Produk, Harga, Keputusan Pembelian.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Brand Ambassador, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mie Instan Lemonilo Di Yogyakarta. Penelitian dilakukan pada bulan Mei-Juli 2021 dan menggunakan 100 responden sebagai sampel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan Brand Ambassador secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Kualitas produk secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Harga secara parsial berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap keputusan pembelian mie instan Lemonilo di Yogyakarta. Brand Ambassador, kualitas produk and harga secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian mie instan Lemonilo di Yogyakarta. Besar pengaruh brand ambassador, kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian pembelian mie instan Lemonilo di Yogyakarta sebesar 46,5%.

References

Garvin. (2007). Kualitas Produk: Alat Strategi Yang Penting. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Ghozali. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program. IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gita Devi & Setyorini (2016). Pengaruh brand ambassador terhadap brand image perusahaan online Zalora.co.id. E-Proceeding of Management: Vol.3, No 1.

Harini. (2008). Makroekonomi Pengantar. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Hartini. (2012). Pengembangan Kualitas Produk dan Kinerja Bisnis. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan. Vol.14,No.1.

https://instantnoodles.org/en/noodles/index.html

https://makassar.tribunnews.com/2019/02/17/tribunwiki-tentang-mie-instan-di-indonesia-supermi-merk-pertama

Kertamukti. (2015). Strategi Kreatif dalam Periklanan: Konsep Pesan, Media, Branding, Anggaran. jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Kotler, A. (2014). Prinsip Prinsip Pemasaran Edisi Ke 13. Jakarta: Erlangga.

Kotler, K. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.

Lea-Greenwood. (2012). Fashion Marketing Communications. E-Book. Somerset. NJ. USA: Wiley.

Machfoedz, Mahmud. (2005). Pengantar Pemasaran Modern. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

Mohammad Rizan, Kartika Lestari Handayani, A. K. (2015). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Banding Konsumen Indomie Dan Mie Sedaap).

Neli Wahyuni (2020) Pengaruh Brand ambassador dan tagline Tehadap Keputusan Pembelian Nature Republic (studi Pada Remaja Penggunaan Kosmetik nature Republic di Malang).

Riska Irmawati (2019) Pengaruh Brand ambassador Terhadap Keputusan Mendaftar Aplikasi “Ruangguru” Pada Siswa SMAN 1 Keluang Musi Banyuasin Sumatera Selatan.

Royan. (2004). Marketing Celebrities: Selebritis Dalam Iklan dan Strategi Selebritis Dalam Memasarkan Diri Sendiri. jakarta: Elex Media Komputindo.

Sofia Ilmi. Supawi Pawenang & Fithri Setya Marwati. (2020). Pengaruh Choi Siwon Sebagai Brand ambassador, Brand Image (Citra Merek) Dan Cita Rasa Terhadap Keputusan Pembelian Mie Korean Spicy Chicken

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharno. (2010). Marketing In Practice. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sumarwan. (2003). Perilaku Konsumen : Teori dan Penerapannya dalam. Pemasaran, Cetakan Pertama. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sunyoto. (2013). Metodologi Penelitian Akuntansi. Bandung: PT Refika.

Tjiptono. (2012). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Published

2023-03-28

How to Cite

Chasanah, U., & SP, D. B. G. (2023). PENGARUH BRAND AMBASSADOR, KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MIE INSTAN LEMONILO. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 3(1), 157 –. https://doi.org/10.32477/jrabi.v3i1.679