PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN

Authors

  • Lukia Zuraida Program Manajemen STIE Widya Wiwaha Yogyakarta
  • Indita Dwi Ariani Program Manajemen STIE Widya Wiwaha Yogyakarta
  • Ratih Fitri Lestari Program Manajemen STIE Widya Wiwaha Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.32477/jrabi.v3i1.681

Keywords:

Motivasi Kerja, Lingkungan Kerja, dan, Kinerja Karyawan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan Warung Sate Klathak Pak Pong. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah seluruh karyawan di Warung Sate Klathak Pak Pong sebanyak 90 responden. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuisioner. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS for Windows type 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi kerja secara parsial tidak berpengaruh signifikan tetapi positif terhadap kinerja karyawan pada Warung Sate Klathak Pak Pong. Lingkungan kerja secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada Warung Sate Klathak Pak Pong. Motivasi kerja dan lingkungan kerja secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada Warung Sate Klathak Pak Pong.

References

Adhitama, M. H. (2018). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Warung Sate Klathak Pak Pong Bantul). JURNAL FOKUS, 8(2), 207-220.

Gardjito, A. H., Musadieq, M. A., & Nurtjahjono, G. E. (2014). Pengaruh Motivasi Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada Karyawan Bagian Produksi PT. Karmand Mitra Andalan Surabaya). Jurnal Administrasi Bisnis, 13(1), 1-8.

Harsono, Sabardi, A., & Warokka, A. (1998). Bisnis Pengantar. Yogyakarta: Bagian Penerbitan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN.

Hidayat, C. N. (2015). Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Kantor PT. Keramik Diamond Industries. Jurnal AGORA, 3(2), 78-83.

Hustia, A. (2020). Pengaruh Motivasi Kerja, Lingkungan Kerja, Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Perusahaan WFO Masa Pandemi. Jurnal Ilmu Manajemen, 10(1), 81-91.

Setyadi, B., Utami, H. N., & Nurtjahjono, G. E. (2015). Pengaruh Lingkungan Kerja Fisik Dan Non Fisik Terhadap Motivasi Kerja Dan Kinerja Karyawan (Studi pada Karyawan PT. Bank BRI, Tbk. Cabang Bogor). Jurnal Administrasi Bisnis, 21(1), 1-8.

Supriyanto, H., & Mukzam, M. D. (2018). Pengaruh Motivasi Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada Karyawan LPP Radio Republik Indonesia Stasiun Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 58(1), 141-146.

Surjosuseno, D. (2015). Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Bagian Produksi UD Pabrik Ada Plastik. Jurnal AGORA, 3(2), 175-179.

Published

2023-03-28

How to Cite

Zuraida, L., Ariani, I. D., & Lestari, R. F. (2023). PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 3(1), 232 –. https://doi.org/10.32477/jrabi.v3i1.681