PENGARUH INFLUENCER DAN IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI MARKETPLACE SHOPEE
DOI:
https://doi.org/10.32477/jrabi.v3i1.682Keywords:
Influencer, Iklan, Keputusan Pembelian.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh influencer dan iklan terhadap keputusan pembelian di marketplace shopee pada mahasiswa STIE Widya Wiwaha Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa/i STIE Widya Wiwaha yang tidak diketahui jumlahnya. Jumlah sampel sebanyak 120 responden dengan pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Berdasarkan penelitian, hasil uji t diketahui influencer berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikasi 0,000 lebih kecil dari 0,05 maka secara individual influencer berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di marketplace shopee, iklan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikan 0,013 lebih kecil dari 0,05 maka secara individual iklan berpengaruh signifkan terhadap keputusan pembelian di marketplace shopee pada Mahasiswa/i STIE Widya Wiwaha. Hasil uji F diketahui nilai sig sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 maka dapat disimpulkan influencer dan iklan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di marketplace shopee. Berdasarkan uji koefisien determinasi influencer dan iklan memiliki pengaruh sebesar 0,473 atau 47,3 % terhadap keputusan pembelian di marketplace shopee.
References
Aditya, R. (2020, 07 sabtu). penjelasan influencer marketing. Retrieved from suara.com: https://amp.suara.com/bisnis/2020/08/22/214356/apa-itu- influencer-simak-penjelasan-berikut, Diakses pada tanggal 15 Oktober 2021 pukul 08.04 WIB.
Ajis, T. M., & Ekowati, S. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Iklan, Dan Social Influencer Terhadap Keputusan pembelian. manajemen modal insanida bisnis, 213-214.
Amalia, A. C., & Putri, G. S. (2019). Analisis Pengaruh Influencer Social Media Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Generasi Z di kota Surabaya. Ilmu Sosial, 52-53.
Annur, C. M. (2021, 05). pengaruh artis K-pop dan Influencer menggaet pasar E- Commerce. Retrieved from katadata.co.id: https://katadata.co.id/ariayudhistira/analisisdata/60abaa6d421e6/pengaruh- artis-k-pop-dan-influencer-menggaet-pasar-e-commerce/2021, Diaksses pada tanggal 15 September 2021 pukul 08.38 WIB.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Brown, & Hayes. (2008). Influencer Marketing: Who Really Influences your Customers. USA: Routledge.
Brown, D., & Fiorella, S. (2013). Influence Marketing. USA: Que Publishing. Brown, D., & Hayes, N. (2008). Influencer Marketing. Routledge.
Christina, R. (2019, 12 Selasa). Strategi Shopee dalam Menarik Perhatian Pelanggan. Retrieved from Yoursay.Suara.Com: https://yoursay.suara.com/news/2019/12/10/131146/strategi-Shopee- dalam-menarik-perhatian-pelanggan, Diakses pada tanggal 14 September 2021 pukul 07.29 WIB.
Durianto, D. e. (2003). Invasi Pasar dengan Iklan yang Efektif. Jakarta: Perca.
Ferdiand, A. (2006). metode penelitian manajemen: pedoman penelitian untuk skripsi. Tesis dan Disertasi. Semarang: Universitas Diponegoro.
Forbes, K. (2016). Examining the beauty industry's use of social influencer. Elo jurnal of undergraduate research in communications 7.
Ghozali, I. (2009). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS (Vols.
-125). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2011). Aplikasi Aalisis Multivariate Dengan Program SPSS.
Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Grenny, J. (2013). Ilmu Baru Dalam Memimpin Perubahan. Jakarta: Dunamis Intra Sarana.
Haider, & Shakib. (2017). A Study On The Influences of Adevertisement On Consumer Buying Behavior. Business Studies Journal, 9(1).
Haider, T., & Shakib, S. (2017). A study On The Influences or Advertisement On Cosumer Buying Behavior. Business Studies Journal, 9, 1944-656X.
Hair et al. (1998). Multivariate Data Analysis, Fifth Edition, Fifth Edition, Prentice Hall, Upper Saddle. River: New Jersy.
Handoko, H. (2011). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia.
Yogyakarta: BPFE Anggota IKAPI.
Hasibuan, L. (2019, 06). Alasan e-Commerce pilih Influencer Medsos untuk Iklan. Retrieved from cnbcindonesia.com: https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/2019/0624173015-33-80322/ini- alasan-e-comerce-pilih-influencer-medsos-untuk-iklan, Diakses pada tanggal 14 September 2021 pukul 07.47 WIB.
Jefkins, F. (1997). periklanan. jakarta: Erlangga.
Kotler, & Amstrong. (2001). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga. Kotler, P., & Armstrong, G. (2011). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta:
Erlangga.
Lee, M., & Johnson, C. (2007). Prinsip-Prinsip pokok periklanan dalam Perspektif . Jakarta: Kencana.
Lengkawati, A. S. (2021, 01). Pengaruh Influencer Marketing Terhadap Keputusan Pembelian. stieyasaanggana, 18, 34-35.
Marwick, A. E. (2014). Celebrity, Publicity, and Branding in the Social Media Age. international journal of Communication 8, 1114.
Nisa, R. R. (2020). Pengaruh Media Influencer Trustworthiness terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Make Over. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 07, 2337-698.
Peter, J., & Olson, J. c. (2000). Customer Behavior perilaku konsumen. Jakarta: Erlangga.
Pramudyatama, Y. (2021). pengertian dan jenis-jenis influencer marketing. Retrieved from whwllo.id: https://whwllo.id/tips-digital- marketing/pengertian-dan-jenis-influencer-marketing/2021, Diakses pada tanggal 19 Oktober 2021 pukul 06.18 WIB.
Pratiwi, M. I., & Patrikha, F. D. (2021). Pengaruh Gaya Hidup, Harga dan Influencer Terhadap Keputusan Pembelian Di Rumah Makan Se'i Sapiku Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 9, 2723-3901.
Putlia, G., & Thioanda, N. N. (2020, 01-06). Munculnya Digital Infuencer Merubah Perilaku Konsumen pada Promosi Produk, Pemilihan Produk, dan Keputusan Pembelian Generasi Milenial. jurnal manajemen strategi dan aplikasi bisnis, 3, 42-43.
Sekar, M. (2003, Oktober). Analisis Pengaruh Independensi, Kualitas Audit, serta mekanisme Corporate Goverment Terhadap Integritas Laporan Keuangan. Symposium Nasional Akuntansi VI.
Senft, T. M. (2013). Microelebrity and Branded Self. Companion to New Media Dynamic, 1.
Siagian, A. O., Martiwi, R., & Indra, N. (2020). Kemajuan Pemasaran Produk Dalam Memanfaatan Media Sosial. Kompetitif, 44-45.
Sugiono. (2004). Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Sugiono. (2010). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Bandung: Alfabeta.
Sugiono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Bandung: Alfabeta.
Sugiono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2005). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kuantitatif dan R& D. Bandung: Afabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Suryanto. (2019, 12 Minggu). Lebih 50% anak indonesia terpengaruh iklan digital dalam berbelanja. Retrieved from m.antarnews.com: https://m.antarnews.com/berita1198888/lebih-50-anak-indonesia- terpengaruh-iklan-digital-dalam-belanja/2019, Diakses pada tanggal 14 September 2021 pukul 08.37 WIB.
Susanto, A. (2014). Manajemen Strategik Komprehensib. Jakarta: Erlangga. Sutisna. (2002). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung:
PT.Remaja Rosdakkarya.
Wiyono, G. (2011). Merancang Penelitian Bisnis Dengan analisis SPSS 17.00 & SmartPLS 2.0. Yogyakarta: STIM YKPN.
https://accurate.id/marketing-manajemen/iklan-digital/2021, Diakses pada tanggal 19 Oktober 2021 pukul 08.47 WIB.
https://shopee.co.id/syarat-dan-ketentuan-layanan-influencer-shopee/2021, Diakses pada tanggal 14 September 2021 pukul 07.29 WIB.
https://whello.id/tips-digital-marketing/pengertian-dan-jenis-jenis-influencer- marketing/2020, Diakses pada tanggal 19 Oktober 2021 pukul 06.18 WIB.