PENGARUH JENJANG PENDIDIKAN DAN KEMAMPUAN MENYUSUN LAPORAN KEUANGAN TERHADAP KINERJA OPERASIONAL UMKM

Authors

  • Zulkifli Zulkifli Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha Yogyakarta
  • Agung Slamet Prasetyo Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha Yogyakarta
  • Ayu Putri Perwitasari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.32477/jrabi.v3i1.683

Keywords:

Jenjang Pendidikan, Kemampuan Menyusun Laporan Keuangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh jenjang pendidikan dan kemampuan menyusun laporan keuangan secara parsial maupun simultan terhadap kinerja operasional UMKM. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Data dalam penelitian menggunakan data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner yang diisi langsung oleh pemilik toko atau manager di toko alat jahit yang tersebar di wilayah Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode Convenience Sampling dengan memberikan sejumlah kuesioner kepada kepala toko dan manager toko. Kuesioner diberikan kepada pemilik toko dan manager, karena mereka memiliki pengetahuan dan kemampuan dibidang menyusun laporan keuangan dibandingkan karyawan lainnya. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 50 responden dari keseluruhan populasi. Teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik dan regresi linear berganda dengan menggunakan SPSS (Statistical Product and Service Solutions). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Jenjang Pendidikan berpengaruh terhadap kinerja operasional UMKM dengan signifikansi 0,027 kurang dari 0,05. Kemampuan Menyusun Laporan Keuangan tidak berpengaruh terhadap Kinerja Operasional UMKM dengan signifikansi 0,006 kurang dari 0,05. (3) Secara simultan latar belakang pendidikan dan kemampuan menyusun laporan keuangan berpengaruh terhadap kinerja operasional UMKM dengan nilai signifikansi 0,000 kurang dari 0,05. Berdasarkan uji koefisien determinasi (R2) sumbangan pengaruh variabel independen (X) terhadap variabel dependen (Y) sebesar 17,0% dan sisanya 83,0% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian.

References

Cahyono, Aris Tri. 2011. “Meta Teori Standar Akuntansi Keuangan Di Indonesia-Menuju Konvergensi SAK Di Masa Globalisasi.” Jurnal eksis 7(2): 1884–97.

Ghozali, Imam. 2005. “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.” Jurnal Akuntansi.

Gunawan, Heri. 2017. “Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Pendidikan.” Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati, Bandung.

Harahap, Yenni Ramadhani. 2014. “Kemampuan Menyusun Laporan Keuangan Yang Dimiliki Pelaku Ukm Dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja UKM.” Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis 14(1).

ikatan Akuntan indonesia. 2009. “Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan No. 1 Revisi 2009.” Penerbit IAI, Jakarta.

Ikatan Akuntan Indonesia, 2009. 2013. “Penerapan Standar Akuntansi Keuangan (Sak) Dalam Penyusunan Laporan Keuangan Di PT Komugi Bali.” Jurnal Jurusan Pendidikan Ekonomi Undiksha 1(1).

Jurnali, Teddy, and Riko Andriko. 2017. “Variabel Ekonomi Dan Stock Return.” Global Financial Accounting Journal 1(1): 38–53.

Jusup, Al Haryono. 2011. “Dasar-Dasar Akuntansi Jilid I. Yogyakarta.” Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN.

Nurlaela, Siti. 2015. “Kemampuan Menyusun Laporan Keuangan USAha Kecil Menengah Pengaruhnya Terhadap Kinerja UKM Kerajinan Gitar Di Kabupten Sukoharjo.” Jurnal Paradigma Universitas Islam Batik Surakarta 12(02).

Rivai, Veithzal, and Peformance Appraisal Basri. 2005. “Sistem Yang Tepat Untuk Menilai Kinerja Karyawan Dan Meningkatkan Daya Saing Perusahaan.” Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Sudiarta, I Putu Lanang Eka, I Ketut Kirya, and Wayan Cipta. 2014. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Kabupaten Bangli.” Jurnal Manajemen Indonesia 2(1).

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan:(Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D). Alfabeta.

Susanti, Diah Ayu. 2018. “Kemampuan Menyusunan Laporan Keuangan, Latar Belakang Pendidikan, Orientasi Wirausaha Dan Kredit Dampaknya Terhadap Kinerja Operasional UMKM.” JBE (Jurnal Bingkai Ekonomi) 3(1): 59–66.

Whetyningtyas, Aprilia, and Sri Mulyani. 2016. “ANALISIS PENGARUH KEMAMPUAN MENYUSUN LAPORAN ( Studi Empiris Di Klaster Bordir Dan Konveksi Desa Padurenan , Kecamatan Fakultas Ekonomi , Universitas Muria Kudus.” Jurnal Dinamika Ekonomi & Bisnis 13(2): 146–56.

Published

2023-03-28

How to Cite

Zulkifli, Z., Prasetyo, A. S., & Perwitasari, A. P. (2023). PENGARUH JENJANG PENDIDIKAN DAN KEMAMPUAN MENYUSUN LAPORAN KEUANGAN TERHADAP KINERJA OPERASIONAL UMKM. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 3(1), 214 –. https://doi.org/10.32477/jrabi.v3i1.683