PENGARUH BAURAN PROMOSI, FASILITAS DAN HARGA TERHADAP TINGKAT KUNJUNGAN WISATAWAN DI PT PRODUK REKREASI (KIDS FUN PARC)
DOI:
https://doi.org/10.32477/jrabi.v3i1.684Keywords:
Bauran Promosi, Fasilitas, Harga, dan, Kunjungan WisatawanAbstract
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan mengetahui tentang Pengaruh Bauran Promosi, Fasilitas dan Harga terhadap Tingkat Kunjungan Wisatawan di PT Produk Rekreasi (Kids Fun Parc) Yogyakarta. Populasi penelitian ini adalah seluruh pengunjung PT Produk Rekreasi (Kids Fun Parc) Yogyakarta sebanyak 1.500 pengunjung. Adapun jumlah sampel sebanyak 100 pengunjung. Tehnik pengambilan sampel yang digunakan adalah tehnik accidental sampling. Untuk variabel penelitian yang digunakan adalah variabel independen (variabel bauran promosi, fasilitas dan harga), dan variabel dependen (variabel tingkat kunjungan wisatawan), dan variabel mediasi (variabel kepuasan kerja). Jenis data penelitian yang digunakan adalah kuesioner dan diukur dengan menggunakan skala likert. Untuk alat analisisnya menggunakan uji hipotesis yaitu analisis regresi berganda, uji t signifikansi parsial (uji statistik t), uji signifikansi simultan (uji statistik f), dan menghitung besarnya koefisien determinasi (r2). Hasil dari uji hipotesis tersebut adalah 1) Ada pengaruh antara bauran promosi terhadap tingkat kunjungan wisatawan di PT Produk Rekreasi (Kids Fun Parc) Yogyakarta. 2) Ada pengaruh antara fasilitas terhadap tingkat kunjungan wisatawan di PT Produk Rekreasi (Kids Fun Parc) Yogyakarta, 3) Ada pengaruh antara harga terhadap tingkat kunjungan wisatawan di PT Produk Rekreasi (Kids Fun Parc) Yogyakarta, 4) Ada pengaruh antara bauran promosi, fasilitas dan harga bauran promosi, fasilitas dan harga terhadap tingkat kunjungan wisatawan di PT Produk Rekreasi (Kids Fun Parc) Yogyakarta. Berdasarkan hasil pengujian koefisien determinasi tersebut diperoleh nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,501 yang menunjukkan bahwa sebesar 50,1% tingkat kunjungan dipengaruhi oleh bauran pemasaran, fasilitas dan harga, sedangkan sisanya sebesar 0,499 yang menunjukkan sebesar 49,9% dipengaruhi oleh faktor lain diluar model.
References
Alana, P. R., & Putro, T. A. (2020). Pengaruh Fasilitas Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Wisatawan Pada Goa Lowo Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan …, 180–194. http://journal.stieken.ac.id/index.php/penataran/article/view/481
Areks. (2015). Pengaruh Penggunaan Bauran Promosi Terhadap Tingkat Kunjungan Wisatawan pada Objek Wisata Alam di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. Jurnal Komunikasi KAREBA, 4(4), 360–373.
Charylia. (2013). Bauran Promosi di Taman Wisata Ratu Boko. Jurnal nasional PARIWISATA, 5(3), 180–188.
Fandy, T. (2016). Service, Quality & satisfaction. Andi.
Ghozali, I. (2012). Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi (B. P. U. Diponegoro. (ed.)).
Hariadi. (2013). Pengaruh Produk, Harga, Promosi dan Distribusi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Produk Projector Microvision. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 1(1), 67–87.
Indriastuty, N. (2020). Pengaruh bauran promosi terhadap minat pengunjung Wisata budaya pesta adat Erau. Jurnal Manajemen Komunikasi, 4(2), 61. https://doi.org/10.24198/jmk.v4i2.23264
Kotler. (2018). Principles of Marketing (G. Edition (ed.); Edisi 15).
Kotler, A. (2016). Principles of Marketing Sixteenth Edition Global Edition. Pearson Education Limited.
Krisdayanto. (2018). Analisis pengaruh harga, kualitas pelayanan, fasilitas, dan lokasi terhadap kepuasan konsumen di i cafe lina putra net bandungan. Journal of Management, 4(4).
Lupiyoadi, Rambat dan Hamdani, A. (2011). Manajemen Pemasaran Jasa. (Edisi Kedu). Salemba Empat.
Prawira dan Yasa. (2014). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Produk Smartphone Samsung Di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 3(12), 253856.
Putri, L., & Saifuddin, M. (2020). Implementasi Strategi Promosi Produk dalam Proses Keputusan Pembelian Melalui Digital Marketing Saat Pandemi Covid ’ 19 Jurnal MANOVA Volume 2 Nomor 2 , ISSN : 2685-4716 IMPLEMENTASI STRATEGI PROMOSI PRODUK DALAM PROSES. Jurnal MANOVA, 2(2), 23–31.
Rachmawati, V., Dedi, S., & Simatupang, R. A. (2019). Pengaruh Bauran promosi Terhadap Niat Berkunjung (Studi Kasus: Pantai Pasir Putih Kabupaten Manokwari). Collaborative Governance, 1(1), 219–248.
Sari. (2020). Pengaruh Harga Tiket Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Berkunjung Ke Obyek Wisata Ubalan Waterpark Pacet Mojokerto. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 08(01), 723–729.
Sarim, & Wiyana, T. (2017). Pengaruh Fasilitas Wisatawan Terhadap Motivasi Kunjungan Wisatawan (Studi Kasus Kunjungan Wisatawan Kota Solo) No Title. Jurnal Hospitality dan Pariwisata, 3(2), 342–349.
Sekaran, U., dan Bougie, R. (2017). Metode Penelitian untuk Bisnis, Pendekatan Pengembangan Keahlian (Edisi 6). Salemba Empat.
Septika. (2018). Keputusan Berkunjung Wisatawan Museum Malang Tempo Doeloe [Universitas Brawijaya]. http://repository.ub.ac.id/166426/1/Sandra Dwi Septika.pdf
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian manajemen (Alfabeta (ed.)).
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta.
Sulistyan, R. B., & Ariyono, K. Y. (2007). Identifikasi Faktor-Faktor Kritis Dalam Minat Berkunjung Kembali Ke Wisata Religi. Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia, 9(1), 207–216.