PENGARUH E-SERVICE QUALITY, PERSEPSI HARGA, DAN BRAND IMAGE TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DALAM E-COMMERCE SHOPEE DI MASA PANDEMI

Authors

  • Muhammad Awal Satrio Nugroho Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha Yogyakarta
  • Selamat Riauwanto Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha Yogyakarta
  • Rizky Yuniawan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.32477/jrabi.v3i1.687

Keywords:

E-Service Quality, Persepsi Harga, Brand Image, dan, Loyalitas Konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Menganalisis pengaruh e-service qualityterhadap loyalitas konsumen pengguna layanan Shopee dimasa pandemi, (2) Menganalisis pengaruh persepsi harga terhadap loyalitas konsumen pengguna layanan Shopee dimasa pandemi, (3) Menganalisis pengaruh brand imageterhadap loyalitas konsumen pengguna layanan Shopee dimasa pandemi, (4) Menganalisis pengaruh e-service quality, persepsi harga, dan brand imagesecara bersama-sama terhadap loyalitas konsumen pengguna Shopee dimasa pandemi.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan hasil dari survei. Populasi dalam penelitian ini merupana seluruh konsumen pengguna layanan Shopee di Umbulharjo, Yogyakarta. Teknik dalam pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling degan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi berganda.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) tidak terdapat pengaruh secara signifikan e-sevice qualityterhadap loyalitas konsumen, dibuktikan dengan nilai uji t diperoleh nilai signifikansi sebesar 0.545 dan nilai t-hitung sebesar 0,607, (2) terdapat pengaruh secara signifikan persepsi harga terhadap loyalitas konsumen, dibuktikan dengan nilai uji t diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 dan nilai t-hitung sebesar 4,197, (3) terdapat pengaruh secara signifikan brand imageterhadap loyalitas konsumen, dibuktikan dengan nilai uji t diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,007 dan nilai t-hitung sebesar 2,768, (4) atribut e-service quality, persepsi harga, dan brand imagesecara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen pengguna layanan Shopee dimasa pandemi, dibuktikan dengan berdasarkan uji F menunjukan nilai variabel independent (X) memiliki nilai P-value sebesar 0,000 kurang dari 0,05.

References

Indrajit Eko, R. (2002). Electronic Commerce: Kiat dan Strategi Bisnis di Dunia Maya (p. 195). Aptikom.

Daga, Rosnaini. (2017). Citra, Kualitas Produk dan Kepuasan Pelanggan, Edisi 1. Makassar: Global Research And Consulting Institute.

Rahmawati, (2016). Manajemen Pemasaran, Cetakan 1. Samarinda: Mulawarman University Press.

Indrasari, Meithiana, (2019). Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan. Cetakan 1. Surabaya: Unitomo Press

Maghfiroh Innayati, E. & Azkal Faiz, Muhammad, (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Berbelanja Online di OLX.co.id (tidak dipublikasikan). Yogyakarta: Jurnal UIN Sunan Kalijaga.

Indah Sola, Kandida & Mardi Widyamono, Valentinus (2017). Pengaruh harga, kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan dengan studi kasus pada Sakola Factory Outlet Jogja. Yogyakarta: Perpustakaan Universitas Sanata Dharma.

Agustiani, Sekar Ayu & Yamit, Zulian (2018). Analisis E-Service Quality terhadap Perceived Value dan Loyalty Intentions pada perusahaan transportasi umum berbasis aplikasi Online Go-Jek. Yogyakarta: Jurnal Universitas Islam Indonesia.

Kotler, Philip & Kevin Lane Keller, (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono, Prof., Dr. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, Prof., Dr., 1999, Metode Penelitian Bisnis, Cetakan ke-6, Bandung, CV. Alfa Beta.

Tjiptono, Fandy. (2019). Pemasaran Jasa – Prinsip Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Tjiptono, Fandy, dan Gergorius Chandra. (2016). Service Quality & Satisfication Edisi 4. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Oliver,R,L. 1997. Customer Satisfaction: A Behavioral Prespective On The Consumer, New York McGraw-Hill

Sujarweni, Wiratna, (2015). Metode Penelitian Bisnis & EKonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Serila, Vivi & Dalyono, Teguh, (2019). Pengaruh pelayanan elektronik toko online Tokopedia terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel mediasi. Yogyakarta: Jurnal Universitas Sanata Dharma.

Zeithaml, Valarie, A., Parasuraman, A., Malhotra, Arvind. (2002). Service Quality Delivery Through Web Sites: A Critical Review of Extant Knowledge, Journal of The Academy of Marketing Science, Vol.30, No.4.

Tjiptono Fandy (2002). Prinsip-prinsip Total Quality Service, Edisi Kedua. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Chandra, Ahmad dan Dadang, Herman. (2013). E-bussiness and E-commerce.

Yogyakarta: Penerbit Andi.

Ghozali, I. (2015). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Universitas Diponegoro.

Ulfa, Nur Latifah & Supandi, Diana Epha. (2019). Penanganan Kasus Heteroskedastisitas Dengan Menggunakan Weighted Least Square. Yogyakarta: Jurnal UIN Sunan Kalijaga.

Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program SPSS. Semarang: Penerbit Universitas Diponegoro.

Published

2023-03-28

How to Cite

Nugroho, M. A. S., Riauwanto, S., & Yuniawan, R. (2023). PENGARUH E-SERVICE QUALITY, PERSEPSI HARGA, DAN BRAND IMAGE TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DALAM E-COMMERCE SHOPEE DI MASA PANDEMI. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 3(1), 314 –. https://doi.org/10.32477/jrabi.v3i1.687