ANALISIS PENERAPAN AKUNTANSI PADA KOPERASI WANITA MEKAR SARI DESA LUBUK OGONG KECAMATAN BANDAR SEIKIJANG KABUPATEN PELALAWAN

Authors

  • Raja Ade Fitrasari Mochtar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Riau
  • Andika Setiawan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Riau
  • Raja Ria Yusnita Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.32477/jrabi.v3i2.713

Keywords:

Application of Accounting, Cooperatives, SAK ETAP

Abstract

Penelitian dilakukan di Koperasi Wanita Mekar Sari yang bertujuan untuk mengetahui apakah akuntansi yang diterapkan di Koperasi Wanita Mekar Sari sudah sesuai SAK ETAP. Data penelitian yang digunakan yakni data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan metode wawancara beserta dokumentasi. Metode analisis data yang dilakukan adalah metode deskriptif, yaitu metode penelitian dengan membandingkan data yang dikumpulkan berdasarkan teori yang berkaitan dengan pemecahan masalah dengan hasil penelitian ini. Hasil penelitian ini adalah Koperasi Wanita Mekar Sari belum melakukan proses akuntansi yang sesuai dengan SAK ETAP.

References

Faraidhika, Fenni., Kadori Haidar, Ilham Abu. 2022. Analisis Penerapan Standar Akuntansi Keuangan Berdasarkan SAK ETAP Pada Koperasi Pertanian Semoga Jaya di Kabupaten Kutai Timur. Prosiding Prodi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Mulawarman.

Huvat, Yohanes Juan. 2017. Analisis Penerapan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP) Pada Koperasi CU (Credit Unio) Daya Lestari di Samarinda. Jurnal Manajemen dan Akuntansi Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda.

Ikatan Akuntan Indonesia. 2013. Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP). Jakarta. Ikatan Akuntan Indonesia.

Kieso, Donald E., Jerry J. Weygandt, dan Terry D. Warfield. 2013. Akuntansi Intermediate, Edisi 18. Jakarta: Erlangga.

Pancawati, Emmy, Nurna Aziza, dan Isma Coryanata. 2017. Analisis Penerapan Akuntansi Berdasarkan SAK ETAP dan Penilaian Kesehatan Koperasi di Kota Lubuklinggau. Jurnal Fairness Volume 7, Nomor 1 Universitas Bengkulu

Peraturan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Nomor 12 tahun 2015 Tentang Pedoman Umum Akuntansi Koperasi Sektor Rill.

Peraturan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Nomor 13/Per/M.KUM/IX/2015.

Peraturan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Nomor 14 tahun 2015 Tentang Pedoman Akuntansi Usaha Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah Oleh Koperasi.

Rozaidin, Muhammad dan Hendri Hermawan Adinugraha. 2022. Penerapan Akuntansi Pondok Pesantren (Studi Pada Koperasi Pondol Pesantren Al Hasyimi Kabupaten Pekalongan). Jurnal of Economic Studies by LPPM Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi.

Rudianto, 2011. Pengantar akuntansi. Jakarta: Erlangga.

Sari, Tina Purnama. 2021. Analisis Penerapan Akuntansi Pada Unit Simpan Pinjam Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Jasa Mulya SMPN 1 Pengean Kecamatan Pangean Kabupaten Kuantan Singingi. Jurnal Hukum, Administrasi Negara, Perbankan Syariah, Akuntansi Universitas Islam Kuantan Singingi.

Soemarso, 2014. Akuntansi Suatu Pengantar. Edisi Kelima (Revisi). Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang Republik Indonesisa Nomor 25 Tahun 1992 Tentang Perkoperasian.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2012 Tentang Koperasi.

Wakhdan. 2020. Analisis Penerapan Akuntansi Syariah di Era RI 4.0 Pada Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah Kabupaten Purworejo. Jurnal Manajemen dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Downloads

Published

2023-06-28

How to Cite

Mochtar, R. A. F., Setiawan, A., & Yusnita, R. R. (2023). ANALISIS PENERAPAN AKUNTANSI PADA KOPERASI WANITA MEKAR SARI DESA LUBUK OGONG KECAMATAN BANDAR SEIKIJANG KABUPATEN PELALAWAN. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 3(2), 386 –. https://doi.org/10.32477/jrabi.v3i2.713