PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT BELI ULANG MIE GACOAN YOGYAKARTA DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

Authors

  • Dewi Siska Andari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha
  • Muhammad Mathori Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha

DOI:

https://doi.org/10.32477/jrabi.v3i2.718

Keywords:

kualitas pelayanan, minat beli ulang

Abstract

Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dan penelitian survey. Data dalam penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner dan data sekunder yang diperoleh dari informasi pada media internet. Metode pengumpulan data dalam penelitian menggunakan metode kuesioner dengan pengukuran menggunakan Skala Likert. Populasi penelitian ini merupakan konsumen yang pernah membeli produk pada Mie Gacoan, dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik analisis yang digunakan yaitu menggunakan Partial Least Square (Smart PLS) versi 3.0. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Ada pengaruh positif dan signifikan Kualitas Pelayanan terhadap Variabel Kepuasan Konsumen. Dibuktikan dengan nilai T Statistics sebesar 12,323, maka T Statistics lebih dari 1,96 dan nilai P Values yang dihasilkan sebesar 0,000, maka P Values kurang dari 0,05. 2) Tidak ada pengaruh yang positif dan signifikan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli Ulang. Dibuktikan dengan nilai T Statistics sebesar 0,987, maka T Statistics kurang dari 1,96 dan nilai P Values sebesar 0,324, maka P Values lebih dari 0,05. 3) Ada pengaruh positif dan signifikan Kepuasan Konsumen terhadap Minat Beli Ulang. Dibuktikan dengan nilai T Statistics sebesar 3,058, maka T Statistics lebih dari 1,96 dan nilai P Values sebesar 0,002, maka P Values kurang dari 0,05. 4) Ada pengaruh positif dan signifikan Kepuasan Konsumen terhadap Minat Beli Ulang. Dibuktikan dengan nilai T Statistics sebesar 2,684, maka T Statistics lebih dari 1,96 dan nilai P Values sebesar 0,008, maka P Values kurang dari 0,05.

References

Andini, A., & Sampurna, D. S. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelaian dengan Word of Mouth Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus pada Konsumen Merek Lois Jeans di SSL). Jurnal STEI Indonesia, 1–21.

Arudam, R. (2015). Pendahuluan. http://eprints.undip.ac.id/54974/2/ARIO_GERARDIANSYAH_21020112130078_BAB_1.pdf

Aufa, Z. D. (2015). Analisis Pengaruh Ragam Menu, Persepsi Harga, Ambarawa. 4, 1–10.

Detanatasya, K. (2018). (Studi Kasus pada Konsumen Bengkel Setia Motor Ruko Cikande. UNIVERSITAS SANATA DHARMA.

Faradiba, & Astuti, S. R. (2013). KONSUMEN (Studi pada Warung Makan “Bebek Gendut” Semarang). 2, 1–10.

Fatihudin, M. A. F. ; D. (2019). PEMASARAN JASA (Strategi, Mengukur Kepuasan, dan Loyalitas Pelanggan). DEEPUBLISH (Grup Penerbitan CV BUDI UTAMA).

Febtriko, A., & Puspitasari, I. (2018). Mengukur Kreatifitas Dan Kualitas Pemograman Pada Siswa Smk Kota Pekanbaru Jurusan Teknik Komputer Jaringan Dengan Simulasi Robot. Rabit : Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Univrab, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.36341/rabit.v3i1.419

Germartin1. (2022). Mie Gacoan. Wikipedia. https://id.m.wikipedia.org/wiki/Mie_Gacoan

Hamid, R. S., & Anwar, S. M. (2017). STRUCTURAL EQUATION MODELING (SEM) BERBASIS VARIAN (A. D. Abiratno ; Nurdiyanti, Sofa ; Raksanagara (ed.)). http://digilib.umpalopo.ac.id:8080/jspui/bitstream/123456789/626/1/STRUKTUR EQUATION MODELING %28SEM%29 - Berbasis Varian.pdf

Hardani, dkk. (2022). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. In Jurnal Multidisiplin Madani (MUDIMA) (Vol. 1, Issue 1).

Haryono, S. (2016). METODE SEM Untuk Penelitian Manajemen AMOS LISREL PLS. Badan Penerbit PT. Intermedia Personalia Utama.

Indiarti, T. (2020). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT BELI ULANG DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Kasus pada Pelanggan Coklat Cafe Yogyakarta). UNIVERSITAS SANATA DHARMA.

Kamaludin, A. (2019). HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA APOTIK PUJI LESTARI MAJALENGKA. Jurnal Ilmiah Indonesia, 4(12), 47–55.

Kurniati, K. (2020). PENGARUH PENGAWASAN DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP DISIPLIN KERJA KARYAWAN BAGIAN PRODUKSI PADA PT. SARI LEMBAH SUBUR [UNIVERSITAS ISLAM RIAU PEKANBARU]. http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/1125/%0Ahttp://portaluniversitasquality.ac.id:55555/1125/4/BAB II.pdf

Kurniawan, G. (2020). PERILAKU KONSUMEN DALAM MEMBELI PRODUK BERAS ORGANIC MELALUI ECOMMERCE. Mitra Abisatya.

Lengkey, M. F., Nelwan, O. S., & Lengkong, V. P.. (2020). Analisis Work Family Conflictdan Stres Kerja Terhadap Kinerjapegawai Melalui Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Intervening Di Polda Sulut. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 8(4), 1129–1141.

Maghfiroh, V. (2021). MODERASI IT CAPABILITY TERHADAP HUBUNGAN PROSES BISNIS PERUSAHAAN DENGAN KINERJA KARYAWAN PT. ERATEX DJAJA Tbk.

Mahira, Hadi, P., & Nastiti, H. (2021). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN INDIHOME. Prosiding Konferensi Riset Nasional Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi. Volume, 2, 1267–1283. https://doi.org/10.58217/joce-ip.v15i1.226

Mathori, M. (2020). ANALISIS NIAT MEMBELI KEMBALI PADA HEALTHY RESTAURANT DENGAN PENDEKATAN TEORI STIMULUS-ORGANISM-RESPONSE (SOR).

Mulyana, A., & Andreani, F. (2019). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT BELI ULANG PELANGGAN SHAO KAO KERTAJAYA MELALUI KEPUASAN PELANGGAN. Agora, 7(2), 8. https://www.neliti.com/publications/287237/pengaruh-kualitas-produk-dan-kualitas-pelayanan-terhadap-minat-beli-ulang-pelang

Murwanti, S., & Pratiwi, A. P. (2017). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP MINAT BELI ULANG JASA SERVICE MOTOR DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Pada Bengkel Motor Ahass Cabang UMS). 2007, 207–227.

Noor, F. V. (2020). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PT HERBA PENAWAR ALWAHIDA INDONESIA (Studi Pada Alfatih Business Center II HPAI Kota Bengkulu) [INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI BENGKULU]. http://mpoc.org.my/malaysian-palm-oil-industry/

Nugraha, A. A. (2018). PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK DAN DAYA TARIK IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MIE INSTAN (STUDI PADA KONSUMEN PRODUK MIE SEDAAP DI YOGYAKARTA) [UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA]. https://eprints.uny.ac.id/55474/1/AlfianAdiNugraha_15808147011.pdf

Primadiawan, I. A. P. (2018). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN BUS PO EKA Studi Kasus pada Pelanggan Bus PO EKA di Yogyakarta. UNIVERSITAS SANATA DHARMA.

Radjab, E., & Jam’an, A. (2017). METODOLOGI PENELITIAN BISNIS. Lembaga Perpustakaan dan Penerbitan Universitas Muhammadiyah Makassar Jl. Sultan.

SAMSIDAR. (2017). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DALAM PENGGUNAAN JASA HOTEL DENPASAR MAKASSAR. UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR.

Sarwono, J. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif. GRAHA ILMU.

Sugiyono. (2013). METODE PENELITIAN KUANTITATIF KUALITATIF DAN R&D. Penerbit Alfabeta, Bandung. https://id.scribd.com/document/391327717/Buku-Metode-Penelitian-Sugiyono

Sulistiyowati, W. (2018). BUKU AJAR KUALITAS LAYANAN. In M. P. Septi Budi Sartika & M. K. M. Tanzil Multazam, S.H. (Eds.), News.Ge. UMSIDA Press.

Syahrum, & Salim. (2014). METODOLOGI PENELITIAN KUANTITATIF (M. P. Rusydi Ananda (ed.)). Citapustaka Media.

Wijaya, A. (2018). PARTIAL LEAST SQUARE (PLS): SMARTPLS 03. Slideshare. https://www.slideshare.net/andreaswijaya9/partial-least-square-menggunakan-smartpls-03

Downloads

Published

2023-06-28

How to Cite

Andari, D. S., & Mathori, M. (2023). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT BELI ULANG MIE GACOAN YOGYAKARTA DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 3(2), 468 –. https://doi.org/10.32477/jrabi.v3i2.718