UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI PEGAWAI PADA DINAS PEKERJAAN UMUM DAN PENATAAN RUANG KABUPATEN PACITAN

Authors

  • Muhammad Awal Satrio Nugroho Program Magister Manajemen, STIE Widya Wiwaha
  • Budiarto Budiarto Program Magister Manajemen, STIE Widya Wiwaha
  • Zaenab Alboneh Program Magister Manajemen, STIE Widya Wiwaha

DOI:

https://doi.org/10.32477/jrabi.v3i2.721

Keywords:

Kompetensi, Pegawai, Upaya

Abstract

Penelitian mendeskripsikan faktor yang menyebabkan kompetensi pegawai pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Pacitan belum memadai dan upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kompetensi tersebut. Permasalahan yang dimiliki ialah masih minimnya pegawai yang memiliki keterampilan bersertifikasi dan mayoritas pegawai dengan tingkat pendidikan masih SMA. Pendekatan penelitian yang digunakan metode kualitatif, dengan sumber data adalah data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan penyebab kompetensi pegawai pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Pacitan belum memadai yaitu latar belakang pendidikan beberapa pegawai tidak sesuai dengan jabatannya, rendahnya motivasi pegawai untuk meningkatkan kompetensi, terbatasnya penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan teknis, serta kebijakan pengangkatan pegawai kontrak yang tidak sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan. Sedangkan upaya yang dilakukan untuk mangatasi permasalahan tersebut dengan melakukan upaya yaitu peningkatan kapasitas dan kapabilitas pegawai, penerapan sistem reward dan punishment, serta implementasi diseminasi.

References

Bungin. 2011. Sosiologi Komunikasi. Jakarta: Kencana.

Creswell, John W. 2014. Research Design Qualitative, Quantitative, and Mix Methods Approaches. Edisi 4. London: Sage Publications.

Fauzi, Akhmad.2019. “Pengaruh Kompetensi terhadap Kinerja Pegawai pada Biro Pemerintahan dan Kerjasama Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat”. Politicon : Jurnal Ilmu Politik Vol. 1 No. 1; hal 88-103.

L Donaldson, EE Scannel - 1993 - Edisi terjemahan oleh Suyuti, Ya'kub

McClelland, 1997. Limnology and …, 1997 - Wiley Online Library

Michael Zwell, dalam Wibowo, 2007. T Simangunsong, S Indarti, Z Zulfadil - Jurnal Ekonomi - je.ejournal.unri.ac.id

Olisah, Hernawan dan Purnamasari. 2019. “Analisis Kompetensi Sumber Daya Manusia pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Bogor.” Jurnal Governansi, Vol. 5, No : 2, Oktober 2019 : hal 149-156.

Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 7 Tahun 2013 tentang Pedoman Perumusan Standar Kompetensi Manajerial Pegawai Negeri Sipil.

Puspitasari, Murwaningsih, Sutaryadi. 2018. “Analisis Kompetensi Sumber Daya Manusia Bagian Sekretariat di Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Surakarta.” Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran, Vol. 2, No. 4, Agustus 2018 : hal 65-79.

Rivai, 2009. Manajemen sumber daya manusia untuk perusahaan Rajawali Pers

Sani T, JJ Rares, Ogotan M. 2018. “Pengembangan Kompetensi Aparatur Sipil Negara di Dinas Pendidikan Kabupaten Intan Jaya Propinsi Papua”. Jurnal Administrasi Publik. Diunduh di ejournal.unsrat.ac.id

SE Jackson, RS Schuler, 1997. Academy of Managemen. Diunduh di journals.aom.org

Simanjuntak, 1985. Pengantar Ekonomi Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Smith, 2000. econstor.eu

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabet.

Utami, Rara Farida. 2018. “Analisis Kompetensi Sumber Daya Manusia pada Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Pangandaran.” Bandung : Universitas Islam Negeri Gunung Djati.

Downloads

Published

2023-06-28

How to Cite

Nugroho, M. A. S., Budiarto, B., & Alboneh, Z. (2023). UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI PEGAWAI PADA DINAS PEKERJAAN UMUM DAN PENATAAN RUANG KABUPATEN PACITAN. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 3(2), 523 –. https://doi.org/10.32477/jrabi.v3i2.721