PENGARUH REMUNERASI, KEPUASAN DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PAJAK PADA KANWIL DJP D.I. YOGYAKARTA DI MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Akhmad Jazuli Program Studi Magister Manajemen, STIE Widya Wiwaha
  • Sofiati Sofiati Program Studi Magister Manajemen, STIE Widya Wiwaha
  • Donny Prasetyo Program Studi Magister Manajemen, STIE Widya Wiwaha

DOI:

https://doi.org/10.32477/jrabi.v3i2.728

Keywords:

remunerasi, kepuasan kerja, motivasi kerja, kinerja

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh remunerasi, menganalisis pengaruh kepuasan kerja, menganalisis pengaruh motivasi kerja dan secara bersama-sama menganalisis pengaruh remunerasi, kepuasan kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja pegawai Kantor Wilayah DJP D.I. Yogyakarta. Serta menganalisis variabel mana yang dominan mempengaruhi kinerja pegawai pada Kantor Wilayah DJP D.I. Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai pada Kantor Wilayah DJP D.I. Yogyakarta tahun 2021 yang berjumlah 140 pegawai. Adapun sampel yang digunakan sejumlah 100 pegawai. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial remunerasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai pada pada Kantor Wilayah DJP D.I. Yogyakarta, kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai pada Kantor Wilayah DJP D.I. Yogyakarta, motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai pada Kantor Wilayah DJP D.I. Yogyakarta. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara bersama-sama variabel remunerasi, kepuasan kerja dan motivasi kerja berpengaruh terhadap kinerja pegawai pada Kantor Wilayah DJP D.I. Yogyakarta. Variabel yang paling dominan terhadap kinerja adalah remunerasi.

References

Ardana, I Komang, Mujiati, Ni Wayan & Utama, I Wayan Mudhiartha, (2012). Sumber Daya Manusia, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Bastian, Indra. (2010). Akuntansi Sektor Publik: Suatu Pengantar. Jakarta: Erlangga.

Bloom, M., & Milkovich, G. 1998. Relationship Among Risk, Incentive Pay, and

Organizational Performance. Academy of Management Journal, 41: 283-297.

Byars & Rue. (2007). Human Resorces and Personal Management, Ricard D Irwin, Inc, Homeword, Illionis, United State of Amerika.

Dessler, Gary, 1992, Manajemen SDM, Edisi Bahasa Indonesia, Jakarta: Prenhallindo

Dharma, Agus. (2004). Manajemen Supervisi, Cetakan Kelima, Edisi Revisi, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Djati, S. P. Dan M. Khusaini. (2003). Kajian Terhadap Kepuasan Kompensasi, Komitmen Organisasi dan Prestasi Kerja. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. Universitas Kristen Petra Surabaya, No.5(1): 25-41

Dwiyanto, A. (2011). Mengembalikan Kepercayaan Publik Melalui Reformasi Birokrasi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Fitria, Risni. Idris, Adam. Dan Kusuma, Aji Ratna. (2014). Pengaruh Remunerasi, Motivasi dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Pegawai di Kantor Pengadilan Tinggi Agama Samarinda. E-journal Administrative Reform. 2014. 2(3):1691-1705.

Gibson, James. L. et all. 1995. Organisasi, Perilaku, Struktur, Proses. Edisi ke-5. Jakarta: Erlangga

Ghozali, Imam. (2003). Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: BP UNDIP.

Gomes, Faustino Cardoso. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi ke-4. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset.

Handoko, Hani T. (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Gunung Agung.

Hariandja, Marihot Tua Efendi, (2007). Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Grasindo.

Hasibuan, Malayu S.P. (2007). Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan Kesepuluh. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hijja Mardhiya Nasution (2016), Pengaruh Remunerasi, Motivasi dan kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Hikmah Endraswati, Djoko Suhardjanto M and Krismiaji, 2013 Board of Directors and Remuneration in Indonesian Banking GSTF Journal on Business Review (GBR) Vol.3 No.3, June 2013

Ivancevich, J.M. Konopaske, Dahl, Robert dan Matteson, Michael T. (2007). Perilaku dan Manajemen Organisasi. Jakarta: Erlangga.

Kinicki, Angelo & Robert Kreitner. (2003). Perilaku Organisasi. Edisi Pertama. Diterjemahkan oleh Erly Suandy. Jakarta: Salemba Empat.

Lin Grensing Pophal, (2008). Human Resources Book: Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Bisnis. Jakarta: Pranada Media.

Luthans, Fred. (2006). Perilaku Organisasi, Edisi 10. Yogyakarta: ANDI.

Mahmudi, (2007). Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: UPP STIM YPKN.

Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Karya.

Mangkuprawira. S. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik. Cetakan Keempat, Jakarta: Galia Indonesia

Martini, Rina. (2011). Remunerasi dan Rasa Keadilan Masyarakat. E-Journal Undip Vol.38(2) 61-66

Mathew, Andrew. (2008). Are One Way Models of Effective Governmen Suitable for Developing Countries. Journsl of John F Kennedy School of Government – Harvard University, USA.

McNeese–Smith, Donna, 2006, Increasing Employee Productivity, Job Satisfaction, and Organizational Commitment Hospital & Health Services Administration, Vol. 41: 2, p. 160-175

Moeherino, (2012). Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Cetakan Pertama. Jakarta: Gahlia Indonesia.

Mondy, R. Wayne. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Kesepuluh. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Mulyadi, (2007). Balaced Scorecard: Alat Manajemen Kontemporer untuk Pelipatgadaan Kineija Keuangan Perusahaan: Jakarta: Salemba Empat.

Nunik Wahyuni (2015), Pengaruh Motivasi Kerja, Remunerasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Kantor Pengawasan Dan Pelayanan Bea Dan Cukai Tipe Madya Pabean A Pasuruan, MAP (Jurnal Manajemen dan Administrasi Publik) Vol. 3 No. 2. ISSN 2612-2142

Nurlaila, 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia I. Ternate: Penerbit LepKhair

Palagia, Misail, (2009) Remunerasi, Motivasi, dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Pegawai pada Kantor Pajak, Jurnal Manajemen Universitas Hasanuddin, Makasar.

Perpres Nomor 37 Tahun 2015 tentang Tunjangan Kinerja di lingkungan Direktorat Jenderal Pajak.

Prawirosentono, Suyadi. Kebijakan Kinerja Karyawan. Yogyakarta: BPFE, 1999

Prawirosentono, Suryadi. 2008. Kebijakan Kinerja Karyawan. Yogyakarta, BPFE.

Putri Nugrahanti, Bambang Swasto Sunuharyo, Hamidah Nayati Utami. 2016. Pengaruh Kompensasi Finansial Dan Non Finansial Terhadap Kepuasan Kerja Dan Prestasi Kerja Karyawan (Studi Pada Karyawan PT Telkom Indonesia Witel Jatim Selatan Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 40 No.1

Priyatno, Dwi. (2008). Mandiri Belajar SPSS. Yogyakarta: MediaKom

Rangkuti, Freddy. (2003). Manajemen Persediaan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Ranupandojo, Hidjrachman dan Husnan, Suad. (2010). Manajemen Personalia. Edisi Tujuh: Yogyakarta: Pustaka Binawan Presindo FE-UGM.

Rivai, Veitzhal. (2007). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Kesebelas, Jakarta: PT Erlangga.

Robbins, Stephen P. 1996. Perilaku Organisasi Edisi ke 7 (Jilid II). Jakarta: Prehallindo

Robbin, Stephen P. (2007). Prinsip-prinsip Perilaku Organisasi. Edisi Kelima, Jakarta: Erlangga.

Sancoko, B. (2010). Pengaruh Remunerasi terhadap Kualitas Pelayanan Publik. Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi. Universitas Indonesia. No, 17(1):43-51

Siregar, Syofyan. (2012). Statistika Deskriptif untuk Penelitian. Jakarta: PT Raj Grafindo Persada.

Sritua, Arief, (1993). Metodologi Penelitian Ekonomi. Jakarta: Universitas. Indonesia.

Suharto & Cahyono Budi. 2005. "Pengaruh budaya Organisasi, Kepemimpinan dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Sumber Daya Manusia di Sekretariat DPRD Propinsi Jawa Tengah", Jurnal Riset Bisnis Indonesia Vol I No. 1 Hal. 13 30

Sopiah. (2008). Perilaku Organisasional, Cetakan Pertama. Yogyakarta: Andi.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Cetakan 17, Bandung: Alfabeta.

Sunyoto, Danang, (2012) Sumber Daya Manusia (Praktik Penelitian), Yogyakarta: Center For Academic Publishing Service.

Supranto, J. (2001). Proposal Penelitian Contoh. Jakarta: Universitas Indonesia (UNI-PRESS).

Suryabrata. 2000. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT raja Grafindo. Widjaja, H. A. W. 2000. Ilmu Komunikasi Pengantar Studi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sutrischastini & Riyanto. 2015. Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Gunungkidul.Jurnal Kajian Bisnis, 23(2), h .121–137

Tika, Pabundu, (2006) Budaya Organisasi dan Peningkatan Kinerja Perusahaan, Jakarta: Bumi Aksara.

Tua, Marihot. (2007). Manajemen Sumber Daya Manusia Pengadaan, Pengembangan, pengkompensasian, dan Pengingkatan Produktifitas Pegawai. Jakarta: Grasindo

Umar, Husein. (2008). Riset Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi. Jakarta: Gramedia

Vandenberg, R.J., dan Lance, C.E, 1992, Examining the causal order of job satisfaction and organizational commitmen, Jurnal of Management, Vol. 18, 153-167

Wangmuba. (2009). Kecemasan dan Psikologi. Retreved april 13, 2009. Fromhttp://wangmuba.com/tag/kecemasan

Wibowo. (2007). Manajemen Kinerja. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Witt, L.A. and Nye, L.G. (1992) Gender and the Relationship between Perceived Fairness of Pay or Promotion and Job Satisfaction. Journal of Applied Psychology, 77, 910-917. http://dx.doi.org/10.1037/0021-9010.77.6.910

Peraturan peraturan:

Indonesia Economic Outlook, 2017

Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia. Nomor 176. /pmk.05/2017. Menimbang. Tentang. Pedoman remunerasi badan layanan umum.

Peraturan Mentri Negara BUMN Nomor PER-03/MBU/2009 (2009)

Downloads

Published

2023-06-28

How to Cite

Jazuli, A., Sofiati, S., & Prasetyo, D. (2023). PENGARUH REMUNERASI, KEPUASAN DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PAJAK PADA KANWIL DJP D.I. YOGYAKARTA DI MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 3(2), 652 –. https://doi.org/10.32477/jrabi.v3i2.728