PENILAIAN KINERJA, PEMERINGKATAN KINERJA DAN KEPUASAN KERJA PEGAWAI KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA SLEMAN

Authors

  • Uswatun Chasanah Program Studi Magister Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha
  • Muhammad Heri Nugroho Program Studi Magister Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha

DOI:

https://doi.org/10.32477/jrabi.v3i2.732

Keywords:

performance appraisal, performance rating, job satisfaction

Abstract

The purpose of this study is to find out about the application, advantages and disadvantages of the employee performance appraisal system and employee performance ranking and explore its relationship with employee job satisfaction at Kantor Pelayanan Pajak Pratama Sleman. To achieve these objectives, this study uses a qualitative descriptive research and data collection techniques by triangulation (a combination of observation, interviews, documentation). The results of the study indicate that the implementation of performance appraisal and performance ranking at Kantor Pelayanan Pajak Pratama Sleman is carried out based on the provisions of the Director General of Taxes Regulation number PER-12/PJ/2018. The implementation of the performance appraisal system has provided job satisfaction, so that employees are motivated to achieve the targets that have been set. Most of the informants stated that the performance rating system applied could not increase employee job satisfaction. For this reason, it is hoped that the employee performance rating system can be carried out more objectively, fairly and transparently.

References

Afrianty, T. W., & Putriwahyuni, S. (2020). Analisis Keadilan Prosedural Dalam Penilaian Kinerja: Perspektif Social Exchange Theory. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 3, 227. https://doi.org/10.24843/eeb.2020.v09.i03.p01

Anwaruddin, A. (2006). Pengembangan Model Penilaian Kinerja Pegawai. Jurnal Ilmu Administrasi, 3(4), 268–279.

Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif. Teknologi Pendidikan, 10.

Hasibuan, M. S. . (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia In Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi Jakarta: Bumi Aksara, 1–16.

Herdiansyah, H. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu-Ilmu Sosial. In Jakarta: Salemba Humanika.

Januari, C. (2015). Pengaruh Penilaian Kinerja Terhadap Kepuasan Kerja Dan Prestasi Kerja (Studi pada Karyawan PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk Wilayah Malang). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 24(2), 86096.

Mangkunegara, A. A. A. P. (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. In Remaja Rosdakarya. https://doi.org/10.1038/cddis.2011.1

Melani, T., & Suhaji. (2012). Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Kerja ( Studi pada Karyawan Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi ” Yayasan Pharmasi ” Semarang ) The Factors that Influence Job Satisfaction ( Study On Employee of Pharmacy School " Pharmaceutical Foundation " Semarang). Jurnal Akuntansi Dan Bisnis, 1–22.

Muayyad, D. M. (2016). Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Pegawai Bank Syariah X Kantor Wilayah II. Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Jasa, 9(1), 75–98.

Mukti, D. R., Lelly Hana Setyanti, S. W., & Farida, L. (2019). Penerapan Sistem Penilaian Kinerja Berbasis E-Kinerja Terhadap Prestasi Kerja Pegawai Melalui Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Banyuwangi. E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 6(2), 175. https://doi.org/10.19184/ejeba.v6i2.11166

Nurmagustini, R. S., & Hidayat, H. (2019). Pengaruh Sistem Penilaian Kinerja Dan Kompensasi Terhadap Motivasi Kerja PNS. Journal of Applied Managerial Accounting, 3(1), 9–19. https://doi.org/10.30871/jama.v3i1.898

Republik Indonesia. 2007. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor PER-09/M.PAN/5/2007 tentang Pedoman Umum Penetapan Indikator Kinerja Utama di Lingkungan Instansi Pemerintah.

Republik Indonesia. 2011. Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2011tentang Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil.

Republik Indonesia. 2014. Peraturan Menteri Keuangan Nomor 206.2/PMK.01/2014 tentang Organisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal Direktorat Jenderal Pajak.

Republik Indonesia. 2014. Keputusan Dirjen Pajak Nomor KEP-208/PJ/2014 tentang Rencana Implementasi Cetak Biru Manajemen Sumber Daya Manusia Tahap III Tahun 2015-2016.

Republik Indonesia. 2018. Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor Per-12/PJ/2018 tentang Pengelolaan Kinerja Di Lingkungan Direktorat Jenderal Pajak

Republik Indonesia. 2020. Peraturan Menteri Keuangan Nomor 184/PMK.01/2020 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 210/PMK.01/2017 tentang Organisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal Direktorat Jenderal Pajak

Rani, M. (2015). Pengaruh Penilaian Kinerja Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Motivasi Sebagai Variabel. Jurnal Akuntansi, Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 3(2), 164–170.

Sinollah, S., & Hermawanto, H. (2020). Analisis Penilaian Kinerja Terhadap Kepuasan Dan Dampaknya Pada Kinerja. Dialektika : Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 5(1), 1–22. https://doi.org/10.36636/dialektika.v5i1.408

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Penerbit Alfabeta.

Sugiyono (2018), Metodologi Penelitian Manajemen, Bandung: Alfabeta

Downloads

Published

2023-06-28

How to Cite

Chasanah, U., & Nugroho, M. H. (2023). PENILAIAN KINERJA, PEMERINGKATAN KINERJA DAN KEPUASAN KERJA PEGAWAI KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA SLEMAN. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 3(2), 742 –. https://doi.org/10.32477/jrabi.v3i2.732