PENGARUH PERSEPSI HARGA, LOKASI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA MATAPISAU BARBERSHOP YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.32477/jrabi.v3i4.850Keywords:
Persepsi Harga, Lokasi, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan.Abstract
Penelitian ini bertujuan unntuk mengetahui; pengaruh persepsi harga terhadap kepuasan pelanggan Matapisau Barbershop, pengaruh lokasi terhadap kepuasan pelanggan Matapisau Barbershop, pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Matapisau Barbershop, pengaruh persepsi harga, lokasi, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Matapisau Barbershop. Penelitian ini merupakan penelitian survei. Dalam penelitian survei, informasi yang dikumpulkan dari responden dengan menggunakan kuesioner. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pelanggan Matapisau Barbershop di Yogyakarta. Penelitian survei ini adalah pengumpulan data yang menggunakan instrument kuesioner atau wawancara untuk mendapatkan tanggapan dari responden. Teknik pengambilan data menggunakan purposive sampling dengan jumlah sebanyak 100 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah signifikan pengaruh parsial (Uji t). Hasil penelitian menunjukan bahwa; (1) persepsi harga tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, dibuktikan nilai t hitung 2,860 dengan nilai signifikansi sebesar (Sig.) 0,05 lebih besar dari 0,05 (0,05>0,05) dan koefisien regresi mempunyai nilai positif besar 0,242, (2) lokasi berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, dibuktikan dari nilai t hitung 3,607 dengan nilai signifikansi sebesar (Sig.) 0,00 lebih kecil dari 0,05 (0,05<0,00) dan koefisien regresi mempunyai nilai positif 0,316, (3) Kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, dibuktikan dari nilai t hitung 5,738 dengan nilai signifikansi sebesar (Sig.) 0,00 lebih kecil dari 0,05 (0,05<0,00) dan koefisien regresi mempunyai nilai positif 0,409. (4) Terdapat pengaruh persepsi harga, lokasi, dan kualitas pelayanan secara bersama-sama terhadap kepuasan pelanggan, dibuktikan dari nilai F hitung sebesar 173,077 dengan signifikansi sebesar 0,000. Oleh karena itu nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05).
References
Agustina, D. (2020). Analisis Pengaruh Persepsi Harga Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomi Universitas Semarang).
Ardiansa, W. I. (2018). Analisis Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Real7 Barbershop Yogyakarta.
Ardiansyah, A. (2019). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Minimarket Amarta Mlilir Jl. Ponorogo-Madiun (Doctoral dissertation, Iain Ponorogo).
Aristia, E. M. L. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Warung Makan Nyamplungan Desa Langgongsari Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas) (Doctoral Dissertation, Uin Prof. Kh Saifuddin Zuhri).
Arum, M. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Oemah Lulur Lubna Di Kaligelang Pemalang (Doctoral Dissertation, Universitas Pancasakti Tegal).
Ekasari, R., & Putri, T. A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Iqtishadequity, 3(2), 266-277.
Faradiba, F., & Astuti, S. R. T. (2013). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Lokasi dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli Ulang Konsumen (Studi pada Warung Makan “Bebek Gendut” Semarang). Diponegoro Journal of Management, 59-69.
Irawan. (2008) 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan, PT. Elex Media Komputindo.
Jasfar, F. (2005). Manajemen jasa manajemen terpadu. Ghalia Indonesia, Bogor.
Keller, Kevin Lane. ,(2013). Strategic Brand Management Building Measuring and Managing. Brand Equity 4th Ed. USA. Pearson Education.
Kotler dan Keller. (2008). Manajemen Pemasaran. Jilid Satu. Edisi Ke 13. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2010). Principles of marketing. Pearson education.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2014). Prinsip-Prinsip Pemasaran, (EdisiKedua Belas,JilidSatu). Jakarta: Erlangga.
Lupiyoadi, R., & Hamdani, A. (2013). Service marketing management. Jakarta: Salemba Empat.
Madona, F. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Pt. Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang 16 Ilir Palembang. [SKRIPSI] (Doctoral dissertation, UIN Raden Fatah Palembang).
Peter, J. P., & Olson, J. C. (2010). Affect and Cognition and Marketing Strategy. Consumer Behavior and Marketing Strategy, 36-65.
Purnama, Y. H., Tjahjono, H. K., Assery, S., & Dzakiyullah, N. R. (2020). The relationship of organizational justice on job satisfaction and job performance in banking company. International Journal of Scientific and Technology Research, 9(3).
Riyanto, R. (2020). Pengaruh Lokasi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Rumah di Cluster Iskandar Muda (Studi Kasus PT. Surya Metal Berjaya) (Doctoral dissertation, Universitas Buddhi Dharma).
Rizaldy, P. P. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Arfa Barbershop Di Yogyakarta (Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Yogyakarta).
Situmeang, L. S. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan, harga dan lokasi terhadap kepuasan konsumen pada rumah makan istana hot plate Medan. Universitas Islam Negeri Sumetera Utara.
Subandi, S., & Hamid, M. S. (2021). STUDENT SATISFACTION, LOYALTY, AND MOTIVATION AS OBSERVED FROM THE SERVICE QUALITY. Journal of Management and Islamic Finance, 1(1). https://doi.org/10.22515/jmif.v1i1.3552.
Sugiyono. Metode Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung : ALFABETA.2016
Suhartono, S., Sulastiningsih, S., Chasanah, U., Widiastuti, N. and Purwanto, W. (2023) “The Relationship of Leadership, Discipline, Satisfaction, and Performance: A Case Study of Steel Manufacture in Indonesia”, International Journal of Professional Business Review. São Paulo (SP), 8(2), p. e01146. doi: 10.26668/businessreview/2023.v8i2.1146.
Sumiyati, S., & Soliha, E. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga dan Lokasi terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada Warunk Upnormal Semarang).
Surianto, K. N., & Istriani, E. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa Transportasi Online Grab-Cardi Yogyakarta.
Tjiptono, f., & Chandra, G. (2016). Service, Quality & Satisfaction, Edisi 4,Yogyakarta : ANDI.
Wariki, G. M., Mananeke, L., & Tawas, H. (2015). Pengaruh Bauran Promosi, Persepsi Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Konsumen Pada Perumahan Tamansari Metropolitan Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(2).
Yahya Hamja, M. M., & Ela Patriana, M. M. Analisis Pengaruh Harga, Lokasi dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Toko Mitra Nelayan Tanara Serang Banten) (Bachelor's thesis, Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).
Zeithaml, V. A., Berry, L. L., & Parasuraman, A. (1996). The behavioral consequences of service quality. Journal of marketing, 60(2), 31-46.