PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP MINAT BELI PADA INDOMARET

Studi Pada Indomaret Sewon Bantul

Authors

  • Hasti Winartanti Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha Yogyakarta
  • Dila Damayanti Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.32477/jrabi.v3i4.851

Keywords:

Marketing Mix, Minat Beli.

Abstract

Kegiatan dunia usaha seperti minimarket menjadi suatu fenomena dan perhatian yang menarik. Minimarket yang ada dibuat sedemikian rupa agar dapat menarik minat para konsumen untuk membeli disana. Indomaret Sewon Bantul merupakan minimarket yang beroprasi dibawah PT. Indomarco Prismatama, TBK. Dalam menjalankan kegiatan pemasaranya, Indomaret Sewon Bantul menggunakan strategi marketing mix. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh strategi marketing marketing mix terhadap minat beli konsumen di Indomaret Sewon Bantul. Dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif, data diperoleh melalui angket yang disebar kepada 100 responden dengan karakteristik yang beragam. Pengolahan data menggunakan bantuan program SPSS 24. Hasil penelitian ini menunjukan, secara parsial variabel produk (X1) dengan nilai thitung 2,521 > ttabel 0,1984 serta memiliki nilai signifikansinya 0,003, harga (X2) dengan nilai thitung 5,763 > ttabel 0,1984 serta memiliki nilai signifikansinya 0,000, promosi (X3) dengan nilai thitung 4,187 > ttabel 0,1984 serta memiliki nilai signifikansinya 0,000, tempat (X4) dengan nilai thitung 3,137 > ttabel 0,1984 serta memiliki nilai signifikansinya 0,001, orang (X5) dengan nilai thitung 3,444 > ttabel 0,1984 serta memiliki nilai signifikansinya 0,008, bukti fisik (X6) dengan nilai thitung 3,110 > ttabel 0,1984 serta memiliki nilai signifikansinya 0,002, dan proses (X7) dengan nilai thitung 5,801 > ttabel 0,1984 serta memiliki nilai signifikansinya 0,000. Sehingga dapat disimpulkan semua variabel berpengaruh terhadap minat beli ulang. Berdasarkan hasil pengujian parsial (uji t) antara variable harga, promosi, dan proses dari ketujuh uji variabel tersebut memiliki nilai thitung dan signifikasi jauh lebih besar dari pada nilai produk, tempat, orang dan bukti fisik. Jadi dapat kita simpulkan bahwa variabel harga, promosi dan proses merupakan variabel yang paling dominan yang mempengaruhi minat beli karena konsumen cenderung membeli ketika melihat harga yang ditawarkan, promosi dan kelancaran proses selama transaksi.

References

Agus Dwi Cahya. 2021. Pengaruh Marketing Mix Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah Konveksi Ega Collection. Vol 23 No 2 (2021): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Dharma Andalas.

Anoraga, Pandji. 2004. Manajemen Bisnis, Cetakan Ketiga. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2000. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Assauri, Sofjan. 2011. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers

Basu Swastha DH., dan Irawan, 1996. Manajemen Pemasaran Modern, Edisi II, Cetakan Kelima Liberty, Bantul.

Christine. 2017. Analisis Pengaruh Marketing Mix (7P) terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Studi pada House of Moo. Industrial Engineering Online Journal. Vol. 6 No.1

D. Durianto, dan Liana. C, (2004). Analisi efektivitas iklan televisi softener soft & fresh di Jakarta dan sekitarnya dengan menggunakan consumen decision model, Jurnal Ekonomi Perusahaan, Vol.11 (no.1): 35-55

Farida, I., Tarmizi, A. & November, Y. 2016. Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran 7P Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Gojek Online. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis. Vol. 1

Ferdinand, Augusty, 2011. Pengembangan Minat Beli Merek Ekstensi. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang

Kotler, P. and Keller, K. (2007). Manajemen Pemasaran, Edisi 12, Jilid 1 dan 2. Terjemahan: Drs. Benyamin Molan, Jakarta : Indeks.

Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jakarta: Erlangga.

Pramono. 2012. Pertimbangan Dalam Membeli Produk Barang Maupun Jasa. Intidayu Press. Jakarta.

R. Walena. 2020. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Minat Beli Konsumen Di Carrefour Transmart Kawanua. Vol 1 No 2 (2020): Klabat Journal of Management

Rahmawati, 2014. Manajemen Pemasaran. Samarinda: Mulawarman University Press.

Sugianto, Dedy. 2017. Mengenal Dunia Retail. Kuningan : Goresan Pena

Sugiyono. (2014, 2016, 2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulianingsih. 2018. Pengaruh Marketing Mix Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Produk Olahan Makanan Ringan. Jurnal Sosial Humaniora. Vol. 9 No2. Universitas Djuanda

Sya’idah. 2018. Pengaruh Marketing Mix Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, Vol. 3 No.1

https://www.kompasiana.com/selmhabellaaa/619e5e5662a70466da3cdee2/peranan-sistem-informasi-manajemen-pada-bisnis-retail-mini-market-indomaret

Downloads

Published

2023-12-28

How to Cite

Winartanti, H., & Damayanti, D. (2023). PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP MINAT BELI PADA INDOMARET: Studi Pada Indomaret Sewon Bantul. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 3(4), 1210 –. https://doi.org/10.32477/jrabi.v3i4.851