PENGARUH PRODUK, HARGA, LOKASI, DAN PROMOSI TERHADAP MINAT BELI PENGUNJUNG PUSAT OLEH OLEH ADREM KHAS SANDEN BANTUL
DOI:
https://doi.org/10.32477/jrabi.v3i4.852Keywords:
Produk, Harga, Lokasi, Promosi, dan Minat Beli.Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan : 1) Untuk mengetahui pengaruh produk, harga, lokasi dan promosi secara parsial terhadap Minat Beli Konsumen di Pusat Oleh Oleh Adrem Khas Sanden Bantul. Variabel penelitian ini adalah produk, harga, lokasi, promosi dan minat beli. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengunjung pusat oleh-oleh Adrem Khas Sanden Bantul. Tekning sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Teknik purposive sampling adalah teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Metode pengambilan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian diperoleh Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli. Artinya produk menjadi faktor penentu minat beli konsumen produk Adrem Khas Sanden Bantul. Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli. Artinya harga menjadi faktor penentu minat beli konsumen produk Adrem Khas Sanden Bantul. Lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli. Artinya lokasi menjadi faktor penentu minat beli konsumen produk Adrem Khas Sanden Bantul. Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli. Artinya promosi menjadi faktor penentu minat beli konsumen produk Adrem Khas Sanden Bantul.
References
Arikunto, S. (2011). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Assael, H. (2010). Consumer Behavior and Marketting Action. Thomson Learning, Massachusset Hall.
Basu Swasta, D., & Irawan. (2008). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.
Ferdinand, A. (2002). Pengembangan Minat Beli Merek Ekstensi,. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2019). Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Heizer, J., & Barry, R. (2015). Manajemen Operasi : Manajemen Keberlangsungan dan Rantai Pasokan. Jakarta: Salemba Empat.
Keller, K. L. (2013). Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity (Global Edi). Pearson, England.
Kinnear, T. C., & Taylor, J. R. (2005). Riset Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P. (2009). Prinsip-Prinsip Pemasaran. (E. 13 J. Satu, Ed.). Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Prinsip-Prinsip Pemasaran (Edisi Kedu). Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (Global Edi). Pearson Prentice Hall.
Kristianae, V., Kristinae, V., & Raya, U. P. (2018). Pengaruh Produk , Harga dan Promosi Terhadap Minat Konsumen Untuk Melakukan Pembelian Kerajinan Tangan Rotan, 13(1), 25–30.
Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen Pemasaran jasa. Jakarta: Salemba Empat.
Minor, M. dan. (2013). Perilaku Konsumen (Jilid 1, E). Jakarta: Erlangga.
Munadi, C., & Ibrahim, M. (2017). Pengaruh Pemilihan Lokasi Terhadap Minat Konsumen Membeli Perumahan (Pada Perumahan Arengka Resident Pekanbaru). JOM FISIP, 4(1), 1–9.
Onggusti, V., & Alfonso, J. (2017). Pengaruh Harga, Produk, Lokasi, Dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Di Hotel Butik Bintang 3 Di Surabaya. Jurnal Ekonomi, Program Manajemen Perhotelan, Fakultas Ekonomi, Universitas Kristen Petra, 4(1), 168–183.
Rismiyanto, E., & Danangdjojo, T. (2015). Dampak Wisata Kuliner Oleh-oleh Khas Yogyakarta Terhadap Perkonomian Masyarakat, V(1), 46–64.
Saefudin, A. (2003). Alat-alat Analis Dalam Pembiayaan (Edisi Revi). Yogyakarta: Andi Offet.
Stevenson, W. J., & Chee Chuong, S. (2014). Manajemen Operasi Perspektif Asia. Jakarta: Salemba Empat.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Admisistrasi. Bandung: CV Alfabeta.
Tjiptono. (2014). Service Quality and Satisfaction (Edisi Kedu). Yogyakarta: Andi Offset.