STRATEGI PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN OMSET PENJUALAN PADA USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) KRECEK BU IPIK

Authors

  • Wiwien Ika Fitriani Program Studi Manajemen, STIE Widya Wiwaha
  • Muhammad Subkhan Program Studi Manajemen, STIE Widya Wiwaha

DOI:

https://doi.org/10.32477/jrabi.v3i4.857

Keywords:

Human Resource Management, Human Resource Development, Analysis SWOT.

Abstract

In this research, it was conducted todescribe the human resource development of the Krecek bu Ipik Company, bu Ipik and to find out what strategy is suitableto develop human resources. This research using qualitative methods. Source of data used are primary and secondary data. Data collection technique is by interview and documentation. Data analysis used is SWOT analysis. From the research results can It can be concluded that the HR development strategy expected by the Krecek Bu Ipik Company is the standardization of each HR, starting from the procedures for dealing with consumers, body language and mastery of language in interacting with consumers or visitors. The strategy that has been carried out by Krecek bu Ipik Company is to hold learning classes for street vendors students, but it does not run optimally and effectively due to the tight schedule of human resources.

References

Abdullah, Ma’ruf, Manajemen Dan Evaluasi Kinerja Karyawan, Yogyakarta : Aswaja Pressindo, 2014.

Adityaji, R. (2018). Formulasi Strategi Pengembangan Destinasi Pariwisata dengan Menggunakan Metode Analisis SWOT : Studi Kasus Kawasan Pecinan Kapasan Surabaya. Jurnal Pariwisata Pesona, 19-32

Afrizal. (2015). Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif dalam Berbagai Disiplin Ilmu. In Metode Penelitian Kualitatif (p.12). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Aguspalinda, Strategi Pengembangan sumber daya manusia dalam meningkatkan omset penjualan kerupuk ubi (Studi Kasus : Usaha kerupuk Ubi Nelmawati di Jorong Bukik Apik Kenagarian Padang Tarok Kecamatan Baso, Kabupaten Agam), Skripsi : Jurusan Ekonomi Islam, IAIN Bukittinggi. 2020.

Assery, S., Tjahjono, H., & Palupi, M. (2015). Perencanaan Sumberdaya Manusia Untuk Mencapai Keunggulan Bersaing Perusahaan. Jurnal Manajemen Bisnis, 6(2), 419-428. Retrieved from https://journal.umy.ac.id/index.php/mb/article/view/3740.

David Hunger dan L, W. (2003). Manajemen Strategi. Yogyakarta : Andi Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. (2014). Manajemen Strategi Komprehensif. Jakarta: Erlangga.

Sulasih. (2019). Implementasi Matrik EFE, Matrrik IFE, Matrik SWOT dan QSPM untuk Menentukan Alternatif Strategi Guna Meningkatkan Keunggulan Kompetitif Bagi Usaha Produksi Kelompok Buruh Pembatik di Keser Notog Patikraja Banyumas. Sulasih IAIN Purwokerto, 31-32.

Sandi Kurniawan, Analisis pengembangan sumber daya manusia dalam meningkatkan omset penjualan keripik pisang perspektif ekonomi islam (Studi Pada UMKM Keripik Pisang Jl. Pagar Alam Gang PU Kelurahan Segala Mider, Kota Bandar Lampung), Skripsi : Jurusan Ekonomi Syariah, UIN Raden Intan Lampung. 2018.

Widya Purnama Sari, Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia Berbasis Usaha Mikro di Yayasan Wakaf Maukita Al-Jauhar Ds. Mojo Kec. Bringin, Kab. Ngawi, Jawa Timur (Tinjauan Analisis SWOT), Skripsi : Jurusan Manajemen Dakwah, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2017.

Tri Septin, Strategi Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Keunggulan Bersaing Perusahaan, Media Ekonomi Vol 7, No 1 (2007), hlm 4.

Purwanto, Iwan. (2006). Managemen Strategi, Bandung : Yiama Widya. Sueharto Prawirokusumo, Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil, Yogyakarta : BPFE, 2010.

Pearce Robinson, Manajemen Stratejik Formulasi, Implementasi, Dan Pengendalian Jilid 1, Jakarta: Binarupa Aksara, 1997.

David, Fred R. Managemen Strategis, Jakarta : Salemba Empat,2006. UU No. 20 tahun 2008 tentang Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM).

Downloads

Published

2023-12-28

How to Cite

Fitriani, W. I., & Subkhan, M. (2023). STRATEGI PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN OMSET PENJUALAN PADA USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) KRECEK BU IPIK. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 3(4), 1345 –. https://doi.org/10.32477/jrabi.v3i4.857