PENGARUH KESADARAN WAJIB PAJAK, SOSIALISASI PERPAJAKAN, PENGETAHUAN PERPPAJAKAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK

Authors

  • Agustina Hoar Seran Program Studi Akuntansi, STIE Widya Wiwaha
  • Priyastiwi Priyastiwi Program Studi Akuntansi, STIE Widya Wiwaha

DOI:

https://doi.org/10.32477/jrabi.v3i4.861

Keywords:

Kesadaran Wajib Pajak, Sosialisasi Perpajakan, Pengetahuan Perpajakan, Kualitas Pelayanan Kepatuhan Wajib Pajak.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji secara empiris tentang Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Sosialisasi Perpajakan, Pengetahuan Perpajakan, dan kualitas Pelayanan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak yang terdaftar di KPP Pratama Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah wajib pajak yang terdapat di Kota Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode Random sampling merupakan teknik yang paling sederhana (simple), dengan jumlah sampel sebanyak 81 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan kuesioner. Sampel yang diambil secara acak, tanpa memperhatikan strata yan ada. Teknik analisis data menggunakan uji instrument yang terdiri dari uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi kalsik (uji normalitas, uji multikoliniearitas dan uji heterokedastisitas), uji hipotesis yang terdiri dari uji regresi linier berganda, uji t, dan uji f dalam satu populasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh kesadaran wajib pajak, sosialisasi perpajakan, pengetahuan perpajakan, dan kualitas pelayanan terhadap kepatuhan wajib pajak sangat berpengaruh secara positif dan signifikan, baik secara parsial maupun secara simultan terhadap kepatuhan wajib pajak di kota Jogyakarta.

References

Arum, Harjanti Puspa. “Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pelayanan Fiskus, dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Yang Melakukan Kegiatan Usah dan Pekerjaan Bebas (Studi Di Wilayah KPP Pratama Cilacap)”. Skripsi untuk program studi S-1 Akuntansi Universitas Diponegoro Semarang, 2012.

Aryobimo, Putut Tri. “Pengaruh Persepsi Wajib Pajak tentang Kualitas Pelayanan Fiskus terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dengan Kondisi Keuangan Wajib Pajak dan Preferensi Risiko sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris terhadap Wajib Pajak Orang Pribadi di Kota Semarang)”. Skripsi untuk program studi S-1 Akuntansi Universitas Diponegoro Semarang, 2012.

Ash-Shiddiq, Muhammad. “Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Kesadaran Wajib Pajak dan Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan(PBB) di Tanggerang Selatan”. Skripsi untuk program studi S-1 Akuntansi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 2011.

Binambuni, Dony. “Sosialisasi PBB Pengaruhnya terhadap Kepatuhan Wajib Pajak di Desa Karatung Kecamatan Nanusa Kabupaten Talaud” Oleh: Jurnal EMBA Vol.1 No.4 Desember 2013, Hal. 2078-2087, 2013. Budiati, Ayu Aroma. “Fungsi Pajak Daerah dalam Peningkatan Pendapatan Asli Daerah Berdasarkan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 Tentang Pajak Daerah Dan Retribusi Daerah”. Skripsi untuk program studi S-1 Ilmu Hukum Universitas Jember, 2013.

Diana, Sari. 2013. Konsep Dasar Perpajakan. Bandung : PT.Refika Aditama.

Hardianigsih, Pancawati dan Nila Yulianawati. “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kemauan Membayar Pajak”. Dinamika Keuangan dan Perbankan, Nopember 2011, Hal: 126 - 142 Vol. 3, No. 1 ISSN :1979-487, 2011.

Jamaluddin M. “Pengantar Perpajakan”. Samata-Gowa: Alauddin University Press, 2011.

Jatmiko, Agus Nugroho. “Pengaruh Sikap Wajib Pajak pada Pelaksanaan Sanksi Denda, Kesadaran Dan Pelayanan Fiskus dan Kesadaran Perpajakan Terhapap Kepathan Wajib Pajak: Studi Empiris terhadap Wajib Pajak Orang Pribadi Di Kota Semarang”. Tesis untuk Program Studi Magister Akuntansi Program Pascasarjana Universitas Diponegoro, 2006.

Mardiasmo. 2018. Perpajakan Edisi Terbaru 2018. Yogyakarta : CV Andi Offset.

Mardiasmo. 2011. Perpajakan Revisi 2011. Yogyakarta : CV Andi Offset.

Muljono, Djoko. 2009. Akuntansi Pajak. Yogyakarta : CV Andi Offset.

Nurmantu, Safri. 2003. Pengantar Perpajakan. Jakarta : Granit

Republik Indonesia, Undang-Undang no. 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.

Resmi, Siti. 2013. Perpajakan Teori dan Kasus. Jakarta : Salemba Empat.

Resmi, Siti. “Perpajakan: Teori dan Kasus”. Jakarta: Salemba Empat, 2009.

Rustiyaningsih, Sri. Faktor- Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak. Widya Warta No. 02 tahun XXXV / Juli 2011.

Santi, Anisa Nirmala. “Analisis Pengaruh Kesadaran Perpajakan, Sikap Rasional, Lingkungan, Sanksi Denda Dan Sikap Fiskus Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Studi empiris pada WPOP di wilayah KPP Pratama Semarang”. Skripsi untuk program sarjana fakultas ekonomi dan bisinis islam universitas diponegoro Semarang, 2012.

Siti Kurnia Rahayu, 2010. PERPAJAKAN INDONESIA : Konsep dan Aspek Formal, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Suyatmin. “Pengaruh Sikap Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Bumi Dan Bangunan (Studi Empiris Di Wilayah KP. PBB Surakarta)”. Tesis untuk program studi Magister Sains Akuntansi Universitas Diponegoro Semarang, 2004.

Undang Undang Republik Indonesia, Nomor 16 Tahun 2009 Tentang Perubahan ke-empat atas Undang-undang Nomor 6 Tahun 1983 Tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan.

Undang Undang Republik Indonesia, Nomor 28 Tahun 2007 Tentang Perubahan ketiga atas Undang-undang Nomor 6 Tahun 1983 Tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan.

Undang-undang Republik Indonesia, Nomor 36 Tahun 2008 tentang Pajak Penghasilan.

Waluyo. “Perpajakan Indonesia”. Jakarta: Salemba Empat, 2010.

Downloads

Published

2023-12-28

How to Cite

Seran, A. H., & Priyastiwi, P. (2023). PENGARUH KESADARAN WAJIB PAJAK, SOSIALISASI PERPAJAKAN, PENGETAHUAN PERPPAJAKAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 3(4), 1419 –. https://doi.org/10.32477/jrabi.v3i4.861