PENGARUH PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, UKURAN PERUSAHAAN DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR)
Studi Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2017-2020
DOI:
https://doi.org/10.32477/jrabi.v3i4.862Keywords:
Profitabilitas, Likuiditas, Good Corporate Governance (GCG), Corporate Social Responsbility (CSR)Abstract
Pengungkapan CSR merupakan sebuah gagasan yang menjadikan perusahaan tidak lagi dihadapkan pada tanggung jawab yang berpijak pada single bottom line. Kesadaran atas pentingnya pengungkapan CSR dilandasi pemikiran bahwa perusahaan tidak hanya mempunyai kewajiban ekonomi dan legal kepada pemegang saham, tapi juga kewajiban terhadap pihak- pihak lain yang berkepentingan. Perlunya pengungkapan CSR diperlukan dalam keberlangsungan hidup perusahaan agar mendapat pengakuan dari masyarakat terhadap aktivitas operasional suatu perusahaan, dengan demikian perusahaan akan dinilai memiliki kepedulian terhadap kualitas hidup masyarakat dan lingkungan sekitar. Untuk menganalisis pengaruh profitabilitas, likuiditas, ukuran perusahaan dan GCG terhadap pengungkapan CSR. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2020. Berdasarkan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling diperoleh jumlah sampel sebanyak 10 perusahaan. Teknik analisis data yang digunakan ialah regresi berganda. Profitabilitas berpengaruh positif siginifikan terhadap pengungkapan CSR; Likuiditas berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap, Ukuran perusahaan berpengaruh positif tidak signifikan terhadap pengungkapan CSR; GCG berpengaruh positif siginifikan terhadap pengungkapan CSR; Profitabilitas, likuiditas, ukuran perusahaan dan GCG pada perusahaan farmasi tahun 2017–2020 secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan CSR.
References
Agustin, D. (2018). Pengaruh Likuiditas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Pengungkapan CSR dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderasi. Artikel Ilmiah: STIE Perbanas Surabaya.
Apriliani, D.A. (2017). Pengaruh Umur Perusahaan, Ukuran Perusahaan, Leverage, Ukuran Dewan Komisaris, dan Kepemilikan Saham Publik Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR). Naskah Publikasi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMS.
Arita, E., dan Mukhtar, R. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Leverage dan Likuiditas Terhadap Corporate Social Responsibility (CSR) pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di BEI Periode 2014 – 2018. Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah. Volume 13, Nomor 10 Tahun 2019.
Benn, S., dan Bolton. (2011). Key Concepts in Corporate Social Responsibility. London: Sage Publications.
Brammer, S., Brooks, C., & Pavelin, S. (2005). Corporate Social Performance and Atock Returns: UK Evidence from Disaggregate Measures. Financial Management, Volume 35, Nomor 3, 97-116.
Brigham, F.E., & Houston, F. J. (2015). Fundamentals Of Financial Management (Concise Ed). South Western, Cengage Learning.
Diba, F. (2012). Pengaruh Karakteristik Perusahaan dan Regulasi Pemerintah Terhadap Pengungkapan Laporan Corporate Social Responbility (CSR) Pada Laporan Tahunan di Indonesia. Makassar: Universitas Hasanuddin.
Dilling, P.F.A. (2010). Sustainability Reporting In A Global Context: What Are The Characteristics Of Corporations That Provide High Quality Sustainability Reports An Empirical Analysis. International Business& Economics Research Journal (IBER), Volume 9, Nomor 1, 1-30.
Effendi, B.L., Uzliawati., dan Yulianto. (2012). Pengaruh Dewan Komisaris Terhadap Environmental Disclosure pada Perusahaan Manufaktur yang Listing di BEI Tahun 2008-2011. Simposium Nasional Akuntansi 15. Banjarmasin. 20-23 September 2012.
Fahmi, I. (2011). Analysis Of Financial Performance In A Form Of Financial Ratio Before And After Right Issue At The Indonesia’s Stock Exchange (Bursa Efek Indonesia). International Journal Of Business And Social Science, Volume 2, Nomor 24, 129–137.
Fahmi, I. (2015). Pengantar Manajemen Keuangan Teori dan Soal Jawab. Bandung: Alfabeta.
Fahrizqi, A. (2010). Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) dalam Laporan Tahunan Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia). Skripsi Program Studi Akuntansi Universitas Diponegoro Semarang. (Tidak Dipublikasikan).
Fauzi, H.L., Mahoney dan Rahman. (2007). Institutional Ownership and Corporate Social Performance: Empirical Evidence from Indonesian Companies. SSRN and Issues in Social and Environmental Accounting, Volume 1, Nomor 2, 334-347.
Fauziah, I. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Leverage, Ukuran Perusahaan dan Ukuran Dewan Komisaris Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi Volume 8, Nomor 3, Maret 2019.
Fitriana, R. (2019). Pengaruh Kepemilikan Institusional, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Penelitian pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Ilmu Keuangan Dan Perbankan (JIKA), Volume 8 Nomor 2.
Freedman, M., dan Bikki, J. (1988). An Analysis of The Association between Pollution Disclosure and Economic Performance. Accounting, Auditing and Accountability Journal, Volume 1, Nomor 2, 43-58.
Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Guidry, R. P., & Patten, D. M. (2010). Market reactions to the first-time issuance of corporate sustainability reports: Evidence that quality matters. Sustainability. Accounting, Management and Policy Journal, Volume 1 Nomor 1, 33-50.
Hadi, N. (2014). Corporate Social Reponsibility. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Hani, S. (2015). Teknik Analisa Laporan Keuangan. Medan: In Media.
Hartono, J. (2015). Teori Portofolio dan Analisis Investasi. BPFE: Yogyakarta
Hussainey. (2011). Factors Affecting Corporate Social Responsibility Disclosure In Egypt. School of Commerceand Law, Faculty of Arts, Business, informatics & Education. Central Queensland University, Bruce Highway, North Rockhampton, 4702 Queensland, Australia
ISO 26000: 2010 Pedoman Baru Tanggung Jawab Sosial Perusahaan(CSR).
Janra, D.M. (2015). Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Leverage, Profitabilitas Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Pengungkapan Informasi Pertanggungjawaban Sosial Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2010-2013). Artikel, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang, Padang.
Kamil, Ahmad dan Antonius, Herusetya. (2012). Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Luas Pengungkapan Kegiatan Corporate Social Responsibility. Media Riset Akuntansi, Vol. 2 No. 1.
Kasmir. (2012). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Kasmir. (2014). Analisis Laporan Keuangan, Cetakan ke-7. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Kasmir. (2015). Analisis Laporan Keuangan. Edisi Satu. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Krisna, A.D dan Suhardianto, N. (2016). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, Volume 18, Nomor 2, November 2016, 119-128.
Kusumadilaga, Rimba. (2010). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Moderating. Skripsi: Universitas Diponegoro Semarang.
Leksono, A.A. (2018). Pengaruh Good Corporate Governance dan Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social. Jurnal Akuntansi Bisnis, Volume 16, Nomor 1, Maret 2018.
Lesmana dan Tarigan. (2014). Pengaruh Sustainability Reporting Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Publik dari Sisi Asset Management Ratio. Business Accounting Review. Volume 2. Nomor 1.
Machfoedz, M. (1994). Financial Ratios Analysis and the Earnings Changes in Indonesia. Kelola: 114-137.
Machowiz, J.M. (2013). Prinsip-Prinsip Manajemen Keuangan. Edisi 13. Jakarta: Salemba Empat.
Majidah dan Sihite. (2014). Faktor - Fakror yang Mempengaruhi Pengungkapan Tanggungawab Sosial pada Perusahaan. Universitas Telkom.
Maria, A. (2012). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Pegawai Sekertariat Dewan Perwakilan Daerah Provinsi Sulawesi Tengah. E-Jurnal. Katalogis. ISSN:2302-2019.Vo:1. No:1.
Marzully, N., dan Denie, P. (2012). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Corporate Social Responsibiity di Indonesia (Studi Empiris Pada Perusahaan Berkategori High Profile yang Listing di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Nominal, Volume 1, Nomor 1, 22-34
Mudjiyanti, R dan Maulani, S. (2017). Pengaruh Likuiditas Dan Profitabilitas Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility Pada Perusahaan Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Manajemen dan Bisnis Media Ekonomi Volume XVII, No 1 Januari 2017.
Munawir, S. (2010). Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: Liberty
Murhadi, W.R. (2013). Analisis Laporan Keuangan, Proyeksi dan Valuasi Saham. Jakarta: Salemba Empa.
Nendra, M.Y. (2021). Pengaruh Good Corporate Governance, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility. Skripsi: Universitas Sriwijaya.
Nugroho, M.N., dan Yulianto, A. (2015). Pengaruh Profitabilitas dan Mekanisme Corporate Governance Terhadap Pengungkapan CSR Perusahaan Terdaftar JII 2011-2013. Accounting Analysis Jurnal pada Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang, Indonesia.
Nurfadilah, W., dan Segara, Y. (2015). Pengaruh Good Corporate Governance, Karakteristik Perusahaan dan Regulasi Pemerintah Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility. Akuntabilitas Volume. VIII, Nomor 1, April 2015. 78 – 89.
Nurlaela, L. (2019). Model Corporate Social Responsibiity (CSR). Jawa Timur : Myria Publisher.
Oktavianti, H dan Wahidahwati. (2014). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Intellectual Capital. Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi Volume 3 Nomor 5.
Pahuja, Shuchi. (2009). Relationship Between Environmental Disclosures and Corporate Characteristics: A Study of Large Manufacturing Companies in India. Social Responsibility Journal. Vol. 5, No. 2, 227-242
Pamungkas, D. P. (2013). Pengaruh Good Corporate Governance (CGC) terhadap Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) pada Industri Pertambangan dan Penggalian (BUMN Persero Tbk). Badan Penerbit Universitas Negeri Surabaya.
Papkhan, Y., dan Rajagukguk, L. (2018). Analisis Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Ukuran Dewan Komisaris, dan Media Exposure Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial. Jurnal Akuntansi, Volume 18, Nomor 2, Juni - Desember 2018.
Prastowo, J., dan Miftachul, H. (2011). Corporate Social Responsibility Kunci Meraih Kemuliaan Bisnis. Yogyakarta: Samudra Biru.
Pratiwi, L., & Ismawati, K. (2019). Analisis Pengaruh Tipe Industri, Ukuran Perusahaan, Leverage Dan Profitabilitas Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2014. Surakarta Accounting Reviews, Volume 1, Nomor 1.
Putri, R. A., & Christiawan, Y. J. (2014). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, dan Leverage terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility (Studi Pada Perusahaan-Perusahaan yang Mendapat Penghargaan ISRA dan Listed (Go-Public) di Bursa Efek Indonesia (BEI) 2010-2012). Business Accounting Review, Volume 2, Nomor 1.
Raharja, R.F. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Tanggungjawab Sosial. Jurnal Ilmiah: Universitas Pandanaran Semarang.
Ratnasari, Y., dan Andri P.S. (2010). Pengaruh Corporate Governance Terhadap Luas Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan di dalam Sustainable Report. Thesis Fakultas Ekonomi. Universitas Diponegoro. Semarang.
Rifqiyah, R.F. (2016). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Kepemilikan Saham Publik Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR). Artikel Ilmiah: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas: Surabaya.
Ruroh, I.N dan Latifah, S.W. (2018). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan Dan Risk Minimization Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR). Jurnal Akademi Akuntansi 2018 Volume. 1 No. 1
Sadewo, A.B. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditsas Dan Solvabilitas Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility Pada Perusahaan Pt. Indah Logistic Cargo. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen: Volume 8, Nomor 6, Juni 2019.
Sanjaya, O., Taufik, T., dan Azharl, A. (2014). Pengaruh Good Corporate Governance, Profitabilitas, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan pada Perusahaan Real Estate dan Property yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (2010-2011). Artikel Ilmiah: Universitas Riau, Pekanbaru.
Santoso, N.Y.., dan Arifin, A. (2020). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Leverage, Ukuran Perusahaan dan Corporate Governance Terhadap Corporate Social Responsibility. Seminar Nasional Fakultas Ekonomi dan Bisnis: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Sartono, A. (2010). Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Edisi 4. Yogjakarta: BPFE.
Sembiring, E.R. (2005). Karakteristik Perusahaan dan Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial: Studi Empiris pada Perusahaan yang Tercatat di Bursa Efek Jakarta. Simposium Nasional Akuntansi VII. Solo.
Sholihin, M.R. (2017). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Corporate Social Responsibility. Profita. Volume 10 No. 2 Agustus 2017.
Sijum, A., dan Rustia, A. (2021). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Ukuran Perusahaan dan Corporate Governance Terhadap Corporate Social Responsibility (Studi Pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di BEI Periode 2017-2019). Jurnal Akuntansi dan Perpajakan, 7(1): 62-71, 2021.
Sudana, I. M. dan Arlinda. (2011). Corporate Governance dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility pada perusahaan Go Public di BEI. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan. Volume 4, Nomor 1, 1-13.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2015). Metodologi Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta.
Sukrisno, A. (2011). Auditing (Pemeriksaan Akuntan) oleh Kantor Akuntan Publik. Edisi 4. Penerbit Salemba Empat.
Sundari, T., & Handayani, A. E. (2019). Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Ukuran Dewan Komisaris, Ukuran Perusahaan, dan Profitabilitas Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility pada Perusahaan Go Public yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2016. Jurnal Analisa Akuntansi Dan Perpajakan, Volume 3, Nomor 1, 55–71.
Sutini dan Didin Mukodim. (2010). The Effect Implementation Of Goog Corporate Governance On Earnings Management In Mining Company On The Indonesia Stock Exchange, http://www.gunadarma.ac.id.
Syahrir, R. K. dan Suhendra, S. (2010). The Effectof Company Characteristic to Disclosure Fittings of Miscellanous Industry Sector Annual Reports Which is Registered in IDX. Undergraduate Program, Economy Faculty (2010). Gunadarma University.
Tarigan, Y., dan Adisaputra, D. (2020). Pengaruh Good Corporate Governance terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure. Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis. Volume 8, Nomor 2, December 2020, 163-170.
Titisari, K.H. (2010). Corporate Social Responsibility (CSR) dan Kinerja Perusahaan. Simposium Nasional Akuntansi 13. Purwokerto.
Ulina, C. (2011). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Sosial pada Perusahaan Real Estate dan Property yang Terdaftar di BEI. Skripsi: Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara.
Undang-Undang No. 25 Tahun 2007 Tentang Penanaman Modal.
Undang-Undang No. 40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas.
Urmila, D., dan Metha, M. (2017). Tipe Perusahaan Memoderasi Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Kepemilikan Asing pada Pengungkapan CSR Perusahaan Manfaktur BEI. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, Volume 19, Nomor 3.
Widjaja, T. (2013). The Fraud Audit: Mencegah dan Mendeteksi Kecurangan Akuntansi. Jakarta: Harvarindo.
Wijaya, M. (2012). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi. Volume 1, Nomor 1: 26-30.
William, D.N. (1999). Analisis Kebijakan Publik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Yanto, N. (2011). Jika Perusahaan Menolak Lakukan CSR. Harian Ekonomi Neraca, diakses melalui https://www.neraca.co.id/article/4859/jika-perusahaan-menolak-lakukan-csr pada 8 April 2022, pukul 10:45.
Zahro. (2012). Pengertian Corporate Social Responsibility, Manfaat Bagi Masyarakat dan Perusahaan. Diakses pada 3 Agustus 2021
Zulhaimi, H., & Nuraprianti, N. R. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Dewan Komisaris, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure terhadap lingkungan (planet) dan masyarakat Komisaris, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Corporate Social Responsibility Disclosur. Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, Volume 7, Nomor 3, 555–566.