PENGARUH HARGA, KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN

Authors

  • Fatimatul Nur Wahidah STIE Widya Wiwaha
  • Anisa Nur Rokhmah STIE Widya Wiwaha
  • Amelia Rismawati STIE Widya Wiwaha
  • Kartika Sugiarti STIE Widya Wiwaha
  • Nawang Maulida Kuswanto STIE Widya Wiwaha
  • Yenni Kurnia Gusti STIE Widya Wiwaha

DOI:

https://doi.org/10.32477/jrabi.v3i4.865

Keywords:

Price, Service Quality, Promotion, Customer Satisfaction

Abstract

This research aims to find out how much influence price, service quality and promotion have on consumer satisfaction at Mie Gacoan Tamansiswa partially or simultaneously. The method used in this research is a quantitative method, where data collection uses a questionnaire. The sample in this study consisted of 101 respondents, where these consumers had purchased at Mie Gacoan Tamansiswa. The validity test shows that the statements in this research are valid, while the reliability test using Cronbach Alpha is declared reliable. This research uses multiple linear regression analysis. The results of the analysis show that: (1) price has a positive and significant effect on consumer satisfaction of 0.119. (2) service quality has a positive and significant effect on consumer satisfaction of 0.223. (3) Promotion has a positive and significant effect on consumer satisfaction of 0.289.

References

Hazelia, Audrey Meiza. “Pengaruh Manfaat Yang Dipersepsi Dan Kemudahan Menggunakan Yang Dipersepsi Terhadap Intensi Untuk Terus Menggunakan Metode Pembayaran Shopee Paylater (Studi Kasus Pada Masyarakat Tangerang Selatan).” Undergraduate, Universitas Pembangunan Jaya, 2022. Accessed December 13, 2023. https://eprints.upj.ac.id/id/eprint/2958/.

Kasih, Annisa Tiara, Nadia Ayu Saraswati Dewi, Kuntari Budiyati, Ananda Puspa Damayanti, and Vika Fatkhiatul Khasanah. “PENGARUH KEMASAN, HARGA, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN MIXUE: (Studi Pada Mahasiswa STIE Widya Wiwaha Yogyakarta).” Prosiding Seminar Nasional dan Call Paper STIE Widya Wiwaha 1 (January 12, 2023): 1–16.

Nurdianawati, Ita. “Pengaruh Kebebasan Dalam Bekerja Dan Toleransi Akan Risiko Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2017-2018.” Other, Universitas Jambi, 2021. Accessed December 13, 2023. https://repository.unja.ac.id/24060/.

Pane, Arya Duta Permana, and Fauzi Arif Lubis. “Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produkdankualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Ayam Geprek Dower Pekanbaru).” Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) 4, no. 1 (January 6, 2023): 484–493.

Pradana, Dedhy, Syarifah Hudayah, and Rahmawati Rahmawati. “Pengaruh Harga Kualitas Produk Dan Citra Merek BRAND IMAGE Terhadap Keputusan Pembelian Motor.” Kinerja : Jurnal Ekonomi dan Manajemen 14, no. 1 (March 9, 2017): 16–23.

Ramadhan, Alam Gumilang. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Aplikasi Mobile Dan Harga Terhadap Kepuasan Peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN KIS).” Other, Universitas Komputer Indonesia, 2021. Accessed December 13, 2023. https://elibrary.unikom.ac.id.

Septiyaningrum, Erlina, Rizki Nur Fajar, Dela Fermiana, Yuanika Asmarani Utami, and Denis Fergiawan. “PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEBLAK PASTA TAMAN SISWA BAGI MAHASISWA SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI (STIE) WIDYA WIWAHA YOGYAKARTA.” Prosiding Seminar Nasional dan Call Paper STIE Widya Wiwaha 1 (January 12, 2023): 17–33.

Siregar, Nurafrina, Mifta Elfikri, and Rizka Paramitha Daulay. “Pengaruh Lokasi. Promosi, Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Pengunjung Kawasan Ekowisata Tangkahan Kabupaten Langkat).” SOSEK : Jurnal Sosial dan Ekonomi 3, no. 1 (June 2, 2022): 1–9.

Ulfa, Rafika. “VARIABEL PENELITIAN DALAM PENELITIAN PENDIDIKAN.” AL-Fathonah 1, no. 1 (April 15, 2021): 342–351.

Yuliana, Yuliana, and Ita Purnama. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan Dan Nilai Pelanggan Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Pada PO. Titian Mas Cabang Bima.” JAMBURA: Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis 4, no. 2 (September 6, 2021): 163–171.

PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE PADA MANAJEMEN LABA (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2014) | Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi. (n.d.). Retrieved December 19, 2023, from https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrma/article/view/1299

Downloads

Published

2023-12-28

How to Cite

Wahidah, F. N., Rokhmah, A. N., Rismawati, A., Sugiarti, K., Kuswanto, N. M., & Gusti, Y. K. (2023). PENGARUH HARGA, KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 3(4), 1400 –. https://doi.org/10.32477/jrabi.v3i4.865