UPAYA PENINGKATAN KINERJA PEGAWAI PEMUNGUT RETRIBUSI DINAS PERDAGANGAN KOPERASI DAN UKM KABUPATEN MAGELANG
Keywords:
Performance Improvement, Employees, Cooperative and UKM Trade ServiceAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana kinerja pegawai, untuk mengetahui dan menganalisis faktor apa saja yang menyebabkan kinerja belum maksimal, dan untuk mengetahui dan menganalisis upaya apa yang dilakukan untuk meningkatkan Kinerja pegawai pemungut restribusi Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan bersifat deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan untuk mendapatkan data yang dibutuhkan dalam penelitian dilakukan dengan wawancara, dokumentasi, observasi. Untuk menganalisis bagaimana kinerja pegawai pemungut retribusi Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Magelang digunakan analisis deskriptif kualitatif, untuk mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan kinerja pegawai pemungut retribusi Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Magelang belum optimal digunakan analisis deskriptif kualitatif, untuk menganalisis upaya meningkatkan kinerja pegawai pemungut retribusi Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Magelang digunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja pegawai pada Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Magelang menunjukkan hasil baik. Kinerja pegawai Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Magelang belum optimal dikarenakan berkurangnya motivasi pegawai dalam bekerja terlihat dari seringnya datang terlambat, menunda pekerjaan, serta memanfaatkan fasilitas kantor untuk kepentingan pribadi serta adanya keluhan dari berberapa masyarakat pengunjung bahwa lambatnya proses pengurusan administrasi hal ini menunjukkan penurunan kualitas kinerja pegawai Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Magelang, Keterbatasan sarana dan prasarana serta Penguasaan teknologi Industri. Upaya meningkatkan kinerja pegawai Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Magelang adalah menerapkan disiplin kerja Pegawai Sipil Negara, menerapkan sistem target dalam penggajian, pengawasan internal, pengawasan eksternal, menciptakan situasi dan iklim yang kondusif bagi Pegawai Sipil Negara, memberikan insentif dan memberikan kompensasi.
This study aims to find out and analyze how employees perform, to find out and analyze what factors cause performance to not be maximized, and to find out and analyze what efforts are being made to improve the performance of retribution collection employees at the Magelang Regency Cooperative and UKM Trade Office. This research is a qualitative descriptive field research. The method used to obtain the data needed in the research was carried out by interviews, documentation, observation. To analyze how the performance of levy collector employees at the Magelang Regency Cooperative and UKM Trade Office used descriptive qualitative analysis, to find out what factors caused the performance of levy collector employees at the Magelang Regency Cooperative and UKM Trade Office to not optimally used qualitative descriptive analysis, to analyze efforts to improve employee performance The collection of retribution from the Office of Trade, Cooperatives and SMEs in Magelang Regency used qualitative analysis. The results showed that the performance of employees at the Cooperative and UKM Trade Office in Magelang Regency showed good results. The performance of employees of the Magelang Regency Cooperative and UKM Trade Office is not optimal due to reduced employee motivation at work as seen from the frequent arrivals late, delaying work, and using office facilities for personal gain as well as complaints from some community visitors that the slow process of administering administration shows a decrease in quality performance of employees of the Magelang Regency Cooperative and UKM Trade Service, Limited facilities and infrastructure and Mastery of Industrial technology. Efforts to improve the performance of employees of the Magelang Regency Cooperative and UKM Trade Service are implementing work discipline for State Civil Servants, implementing a target system in payroll, internal supervision, external supervision, creating a conducive situation and climate for State Civil Servants, providing incentives and providing compensation.
References
Afandi, P. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Konsep dan Indikator). Riau: Zanafa Publishing.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan, Edisi Revisi, Rhineka Cipta, Yogyakarta.
As’ad, M. 2012. Psikologi Industri. Edisi Ke-empat. Cetakan Keenam. Liberty, Yogyakarta.
Augie Surya Satria dan Liliana Dewi (2018) dengan judul Analisis Cara Meningkatkan Kinerja Karyawan PT. Surya Pranoesa.
Diky Azis dan Budi Rahardjo (2021) dengan judul Peningkatan Kinerja Karyawan Melalui On The Job Training Dan Off The Job Training Dimasa Pandemi Covid-19.
Ghoniyah. 2011. Peningkatan Kinerja Karyawan Melalui Kepemimpinan, Lingkungan Kerja dan Komitmen.
Gibson Ivancevish & Donnelly. 2006. Administrasi Perkantoran Modern, Liberty, Yogyakarta.
Kast dan Ronsenweig, 2005. Manajemen; Mc.Grow Hill Book Company, Singapura.
Mangkunegara. 2019. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mardiasmo. 2012. Mardiasmo, 2002. Otonomi dan Manajemen Keuangan Daerah. Yogyakarta: Andi Offset.
Miles dan Huberman. 2004. Qualitative Data Analysis, A. Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan.
Muslikhah, Enny (2011) dengan judul Upaya Peningkatan Kinerja Karyawan Melalui Motivasi Kerja Pada PT. Sampurna Kuningan Juwana-Kabupaten Pati.
Peraturan Kepala Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2006 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional dan Kantor Pertanahan
Reksohadiprodjo dan Handoko T.H. 2010. Organisasi Perusahaan Teori: Struktur dan Perilaku, Yogyakarta: BPFE.
Rivai, Veithzal. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Robbins, P. Stephen, 2006. Perilaku Organisasi : Edisi Bahasa Indonesia Jilid I & II, PT Prinhalindo, Jakarta.
Simamora, Henry, 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia, STIE YKPN, Jakarta.
Simanjuntak Payaman J. 2020. Manajemen Sumber Daya Manusia dan Evaluasi. Kinerja Edisi ke-3. Jakarta : Lembaga FEUI.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi dan Hariyanto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Wexley dan Yulk. 2011. Perilaku Organisasi dan Psikologi Personalia. Jakarta: Rineka Cipta.
Wibowo. 2020. Manajemen Kinerja. Jakarta: Rajawali Pers.
Wibowo. 2021. Manajemen Kinerja. Edisi 5. Surabaya: Rajawali Pers.
Wirawan. 2019. Evaluasi Kinerja Manejemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba Empat.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sofyan Yulianto, Nur Widiastuti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.