PENGARUH CITRA MEREK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP NIAT BELI ULANG DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

Authors

  • Fridesi Nuraziza Saputri Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha
  • Muhammad Mathori Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha

Keywords:

Brand Image, Service Quality, Repurchase Intention, Customer Satisfaction

Abstract

This study examines the role of customer satisfaction in mediating the relationship between brand image and service quality on the intention to repurchase Olive Fried Chicken. This research is quantitative research. The data obtained in this study were obtained through random sampling data collection methods. The sample in this study was 100 respondents. Statistical analysis in this study used Structural Equation Modeling (SEM) with data analysis method using Partial Least Square (PLS) approach. The results of this study, brand image, and service quality have a positive and significant effect on customer satisfaction; customer satisfaction has a positive and significant impact on repurchase intentions, brand image has a positive and significant impact on repurchase intentions, while service quality has no significant impact on purchase intentions Olive Fried Chicken. Customer satisfaction can mediate the relationship between brand image and repurchase intention and mediate the relationship between service quality and repurchase intention.

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kepuasan pelanggan dalam memediasi hubungan citra merek dan kualitas pelayanan terhadap niat beli ulang Olive Fried Chicken.Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif. Data yang diperoleh dalam penelitian ini diperoleh melalui metode pengumpulan data random sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Analisis statistik dalam penelitian ini menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan metode analisis data menggunakan pendekatan Partial Least Square (PLS). Hasil dari penelitian ini, citra merek dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli ulang, citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli ulang, sedangkan kualitas pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap niat beli Olive Fried Chicken ulang.Kepuasan pelanggan mampu memediasi hubungan antara citra merek dengan niat beli ulang dan memediasi hubungan antara kualitas pelayanan dengan niat beli ulang.

References

Chaeriah, E. S. (2016). Pengaruh Harga, Citra Merek, Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pengguna Smartphone Samsung (Studi Pada Mahasiswa Magister Manajemen UNKRIS). Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 4(3), 1–9.

Chin, W. . (1995). Partial Least Square is to LISREL as an Principal Component Analysis is to Common Factor Analysis (2nd ed.). Technology Studies.

Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen (5th ed.). Semarang: BP UNDIP.

Ghozali, I. (2014). Structural Equation Modeling Metode Alternatif dengan Partial Least Squares (PLS) (4th ed.). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hair, J. F. J., Black, W. C., B.J., B., Anderson, R. ., & Tatham, R. . (2008). Multivariate Data Analysis (6th ed.). New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Kim, C., Galliers, R. D., Shin, N., Ryoo, J. H., & Kim, J. (2012). Factors influencing Internet shopping value and customer repurchase intention. Electronic Commerce Research and Applications, 11(4), 374–387. https://doi.org/10.1016/j.elerap.2012.04.002

Kotler, Philip dan Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran (13th Editi). Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Keller, K. L. (2016). Marketing Management. Dartmouth College, Northwestern University: Pearson.

Lestari, A., & Yulianto, E. (2018). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Mediasi (Survei pada Pelanggan Citra Kendedes Cake & Bakery Jl . S . Hatta B3 Kav. A, Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 54(1), 74–81.

Lucas, D. B., & Britt, S. H. (2012). Measuring Advertising Effectiveness. New York: McGrawHill.

Putra P, I. B. P., & Kusumadewi, N. M. W. (2019). Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Niat Pembelian Ulang Dimediasi Oleh Kepuasan Konsumen. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(8), 4983. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i08.p10

Santoso, J. E. (2016). PENGARUH FOOD QUALITY, SERVICE QUALITY, PRICE PROMOTION, DAN CUSTOMER SATISFACTION TERHADAP REPEAT PURCHASE INTENTION RESTORAN SOLARIA Jeanita Ester Santoso 1. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 53(Nomor 12). Retrieved from https://journal.untar.ac.id/index.php/bm/article/view/736

Sari, M. R., & Lestari, R. (2019). PENGARUH PERSEPSI HARGA, KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN DAN DAMPAKNYA PADA MINAT PEMBELIAN ULANG KONSUMEN KERETAAPI KELAS EKSEKUTIF ARGO PARAHYANGAN. Jurnal Ilmu Manajemen Oikonomia, 15(1), 30–44.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Manajemen. (Setiyawami, Ed.). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: CV Alfabeta.

Tjiptono, F. (2015). Brand management & strategy. Yogyakarta: Andi.

Wicaksono, A., & Nurseto, S. (2018). Tahun Penjualan Rupiah Unit Target Penjualan ( Unit ) Pencapaian Penjualan Laba Bersih. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 8(1), 1–9.

Downloads

Published

2024-01-11

How to Cite

Saputri, F. N., & Mathori, M. (2024). PENGARUH CITRA MEREK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP NIAT BELI ULANG DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. Jurnal Riset Manajemen Akuntansi Indonesia, 2(4), 642 –. Retrieved from https://jurnal.stieww.ac.id/index.php/jrima/article/view/1073