EVALUASI KINERJA ACCOUNT REPRESENTATIVE DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEPATUHAN WAJIB PAJAK DI WILAYAH KECAMATAN MAGELANG SELATAN

Authors

  • Dwika Rastrasila Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha
  • Meidi Syaflan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha
  • Sulastiningsih Sulastiningsih Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha

Keywords:

Account Representative performance, taxpayer compliance

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kinerja Account Representative dalam upaya meningkatkan kepatuhan Wajib Pajakdi wilayah Kecamatan Magelang Selatan.Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data primer diambil secara langsung dari lokasi penelitian melalui wawancara (Indeepth Interview) kepada informan, data sekunder berupa dokumen-dokumen tertulis dari KPP Pratama Magelang, seperti data sekunder tentang struktur organisasi KPP Pratama Magelang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis model interaktif (Interactive Model of Analysis), terdiri dari  reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa belum optimalnya kinerja Account Representative dalam upaya meningkatkan kepatuhan Wajib Pajakdi wilayah Kecamatan Magelang Selatan disebabkan karena database Wajib Pajak yang belum lengkap dan akurat, Tim Satgas belum optimal, Wajib Pajak belum bisa mengisi SPT Tahunan secara mandiri, dan pengetahuan Wajib Pajak tentang kewajiban perpajakan masih kurang. Upaya untuk meningkatkan kepatuhan Wajib Pajak di antaranya dengan pemutakhiran database Wajib Pajak, meningkatkan informasi untuk mengingatkan kewajiban pelaporan SPT Tahunan, melakukan kegiatan pendampingan pengisian SPT Tahunan dengan bekerja sama dengan kelurahan setempat dan meningkatkan sosialiasi dan penerbitan sanksi berupa STP.

This study aims to determine and analyze Account Representative Performance in an effort to increase taxpayer compliance in the Magelang Selatan District area. This type of research is descriptive research with a qualitative approach. Primary data is taken directly from the research location through interviews (Indeepth Interview) to informant, secondary data is in the form of written documents from the Pratama Magelang Tax Service Office, such as secondary data about the organizational structure of the Pratama Magelang Tax Service Office. The data analysis technique used in this study is an interactive model of analysis, consisting of data reduction, data presentation and conclusion drawing. The results showed that Account Representatives performance in the Magelang Selatan District areain an effort to increase taxpayer compliance was due to incomplete and accurate taxpayer databases, the Task Force Team was not optimal, taxpayers could not fill out annual tax returns independently, and Taxpayers' knowledge of tax obligations is still lacking. Efforts to improve taxpayer compliance, including updating the taxpayer database, increasing information to remind the obligation to report the Annual Tax Return, conducting assistance activities in filling out the Annual Tax Return in collaboration with the Urban Village Government and increasing socialization and issuing sanctions.

References

Adriani(2014),Teori Perpajakan. Jakarta: Salemba Empat.

Aini, N(2019),Evaluasi kinerja pegawai untuk mewujudkan pelayanan publik dalam perspektif good governance. Jurnal Inovasi Ilmu Sosial dan Politik (JISoP), 1(1), 43-57.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Armstrong,M. and Baron, A.(1998),Performance management – The New Realities. London: Institute of Personnel and Development.

Handayaningrat,Soewarno(1982),Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan Manajemen. Jakarta : Gunung Agung

Harahap, Sofyan S (2004), Sistem Pengawasan Manajemen. Jakarta: PT Pustaka Quantum

Hutagaol, John(2007),Perpajakan Isu-Isu Kontemporer. Jakarta:Salemba Empat.

Latifah, Iip (2008), Analisis Pengukuran Kinerja AR Terhadap Kepatuhan Wajib PajakPada KPP Perusahaan Masuk Bursa, UIN Syarif Hidayatullah.

Lumentah, J. G., Posumah, J. H., & Ogotan, M. (2015),Evaluasi Kinerja Pegawai Negeri Sipil Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik Di Kantor Camat Tompaso Kabupaten Minahasa. Jurnal Administrasi Publik, 3(031).

Mahmudi(2005),Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta. UPP AMP YKPN

Mangkunegara, Anwar Prabu (2005), Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia, Penerbit Refika Aditama, Bandung.

Mardiasmo (2018), Perpajakan, Edisi Terbaru 2018, Yogyakarta: Andi

Moleong, Lexy J. (2018),Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Rosdakarya.

Pandiangan, Liberti(2008),Modernisasi dan Reformasi Perlayanan Perpajakan Berdasarkan Undang-undang Terbaru. Jakarta: Gramedia.

Rahayu, Sitti Kurnia (2010),Perpajakan Indonesia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Robbins, Stephen(2006),Perilaku Organisasi, Prentice Hall, edisi kesepuluh Sabardini, 2006, Peningkatan Kinerja Melalui Perilaku Kerja Berdasarkan Kecerdasan Emosional, Telaah Bisnis, Vol.7, No.1.

Salam, Dharma Setyawan (2004),Manajemen Pemerintahan Indonesia. Jakarta : Penerbit Djambatan

Sedarmayanti(2009),Sumber Daya manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: CV Mandar Maju.

Simanjuntak, Payaman J. (2005), Manajemen dan Evaluasi Kinerja, Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi UI.

Sudarmanto(2009),Kinerja dan Pengembangan Kompetensi SDM (Teori, Dimensi Pengukuran dan Implementasi dalam Organisasi). Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Sugiyono(2019),Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Alphabeta: Bandung.

Sulistiyani, Ambar Teguh dan Rosidah (2003),Manajemen Sumber Daya Manusia, Graha Ilmu: Yogyakarta.

Wahdi, K (2018),Evaluasi Kinerja Account Representative pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Makassar Utara. Jurnal Aplikasi Manajemen, Ekonomi dan Bisnis, 2(2), 44-58

Wibowo (2007), Manajemen Kinerja. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Widjaja, A.W. (2006), Administrasi Kepegawaian. Jakarta: Rajawali.

Widodo, Joko (2005),Akuntansi Sektor Publik, Edisi Kedua. Penerbit ANDI. Yogyakarta.

Peraturan Menteri Keuangan Nomor 55/PMK.01/2007 tanggal 31 Mei 2007 tentang Organisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal Direktorat Jenderal Pajak

Peraturan Menteri Keuangan Nomor 45/PMK.01/2021 tentang Accout Representative Pada Kantor Pelayanan Pajak

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 46 tahun 2011 tentang Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil

Surat Edaran Direktur Jenderal Pajak Nomor SE-94/PJ/2010 tentang Tata Cara Pelaksanaan Pembinaan, Edukasi, dan Pelayanan Kepada Wajib Pajak Orang Pribadi Baru

Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2009 tentang Perubahan Keempat Atas Undang-Undang Nomor 6 Tahun 1983 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan

Downloads

Published

2025-05-08

How to Cite

Rastrasila, D., Syaflan, M., & Sulastiningsih, S. (2025). EVALUASI KINERJA ACCOUNT REPRESENTATIVE DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEPATUHAN WAJIB PAJAK DI WILAYAH KECAMATAN MAGELANG SELATAN . Jurnal Riset Manajemen Akuntansi Indonesia, 3(2), 211 –. Retrieved from https://jurnal.stieww.ac.id/index.php/jrima/article/view/1185