ANALISIS KINERJA PERAWAT RUANG ISOLASI DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PADA PASIEN
Keywords:
Nurse Performance, Service, PatientAbstract
Hospitals are healthcare institutions providing comprehensive services including inpatient, outpatient, and emergency care, relying on a cadre of medical and non-medical personnel. Quality healthcare services are essential for enhancing public health, necessitating continuous improvement in service standards. Nursing services play a critical role, representing a significant portion of healthcare delivery. The performance evaluation of nurses, based on established standards, is vital for reflecting the overall service quality in hospitals and must be supported by effective management practices. This qualitative descriptive study examines nursing services for patients in the isolation room at RSI Banjarnegara. Utilizing primary data from interviews and secondary data from hospital regulations and observations, it aims to systematically describe patient care and nursing performance.
Rumah sakit merupakan institusi pelayanan kesehatan yang menyediakan layanan komprehensif meliputi rawat inap, rawat jalan, dan gawat darurat, dengan mengandalkan kader tenaga medis dan non medis. Pelayanan kesehatan yang bermutu sangat penting untuk meningkatkan kesehatan masyarakat, sehingga memerlukan peningkatan standar pelayanan secara terus-menerus. Pelayanan keperawatan memegang peranan penting, mewakili sebagian besar dari pemberian pelayanan kesehatan. Evaluasi kinerja perawat, berdasarkan standar yang ditetapkan, sangat penting untuk mencerminkan mutu pelayanan secara keseluruhan di rumah sakit dan harus didukung oleh praktik manajemen yang efektif. Penelitian deskriptif kualitatif ini mengkaji pelayanan keperawatan pada pasien di ruang isolasi RSI Banjarnegara. Dengan memanfaatkan data primer dari wawancara dan data sekunder dari peraturan dan observasi rumah sakit, penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan secara sistematis pelayanan pasien dan kinerja keperawatan.
References
Denim.(2004). Manajemen Kesehatan.http://www.Depkes.co.id.Diakses Pada tanggal 28 Januari 2014.
Fahmi Irham,(2011), Manajemen Kinerja, Alfabeta, Bandung.
Hasmoko Vensi Emanuel. (2008). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Perawat.http://zenam//cat.Diaskes pada tanggal 30 Januari 2014.
Indriana Stiani Didimus, dkk,(2013), Faktor Yang Berhubungan Dengan Kinerja Perawat Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Ibnu Sina Ybw- Umi Makassar, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Hasanuddin, Makassar.
Keputusan Menteri Kesehatan Nomor836/Menkes/SK/VI/2005 tentang Pedoman Pengembangan Manajemen Kinerja Perawat dan Bidan
KemenkesRI.(2002). Standar Tenaga Keprawatan Di Rumah Sakit. Direktorat Pelayanan Keperawatan Direktorat Jenderal Pelayanan Medik Depkes.
Khalid. (2006) Manajemen Keperawatan. http//syair.79.com. diaskes pada tanggal 30 Januari 2014
Nursalam,(2012), Manajemen Keperawatan, Edisi3, Salemba Medika, Jakarta. Nursalam. 2002. Manajemen keperawatan ( Aplikasi Dalam Keperawatan Praktek professional). Edisi 1. Jakarta: Salemba Medika.
Nursalam. (2008). Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pedoman Skripsi, Tesis, dan Instrumen Penelitian. Jakarta: Salemba Medika.
Peraturan Pemerintah Nomor 47 tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Bidang Perumahsakitan.
Peraturan Pemerintah Nomor 50tahun 2012 tentang Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja.
Peraturan Pemerintah Nomor 26 tahun 2019 tentang Praktik Keperawatan Peraturan Meneteri Kesehatan Nomor 129/Menkes/SK/II/2008 tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit
Ruky S Ahmad.(2001). Penjaminan Kualitas Dalam Keperawatan. Cetakan kedua. EGC: Jakarta.
Robbins (2016:260) dalam Bintoro dan Daryanto (2017:107) Manajemen Penilaian Kinerja Karyawan, Penerbit Gaya Media,
Sastroasmoros & Ismaels, 2008. Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Klinis. Jakarta: Sagung Seto.
Soeroso Santoso,(2003), Manajemen Sumber Daya Manusia Di Rumah Sakit,
EdisiI, EGC Kedokteran,Jakarta.
Undang – Undang Nomor 44 tahun 2009 tentang Rumah Sakit Undang – Undang Nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan
Undang–Undang Nomor 38 tahun2014 tentang Keperawatan
Undang – Undang Nomor 1 tahun 1970 tentang K3
Wawan & Dewi, 2010, Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Manusia, Edisi 2, Nuha Medika,Yogyakarta.
Yurisa, Wella. (2008). Etika Penelitian Kesehatan. Riau : University of Riau. Zuhriana,dkk,(2012), Faktor Yang Berhubungan Dengan Kinerja Perawat Di Unit Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah (Rsud) Bula Kabupaten Seram Bagian Timur, Fakultas Kesehatan Masyarakat,Universitas Hasanudin, Makassar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sarwidi Sarwidi, Suci Utami Wikaningtyas

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.