UPAYA PENINGKATAN PROFESIONALITAS GADIK AKMIL GUNA MENDUKUNG PEMBELAJARAN DI AKADEMI MILITER MAGELANG
Keywords:
Improvement, Professional, LearningAbstract
The objectives to be achieved in writing this thesis are to find out the obstacles in the professional development of Gadik Akmil to support learning at the Military Academy and to formulate efforts to improve the professionalism of Gadik Akmil to support learning at the Military Academy.This research is a qualitative, descriptive research supported by data obtained through observation, interviews and involvement with the research object. The qualitative analysis model uses the Miles & Hubberman model. Constraints in improving the professionalism of Gadik Akmil to support learning at the Magelang Military Academy include (1) In the field of education the obstacle is that there are still Gadik who have not been educated according to the provisions so that learning activities become less than optimal, the Magelang Military Academy curriculum that applies at this time is felt to have to continue to adapt to global challenges, the condition of hardware and software at the Magelang Military Academy needs to be updated, the weak level of coordination and integration between institutions responsible for education, the influence of globalization is unavoidable, the limited institutional financial budget, (2) the field of research is constrained by the limited opportunity to submit proposals that can be approved, (3) The field of community service is constrained by cultural diversity from the local community or implementers, lack of consistency, evaluation and feedback from program implementers. Efforts to increase the professionalism of Gadik Akmil to support learning at the Magelang Military Academy include (1) increasing the motivation of Magelang Akmil girls/lecturers in the implementation of the Integrated Tridharma, (2) increasing the integration of the implementation of the Tridharma with the output of higher education goals both integration of education with research, integration education with community service as well as integration of research with community service, (3) Increasing Monitoring and Evaluation of the Implementation of the Tridharma.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penulisan tesis ini adalah untuk mengetahui kendala dalam peningkatan profesional Gadik Akmil guna mendukung pembelajaran di Akademi Militer dan untuk merumuskan upaya peningkatan profesional Gadik Akmil guna mendukung pembelajaran di Akademi Militer. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, deskriptif didukung dengan data yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan keterlibatan dengan objek penelitian. Model analisis kualitatif menggunakan model Miles & Hubberman. Kendala dalam peningkatan profesional Gadik Akmil guna mendukung pembelajaran di Akademi Militer Magelang antara lain (1) Bidang pendidikan kendalanya masih ada Gadik yang belum berpendidikan sesuai dengan ketentuan sehingga kegiatan pembelajaran menjadi kurang optimal, kurikulum Akmil Magelang yang berlaku pada saat ini dirasa harus terus beradaptasi dengan tantangan global, kondisi perangkat keras dan lunak di Akmil Magelang perlu diperbaharui, lemahnya tingkat koordinasi dan keterpaduan antar lembaga yang bertanggung jawab dalam dunia pendidikan, pengaruh globalisasi yang tidak dapat dihindarkan, Terbatasnya anggaran keuangan institusi, (2) Bidang penelitian kendalanya keterbatasan memperoleh kesempatan mengajukan proposal yang dapat disetujui, (3) Bidang pengabdian pada masyarakat kendalanya keragaman budaya dari masyarakat setempat ataupun para pelaksana, kurangnya konsistensi, evaluasi dan umpan balik dari pelaksana program.Upaya peningkatan profesional Gadik Akmil guna mendukung pembelajaran di Akademi Militer Magelang antara lain dengan (1) meningkatkan motivasi gadik/dosen Akmil Magelang dalam pelaksanaan Tridharma Terpadu, (2) meningkatkan integrasi pelaksanaan Tridharma dengan output tujuan pendidikan perguruan tinggi baik integrasi pendidikan dengan penelitian, integrasi pendidikan dengan pengabdian masyarakat serta integrasi penelitian dengan pengabdian masyarakat, (3) Lebih meningkatkan Monitoring Dan Evaluasi Pelaksanaan Tridharma.
References
Akhmad Sudrajat, (2012), Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik dan, Model Pembelajaran, Bandung : Sinar Baru Algensindo
Alex Sobur, (2001),Etika Pers Profesionalisme Dengan Nurani, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Angayank, (2010), Guru sebagai Agen Pembelajaran, http://www,slideshare,net, tanggal akses 12 Mei 2023
Anwar, M.Z., (2016). Sinergi Pengetahuan, Kebijakan, dan Pembangunan: Pengalaman Riset-Aksi Institute for Research and Empowerment (IRE) [makalah] Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Aunurrahman, (2016), Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Alfabeta
Baharuddin dan Esa Nur Wahyuni, (2009), Teori Belajar dan Pembelajaran, Jogjakarta:Ar-ruzz Media
Djamarah, (2004),Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru, Surabaya: Usaha Nasional
Fattah, Nanang, (2011), Landasan Manajemen Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya
Fauzi, Anis (2013) Manajemen Peningkatan Profesionalisme Dosen. Jurnal UIN Banten, FTK Banten Press, Serang
Heni Purwati (2018), Meningkatkan Kompetensi Dan Profesionalisme Dosen Melalui Lesson Study, Jurnal Matematika FPMIPA IKIP PGRI Semarang
Hosni, Irham (2003), Pembelajaran Adaptif Anak Luar Biasa, Jakarta: Digubernurat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional
https://www.akmil.ac.id/ tanggal akses 17 Mei 2023
Indriantoro, Nur, Bambang Supono, (2013),Metodologi Penelitian Bisnis untuk. Akuntansi dan Manajemen, Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.
Jamil Suprihatiningrum, (2016), Strategi Pembelajaran, Yogyakarta: Ar-ruzz Media
Keputusan Kepala Staf Angkatan Darat Nomor Kep/686/IX/2015 tanggal 18 September 2015 tentang Buku Petunjuk Teknis Tentang Tenaga Pendidik
Lubis, S. (2008),Manajemen Perguruan Tinggi, Edisi Revisi, Jakarta: Prenada Media Grup.
Meimulyani, Yani dan Asep Tiswara, (2013), Pendidikan Jasmani Adaptif Bagi Anak Berkebutuhan Khusus, Jakarta: Luxima
Melinda, S, E, (2013), Pembelajaran Adaptif Bagi Anak Berkebutuhan Khusus, Jakarta: Luxima
Muhammad Fadhil Al Jamali, (2005),Pendidikan Islam, Jakarta: Pustaka Al-Kautsar
Muhardi, (2000),Keterpaduan Unsur Lembaga, Dosen dan Mahasiswa Pada Perguruan Tinggi, Mimbar Jurnal Sosial dan Pembangunan Volume 16 No.1 Tahun 2000.
Mu’min, (2016), Analisis Konsep Guru Mismatch (Studi Kasus di MI Se-Kecamatan Gembong Kabupaten Pati), Kudus: STAIN
Mutia Apriati, (2015), Peranan Guru dalam Pembelajaran Terhadap hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Makassar, Makasar: FIS,UNM
Natawijaya, Ahmad Sanusi dan Rochman (1991), Studi Pengembangan Model Pendidikan, IKIP Bandung.
Nur Indrianto dan Bambang Supono, (2013), Metodologi Penelitian Bisnis untuk, Akuntansi dan Manajemen, Yogyakarta: BPFE
Oemar Hamalik, (2001), Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara
Peraturan Pemerintah No.16 Tahun 2007 tentang Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru
Peraturan Pemerintah No. 4 Tahun 2022 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi
PeraturanBAN-PT Nomor 1 Tahun 2022tentang Mekanisme Akreditasi
Poltak Sinambela, Lijan, (2017), Profesionalisme Dosen dan Kuallitas Pendidikan Tinggi, Jurnal Populis, ISSN 2338-4409, 2 (4)
Rasto, (2006), Pengaruh Kompetensi, Motivasi, dan Budaya OrganisasiTerhadap Kinerja Mengajar Guru (Penelitian Pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri Rumpun Bisnis dan Manajemen di Kota Bandung), Bandung: Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia
Sardiman, (2001), Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Raja Grafindo Persada
Sudjana, Nana & Ahmad Rivai, (2011), Media Pengajaran, Bandung: CV Sinar Baru Algensindo
Sugiyono, (2017), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta
Soedijarto, (2008), Evaluasi Hasil Belajar, Surakarta: Pustaka Pelajar,
Sudarwan Danim, (2011), Pengembangan Profesi Guru, Bandung:Alfabeta
Supriadi, (2015), Pemanfaatan Sumber Belajar dalam Proses Pembelajaran, Lantanida Journal, Vol. 3, No. 2
Surata, S.P.K., Arnawa, I.K., Widnyana, I.K., et al. (Juli 2014). Implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi Secara Terpadu Melalui Elaborasi Konsep Perampian Pura Kehen Bangli-Bali. Majalah Aplikasi Ipteks NGAYAH: Volume 5, Nomor 1, Juli 2014.
Tanri Abeng, (2006), Profesi Manajemen, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Umar, Husein,(2013), Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis, Jakarta: Rajawali
Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas)
Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi dan penilaian dari Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN PT)
Undang-Undang Republik Indonesia No, 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Undang-undang Republik Indonesia No, 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
Wina Sanjaya, (2008), Strategi Pembelajaran Berorintasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana Persada Media Group
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Diah Novita Ariani, Nur Widiastuti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.