ANALISIS PENGARUH LOKASI, PERSEPSI HARGA, VARIASI BARANG DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

(Studi pada Toko Feny Indragiri Hilir)

Authors

  • Indung Haryanto Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha
  • Muhammad Mathori Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha

Keywords:

Location, Price Perception, Variety of Goods, Service Quality, Customer Loyalty, Customer Satisfaction

Abstract

This study aims to analyze the influence of location, price perception, variety of goods and service quality on customer loyalty through customer satisfaction as an intervening variable at Feny Indragiri Hilir Store. The data in this study used questionnaires distributed to all Feny Store customers totaling 160 people so that the technique used was saturated sampling because the entire population was used as a sample. Data testing in this study used the smart pls 4 application with inner model testing (convergent validity, discriminant validity, composite reliability), outer model and hypothesis testing. The results of this study indicate that all variables, namely location, price perception, variety of goods and service quality have a positive and significant effect on customer loyalty and customer satisfaction. The customer satisfaction variable also acts as a mediator in the influence of location, price perception, variety of goods and service quality on customer loyalty.

References

Akhmad. J. (2020). Metodologi Penelitian Bisnis. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu

Amir, M. Taufik. (2005). Dinamika Pemasaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Engel. James.F.Roger. D.Black Well And Paul.W.Miniard, (1995). Perilaku Konsumen. Jakarta : Bina Rupa Aksara.

Ghozali, I. (2023). Partial Least Square Smart PLS 4.0. Semarang : Yoga Pratama.

Hapsari. F. (2022). Pengaruh Harga, Lokasi, Pelayanan, Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Toko Kelontong Berkat Dwiyanti Di Jalan Abimanyu Raya). Skripsi, Universitas Semarang, Semarang.

Hasan, Ali. (2014). Marketing. Edisi Baru. Yogyakarta: Media Presindo

Hurriyati. R. (2015). Bauran Pemasaran, Cetakan ke-4. Bandung : Alfabeta

Husein, A. S. (2022). Penelitian Bisnis dan Manajemen Menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan smartPLS 4.0. Universitas Brawijaya.

Irawan, Handi, (2008). Membedah strategi Kepuasan pelanggan. Cetakan pertama. Jakarta: PT Gramedia

Kasmir. (2009). Kewirausahaan. Jakarta:Raja Grafindo Persada.

Kotler, Kevin Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Jakarta : Erlangga.

Kotler, P. (2000), Marketing Management. Edisi Milenium, Prentice Hall Intl, Inc New Jersey.

Kotler, P. (2000). Marketing management: The millennium edition (Vol. 10). Upper Saddle River, NJ: Prentice Hall.

Kotler, P.& Armstrong. (2001). Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi Ke-12 Jilid 1. Jakarta : Erlangga.

Kotler, P.& Armstrong. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1. Jakarta : Erlangga.

Kotler, Philip and Gary Armstrong. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1.Terjemahan Bob Sabran.Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip & Keller, K. L. (2008). Manajemen Pemasaran. Edisi ke 13. Jakarta:Erlangga.

Kotler, Philip and Gary Armstrong. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1. Jakarta : Erlangga.

Kotler, Philip dan Amstrong, Gary. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13.Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management. Harlow Pearson Education.

Kotler, Philip & Keller, K. L. (2008). Manajemen Pemasaran. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip. (2003). Manajemen Pemasaran di Indonesia, Jakarta : Salemba Empat

Moenir, H. (1995). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Nasution, M. Nur. (2004). “ Manajemen Jasa Terpadu”. Bogor: Ghalia Indonesia

Oktaviani. A. Septiani. S. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Variasi Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Toko Kelontong. Jurnal Ekonomi dan Keuangan Syariah, No. 5 Jiid 1, h. 32-43

Oliver, R. L. (2010). Satisfaction: A Behavioral Perpective on The Customer. New York: McGraw-Hill.

Pawarti. G. Ngatno. Hadi. S. P. (2022). Pengaruh Variasi Produk terhadap Pembelian Ulang dengan Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus pada Konsumen Supermaket Toko Pomo Boyolali). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, No.1 jilid 11, h.1-8

Peter, J Paul. (2000), Consumer Behaviour : Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran, Edisi 4, Jilid 2, Jakarta : Erlangga,

Prasadaty, M. G. (2022). Pengaruh keragaman produk dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan pelanggan sebagai variable mediasi di Alfamidi (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Pujiantoro, T. I. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Loyalitas Nasabah Melalui Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus KSPPS SM NU Pekalongan Cabang Buaran) (Doctoral dissertation, UIN. KH Abdurrahman Wahid Pekalongan).

Putra. S. A dan Darmastuti. I. (2013), Analisis Pengaruh Lokasi, Persepsi Harga Dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Toko Sari Kaligawe, Semarang (Studi Pada Toko Sari Kaligawe, Semarang) Diponegoro Journal Of Management, No. 2 Jilid 3, h. 1-11

Raharjani, J. (2005). Analisa Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pemilihan Pasar Swalayan Sebagai Tempat Berbelanja (Studi Kasus Pada Pasar Swalayan Di Kawasan Seputar Simpang Lima Semarang), Jurnal Studi Manajemen Dan Organisasi. Universitas Diponegoro Semarang.

Ratih Hurriyati. (2015). Bauran Pemasaran, Cetakan ke-4, Bandung : Alfabeta.

Sangadji, Mamang, E. and Sopiah. (2013) Perilaku Konsumen – Pendekatan Praktis disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta : Andi.

Sari, N. P., & Budiatmo, A. (2019). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pelanggan Indihome PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk.(Persero) Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 8(4), 200-209.

Sekaran, Uma. (2006). Metodologi Penelitian untuk Bisnis. Edisi 4. Buku 1. Jakarta: Salemba Empat.

Silalahi, A. (2021). Pengaruh Variasi Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Klinik Kecantikan Naavagreen Natural Skin Care Batam (Doctoral dissertation, Prodi Manajemen).

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2014). Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta

Sulistiyo. R. (2015), Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Persepsi Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Mediasi (Studi Kasus Konsumen Indomaret Babarsari Yogyakarta). Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2012). Service, quality & satisfaction (3rd ed.). Yogyakarta: AndiOffset.

Tjiptono, Fandy. (2004). Strategi Pemasaran.Edisi Satu. Yogyakarta: Andi Offset

Tjiptono, Fandy. (2005). Strategi pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.

Fandy, Tjiptono, (2006), Manajemen Jasa. Edisi Kedua. Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono, Fandy. (2012). Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi Offset

Tjiptono. Fandy. (2014). Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan, Penelitian). Yogyakarta : Andi Offset

Tjiptono, Fandy. (2014). Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia.

Tjiptono, Fandy. (2015). Strategi Pemasaran Edisi Keempat, Yogyakarta: Andi Yogyakarta

Ulfa, S. (2018). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah dengan kepuasan nasabah sebaghai variabel intervening (studi kasus pada PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Petisah) (Doctoral dissertation Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Umar, Husein. (2005). Study Kelayakan Bisnis. Edisi Ketiga. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Umar, Husein. (2003). Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Widianto,A., Samsuri, A., Hariyanti, S (2023), Strategi Variasi Produk dalam Mengembangkan Usaha Kedai Kopi. Jurnal Studi Ekonomi Syariah, No. 2 Jilid 7, h. 91-104

Wisnalmawati (2005), Pengaruh Persepsi Dimensi Kualitas Layanan Terhadap Niatpembelian Ulang. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, No. 3 Jilid 10 2005, h. 153- 165.

Downloads

Published

2025-08-06

How to Cite

Haryanto, I., & Mathori, M. (2025). ANALISIS PENGARUH LOKASI, PERSEPSI HARGA, VARIASI BARANG DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING : (Studi pada Toko Feny Indragiri Hilir). Jurnal Riset Manajemen Akuntansi Indonesia, 3(3), 489 – 516. Retrieved from https://jurnal.stieww.ac.id/index.php/jrima/article/view/1219