PENGARUH KOMPONEN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LAYANAN TELEKOMUNIKASI INDIHOME DI KOTA YOGYAKARTA

Authors

  • Anisa Uli Maslakhah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha
  • Yunita Fitri Wahyuningtyas Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha

Keywords:

Brand Image., Corporate Image., User Image., Product Image and Purchasing Decisions.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Brand Image secara parsial maupun simultan serta untuk mengetahui variabel yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian pada layanan telekomunikasi IndiHome. Variabel independen dalam penelitian ini adalah Citra Pembuat (X1), Citra Pemakai (X2), dan Citra Produk (X3). Sedangkan variabel dependen adalah Keputusan Pembelian (Y).

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan kausalitas. Pada penelitian ini populasi adalah konsumen yang menggunakan layanan telekomunikasi IndiHome. Dan penelitian ini menggunakan 100 responden sebagai sampel penelitian. Dalam menganalisis data menggunakan regresi linier berganda, uji t, uji F, dan uji koefisien determinasi. Berdasarkan hasil uji parsial (uji t) diketahui Citra Pembuat berpengaruh signifikan pada keputusan pembelian dengan nilai sig. 0,005 kurang dari 0,05 maka, citra pembuat berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian produk layanan telekomunikasi IndiHome. Citra Pemakai berpengaruh signifikan pada keputusan pembelian dengan nilai sig. 0,007 kurang dari 0,05 maka, citra pemakai berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian produk layanan telekomunikasi IndiHome. Citra Produk berpengaruh signifikan pada keputusan pembelian dengan nilai sig. 0,004 kurang dari 0,05 maka, citra produk berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian produk layanan telekomunikasi IndiHome. Sedangkan untuk hasil dari uji simultan (uji F) pada penelitian ini menunjukkan nilai sig F adalah sebesar 0,000 kurang dari 0,05 yang berarti bahwa citra merek yang terdiri dari citra pembuat, citra pemakai dan citra produk secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Nilai Adjusted R Square pada penelitian ini adalah sebesar 0,309. Hal ini berarti bahwa sebesar 30,9% keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh ketiga variabel independen yaitu Citra Pembuat (X1), Citra Pemakai (X2), dan Citra Produk (X3). Sedangkan sisanya sebesar 69,1% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

The Purpose of this study is to identify the impact of the brand image both partial and simultaneous and to identify the variables that have a dominant impact on purchasing decisions in the IndiHome telecommunication services. The independent variables in this study are the corporate image (X1), user image (X2), and product image (X3). Whereas the dependent variable is purchasing decision (Y). The study employed quantitative research methods with descriptive and causality research. In this study the population is a consumer that uses the indihome telecommunication services. And this study uses 100 respondents as research samples. In analyzing data using linear regressions, t tests, F tests, and determinative coefficients. According to partial testing (t), the corporate image has a significant impact on the decision of the purchase with a significant value of 0,005 less than 0,05 then, the corporate image has a partial influence on the decision to purchase the IndiHome telecommunication services. User image has a significant effect on the purchase decision with a significant value of 0,007 less than 0,05 then, the user image has a partially influential on the purchase of purchase of IndiHome’s telecommunication services products. The product image has a significant value of 0,004 less than 0,05 then, the product image has a partially influential on the decision of purchasing the product of the indihome entrance. As for the results of the simultaneous test (test F) in this study showed significant value of F is 0,000 less than 0,05 which means that brand image consisting of corporate image, user image, and product image together have a significant effect on purchasing decision. Adjusted R Square value on this study is 0,309. This means that 30,9 % of purchase decision can be explained by all three independent variables of corporate image (X1), user image (X2), and product image (X3). The rest of the 69,1 % was affected by other unexamined variables in the study.

References

......................, (2020, Oktober 13). Teori Lengkap Tentang Citra Merek Menurut Para Ahli dan Contoh Tesis Citra Merek. Retrieved from ID. Tesis.

....................., (2017). Profil Perusahaan PT. Telkom Indonesia (INDIHOME). Retrieved from http://www.telkom.co.id/visi-misi-dan-tujuan.

Assery, S., Tjahjono, H., & Palupi, M. (2015). Perencanaan Sumberdaya Manusia Untuk Mencapai Keunggulan Bersaing Perusahaan. Jurnal Manajemen Bisnis, 6(2), 419-428. Retrieved from https://journal.umy.ac.id/index.php/mb/article/view/3740

Astuti, Nurul. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Helm. Manajemen Pemasaran.

Alfian, B. (2012). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Mobil Toyota Kijang Inova Pada PT. HadJI Kalla Cabang Polman. Fakultas Ekonomi dan BIsnis .

Alma, B. (2013). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Chairul Saleh, Syeh Assery and Nur Rachman Dzakiyullah, 2018. Supply Chain: Partnership, Capability and Performance (A Case Study on Service Companies at Yogyakarta Indonesia). Journal of Engineering and Applied Sciences, 13: 5391-5394. doi:https://doi.org/10.36478/jeasci.2018.5391.5394

Chairul Saleh, Syeh Assery, Sabihaini and Sri Suryaningsum, 2017. Supply Chain Management in Service Companies (Case Study in Indonesia). Journal of Engineering and Applied Sciences, 12: 3858-3860. doi:https://doi.org/10.36478/jeasci.2017.3858.3860

Dani, Wardhana. (2010). Pengaruh Brand Image dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Telkom Speedy di Kota Bandung.

Darwis, E. G. (2017). Pengaruh Brand Image Dan Harga Terhadap Keputusan. Sarjana Ekonomi Jurusan Manajemen pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

Ependi, Ricky. (2019). Pengaruh Gaya Hidup, Kualitas Produk, Harga, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sepatu Futsal Specs. Manajemen Pemasaran.

Firdaus, R. S. (2019). Pengaruh kualitas Produk, Harga, Citra Merek dan Promosi pada Keputusan PembelianProduk Kosmetik PT. Natural Nusantara Melalui Media Sosial. Manajemen Pemasaran.

Hestanto. (2017). Keputusan Pembelian. Retrieved from Manajemen Bisnis.

Huda, N. (2012). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis.

Junaidi. (2010). Tabel R, T, Dan F. http://junaidichaniago.wordpress.com

Kotler, P. &. (2008). Prinsip-prinsip pemasaran. B. S. Alih bahasa : Adi Maulana, Jilid 1. Edisi 12. Jakarta: Prenhalindo.

Kotler, p. (2005). Manajemen Pemasaran. jilid 1,edisi ke sebelas. Jakarta: Erlangga.

Kurniawan, K. (2020). 5 Pengertian Merek Menurut Ahli : Apa Itu Merek?. Projasa web.

Musay, F. P. (2015). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian. Fakultas Ilmu Administrasi.

Nazir, M. (2009). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Novitasari, D. (2017). Pengaruh Corporate Image, User Image, Dan Product Image Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Di Bank Bri Syariah Kantor Cabang Pembantu Ungaran. Program Studi Perbankan Syariah.

Novitasari, D., Laksmi Riani, A., Suyono, J., & Harsono, M. (2020). Organizational Context on Workplace Incivility and Turnover Intention. WSEAS TRANSACTIONS ON BUSINESS AND ECONOMICS, 17, 387–396. https://doi.org/10.37394/23207.2020.17.38

Novitasari, D., Riani, A. L., Suyono, J., & Harsono, M. (2021). The moderation role of ethical leadership on organisational justice, professional commitment, and organisational citizenship behaviour among academicians. International Journal of Work Organisation and Emotion, 12(4). https://doi.org/10.1504/IJWOE.2021.120718

Prasetya, E. G., Yulianto, E., & Sunarti. (2018). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 62 No. 2, 214-221.

Priyastiwi, P., Sriwidharmanely, S., & Fatjriyati, K. (2020). Can the Ethical Orientation Mitigate the Manager’s Earnings Management?. Journal of Accounting and Investment, 1(3), 417-433. doi:https://doi.org/10.18196/jai.2103157

Raharjo, Sahid. (2019). Uji Instrumen SPSS. SPSS Indonesia. http://www.spssindonesia.com

Rangkuti, F. (2004). The power of brand ; teknik mengelola brand equity dan strategi pegembangan merek + analisis kasus dengan SPSS. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Ridwan. (2002). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Romadhoni, M. (2015). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Sepatu Nike Pada Mahasiswa FIK UNY.

Soim, F. M., Suharyono, & Abdillah, Y. (2016). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian., 146-153.

Subandi, S., & Hamid, M. S. (2021). STUDENT SATISFACTION, LOYALTY, AND MOTIVATION AS OBSERVED FROM THE SERVICE QUALITY. Journal of Management and Islamic Finance, 1(1). https://doi.org/10.22515/jmif.v1i1.3552

Sugiyono. (2008). Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suhartono, S., Sulastiningsih, S., Chasanah, U., Widiastuti, N. and Purwanto, W. (2023) “The Relationship of Leadership, Discipline, Satisfaction, and Performance: A Case Study of Steel Manufacture in Indonesia”, International Journal of Professional Business Review. São Paulo (SP), 8(2), p. e01146. doi: 10.26668/businessreview/2023.v8i2.1146.

Swastha B, d. T. (2008). Manajemen Pemasaran. Analisis Perilaku Konsumen (Cetakan Keempat). Yogyakarta: BPFE.

Syeh Assery, Heru Kurnianto Tjahjono, Achmad Sobirin and Arif Hartono, 2017. Managing Conflict in the Supply Chain (Case Study: Telecommunication Company in Indonesia). Journal of Engineering and Applied Sciences, 12: 5433-5436. doi:https://doi.org/5433-5436.10.36478/jeasci.2017.5433.5436

Umar, Husein. (2003). Metodologi Penelitian : Aplikasi dalam Pemasaran. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Ummah, M., & Sastika, W. (2016). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Cafe Lawang Wangi. e-Proceeding of Applied Science, Vol.2, No.2, 501-509.

Utari, D. D. (2016). Pengaruh Brand Image Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Indihome. Jurusan Manajemen.

Wikaningtyas, S. U., Tjahjono, H. K., & Suprihanto, J. (2023). Turnover Intention Model: Self -Determination Theory Approach. Quality - Access to Success, 24(194). https://doi.org/10.47750/QAS/24.194.20

Wiradmoko, Chandra. (2018). Analisis Pengaruh Citra Merek Dan Persepsi Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian Paket Data Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian Paket Data Simpati. Manajemen.

Downloads

Published

2023-01-01

How to Cite

Maslakhah, A. U., & Wahyuningtyas, Y. F. (2023). PENGARUH KOMPONEN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LAYANAN TELEKOMUNIKASI INDIHOME DI KOTA YOGYAKARTA. Jurnal Riset Manajemen Akuntansi Indonesia, 1(1), 171–195. Retrieved from https://jurnal.stieww.ac.id/index.php/jrima/article/view/666