EFEKTIVITAS PENDIDIKAN DAN PELATIHAN DALAM MENINGKATKAN KINERJA PENGELOLA KEUANGAN BERDASARKAN IKPA PADA LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS IIB WONOSARI
DOI:
https://doi.org/10.32477/jrima.v1i3.743Keywords:
Education, Training, Performance, Financial Management, EffectivenessAbstract
Penelitian ini didasarkan pada fenomena rendahnya kinerja pengelola keuangan pada Lapas Kelas IIB Wonosari dibuktikan dengan rendahnya nilai Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) Tahun 2021. Untuk meningkatkan kinerja pengelola keuangan maka dilakukan pendidikan dan pelatihan. Fokus penelitian ini adalah efektivitas pendidikan dan pelatihan dalam meningkatkan kinerja pengelola keuangan berdasarkan IKPA pada Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Wonosari. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan dan pelatihan yang diikuti oleh pengelola keuangan pada Lapas Kelas IIB Wonosari sudah efektif, dilihat dari hasil evaluasi setelah pendidikan dan pelatihan yaitu terjadi perubahan sikap dan perilaku pada diri pegawai dalam menyelesaikan pekerjaannya jauh lebih baik daripada sebelum mengikuti pendidikan dan pelatihan dan kinerja pegawai juga meningkat dari sebelum mengikuti pendidikan dan pelatihan. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan nilai IKPA Lapas Kelas IIB Wonosari pada Tahun 2022.
This research is based on the phenomenon of the low performance of financial managers at Class IIB Wonosari Prison as evidenced by the low value of the 2021 Budget Implementation Performance Indicator (IKPA). To improve the performance of financial managers, education and training are carried out. The focus of this research is the effectiveness of education and training in improving the performance of financial managers based on IKPA in Class IIB Penitentiary in Wonosari. The results of this study indicate that the education and training attended by financial managers at Class IIB Wonosari Lapas has been effective, seen from the results of the evaluation after education and training, namely changes in attitudes and behavior of employees in completing their work much better than before attending education and training and employee performance has also increased from before attending education and training. This is evidenced by the increase in the IKPA Class IIB Wonosari Prison in 2022.
References
Aan Komariah, Djam’an Satori. 2014 Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.
Akhmad, Jazuli. 2020. Metodologi Penelitian Bisnis. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu
Alex S. Nitisemito 2014. Manajemen Personalia: Manajemen Sumber Daya Manusia, Ed. 3, Jakarta: Ghalia Indonesia.
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Gomes, Faustino Cardoso. (2011) Managemen Sumber Daya Manusia. Edisi I. Yogyakarta, Andi Offset.
J.R, Raco. (2013). Metode Penelitian Kualitatif Jenis Karakteristik dan Keunggulannya. Jakarta : Grasindo.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis; A Methods Sourcebook. Arizona State: SAGE.
Moleong, Lexy. 2017. Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Jakarta: Remaja
Rosda Karya.
Nasution, S. 2012. Metode Research (Penelitian Ilmiah). Edisi 1. Cetakan Ketiga Belas. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Rivai, Veithzal. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan: Dari Teori ke Praktik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sedarmayati, 2017.Manajemen Sumber Daya Manusia, Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Bandung: PT Refika Aditama
Singarimbun, Masri dan Sofian Effendi.2015. Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES
Sugiyono, 2018, Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif, R&D, Alfabeta Batndung
Umi Narimawati, Jonathan Sarwono, Dadang Munandar, Marlina Budhiningtyas (2020). Metode Penelitian Dalam Implementasi Ragam Analisis: Bandung: Andi
Sumber-sumber lain :
Peraturan Pemerintah No.101 Tahun 2000 tentang Pelatihan dan Pendidikan Pegawai Negeri Sipil
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Wuri Widiyanti, Jazuli Akhmad

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.