UPAYA PENINGKATAN KINERJA PETUGAS E-MARKETING DESA WISATA DI KABUPATEN TEMANGGUNG

Authors

  • Revina Dian Ramadhani Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha
  • Syeh Assery Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha

DOI:

https://doi.org/10.32477/jrima.v1i3.744

Keywords:

performance improvements, e-marketing, tourism village promotion

Abstract

Kabupaten Temanggung merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang memiliki keindahan alam yang indah. Selain keindahan alam yang indah Pemerintah Kabupaten Temanggung juga befokus kepada pengembanagan desa wisata. Beberapa desa wisata tersebut cukup dikenal baik secara nasional. Namun demikian, masih terdapat beberapa desa wisata yang belum banyak dikunjungi wisatawan, hal tersebut diakibatkan oleh kurangnya promosi yang dilakukan oleh petugas desa wisata setempat. Keterbatasan kompetensi petugas menjadi salah satu penyebab pemasaran yang dilakukan tidak maksimal. Di sisi lain, perkembangan teknologi menuju era digital seharusnya semakin memudahkan upaya pemasaran desa wisara karena kemudahan akses dan jangkauan luar melalui media online. Berdasarkan kondisi tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengidetifikasi kendala yang dihadapi oleh petugas e-marketing desa wisata di Kabupaten Temanggung dalam upaya untuk memasarkan desa wisata khususnya dengan penggunaan sosial media yang tersedia. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Narasumber sebanyak 3 orang, sumber data terdiri dari data primer dan sekunder yang diperoleh dari teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa petugas e-marketing desa wisata Kabupaten Temanggung memiliki kendala dalam melakukan pemasaran. Penelitian ini menyimpulkan bahwa petugas e-marketing Desa Wisata Kabupaten Temanggung memiliki kendala dalam melakukan kegiatan pemasaran. Berlandaskan kesimpulan pada penelitian ini diharapkan salah satu acuan penyusunan penguatan kinerja petugas e-marketing Desa Wisata Kabupaten Temanggung dengan melaksanakan beberapa pelatihan. Dengan demikian, diharapkan kunjungan wisatawan di Desa Wisata akan meningkat.

Temanggung regency is one of the regencies in Central Java which has beautiful nature. In additional to beautiful nature, thr government of Temanggung Regency also focusing in development of village tourism. Some of these tourism village are well known nationally. However there are still other tourist village thah have not been visited by many tourism due to the lack of promotional carried by the local tourism village officers. Limited competency of officer is one of the cause of the lack of promotional efforts undertaken. On the other hand, technological developments towards the digital era should make tourism marketing efforts casier because of the case of access and wide reach through digital online media. Based on these conditions, this research to identify the obstacles faces by e-marketing village tourism officers in Temanggung Regency in an effort to market tourism village, especially by using sosial media. This research was conducted with a qualitative descriptive method. The informants who were interviewes ware 3 people, data sources consist of primary and secondary data obtained from data collection techniques by counducting observations, interviews, and documentation. This study concluds that the tourism village e-marketing officer in Temanggung Regency has problem in conducting marketing. Based in these conclusions, this research hoped that one of the references for strengthening the performance of e-marketing officers in the tourism village og Temanggung Regency is by do some training. Thus, it is hoped that tourism visits to the tourism village will increase.

References

Abidin, J., Fedrina, R., & Agustin, R. (2022). Penguatan Kelembagaan Desa Wisata melalui Promosi Digital Marketing di Desa Cisaat, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang. Jurnal Abdimas Pariwisata, 3(1), 1-10.

Arikunto, Suharsini. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Assery, S., Tjahjono, H., & Palupi, M. (2015). Perencanaan Sumberdaya Manusia Untuk Mencapai Keunggulan Bersaing Perusahaan. Jurnal Manajemen Bisnis, 6(2), 419-428. Retrieved from https://journal.umy.ac.id/index.php/mb/article/view/3740

Bambang, B. (2020). Strategi Optimalisasi Pemanfaatan E-Marketing Dalam Pemasaran Desa Wisata Karangsalam.

Chairul Saleh, Syeh Assery and Nur Rachman Dzakiyullah, 2018. Supply Chain: Partnership, Capability and Performance (A Case Study on Service Companies at Yogyakarta Indonesia). Journal of Engineering and Applied Sciences, 13: 5391-5394. doi:https://doi.org/10.36478/jeasci.2018.5391.5394

Chairul Saleh, Syeh Assery, Sabihaini and Sri Suryaningsum, 2017. Supply Chain Management in Service Companies (Case Study in Indonesia). Journal of Engineering and Applied Sciences, 12: 3858-3860. doi:https://doi.org/10.36478/jeasci.2017.3858.3860

Creswell, J. W. (2013). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches (3rd ed.). California, Thousand Oaks: Sage Publication.

Edison, Emron., dkk. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta.

Henneberry, R. (2020). The Unlimate Guide to Digital Marketing. Digital Marketer. https://www.digitalmarketer.com/digital-marketing/

Ilyas, Yaslis. (2002). Kinerja Teori Penelitian dan Penelitian. Edisi Revisi. Jakarta: Fekom UI.

Jogiyanto Hartono, M. (Ed.). (2018). Metoda Pengumpulan dan Teknik Analisis Data. Penerbit Andi.

Kotler, Philips. (2016). Manajemen Pemasaran. Edisi 8. Jilih I. Jakarta: Erlangga.

Kurnianti, A. W. (2018). Strategi komunikasi pemasaran digital sebagai penggerak desa wisata kabupaten wonosobo provinsi jawa tengah. Jurnal Riset Komunikasi, 1(1), 180-190.

Mangkunegara, Anwar Prabu. (2015). Sumber Daya Manusia Perusahaan. Cetakan Kedua Belas. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Moeheriono. (2014). Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Edisi Revisi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Moleong, J, Lexy. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mumtaz, A. T., & Karmilah, M. (2022). Digitalisasi Wisata di Desa Wisata. Jurnal Kajian Ruang, 1(1), 1-15.

Nirmala, B. P. W., & Lavianto, S. (2019). Pemanfaatan Digital Enabler Dalam Transformasi Pemasaran Desa Wisata Berbasis Kerakyatan Di Bali. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komputer, 5(1).

Novitasari, D., Laksmi Riani, A., Suyono, J., & Harsono, M. (2020). Organizational Context on Workplace Incivility and Turnover Intention. WSEAS TRANSACTIONS ON BUSINESS AND ECONOMICS, 17, 387–396. https://doi.org/10.37394/23207.2020.17.38

Novitasari, D., Riani, A. L., Suyono, J., & Harsono, M. (2021). The moderation role of ethical leadership on organisational justice, professional commitment, and organisational citizenship behaviour among academicians. International Journal of Work Organisation and Emotion, 12(4). https://doi.org/10.1504/IJWOE.2021.120718

Nur Feriyanto, Syeh Assery, Chairul Saleh and Sri Suryaningsum, 2017. A Little Aspect of Misbehavior in Organization (Case Study in Indonesia). Journal of Engineering and Applied Sciences, 12: 3870-3872. doi:https://doi.org/10.36478/jeasci.2017.3870.3872

Nuryanti, Wiendu (1993). Concept, persfektive and challanges, Gadjah Mada University.

Peraturan Bupati Temanggung Nomor 95 Tahun 2021 Tentang Desa Wisata.

Pitana, I Gde., dan I Ketut Surya Diarta. (2019). Pengantar Ilmu Pariwisata. Yogyakarta: ANDI.

Pramadika, N. R. (2020). Pengaruh E-Marketing Sebagai Media Promosi Potensi Pariwisata Era Revolusi Industri 4.0 Di Saung Angklung Udjo. Tornare : Journal of Sustainable and Research, 2(1), 26-29.

Pramadika, N. R., Tahir, R., Nugraha, A., Rachmat, H., & Khadijah, U. L. (2021). Pengaruh E-Marketing Sebagai Media Promosi Potensi Pariwisata Era Revolusi Industri 4.0 di Saung Angklung Udjo. Tornare: Journal of Sustainable and Research, 3(1), 1-3.

Prawirosentono, Suyadi. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia: Kebijakan Kinerja Karyawan: Kiat Membangun Organisasi Kompetitif Era Perdagangan Bebas Dunia. Jakarta: Rajawali Press.

Priyastiwi, P., Sriwidharmanely, S., & Fatjriyati, K. (2020). Can the Ethical Orientation Mitigate the Manager’s Earnings Management?. Journal of Accounting and Investment, 1(3), 417-433. doi:https://doi.org/10.18196/jai.2103157

Purnama, Y. H., Tjahjono, H. K., Assery, S., & Dzakiyullah, N. R. (2020). The relationship of organizational justice on job satisfaction and job performance in banking company. International Journal of Scientific and Technology Research, 9(3).

Purwanti, Ingga. (2019). Strategi Kelompok Sadar Wisata dalam Penguatan Desa Wisata.

Puspawati, D. P., dan Ristanti. (2018). Strategi Promosi Digital untuk Pengembangan Pariwisata Kota Magelang. Jurnal Jendela Inovasi Daerah.

Puspita, D. P. H., & Ristianto, R. (2018). Strategi Promosi Digital Untuk Pengembangan Pariwisata Kota Magelang.

Putri, A. T. (2016). Pengelolaan E-Marketing Pariwisata: Studi Kasus Pemanfaatan Internet dalam Pemasaran Pariwisata oleh Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta (Doctoral dissertation, Universitas Gadjah Mada).

Putri, A. T. (2016). Pengelolaan E-Marketing Pariwisata: Studi Kasus Pemanfaatan Internet dalam Pemasaran Pariwisata oleh Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta (Doctoral dissertation, Universitas Gadjah Mada).

Putri, S. I., Lusianingrum, F. P. W., & Winadi, A. I. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Untuk Optimalisasi Pemasaran Desa Wisata. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(4), 3139-3147.

Raharjana, D. T., & Putra, H. S. A. (2020). Penguatan SDM dalam e-Marketing untuk Promosi Desa Wisata di Kabupaten Malang. Jurnal Nasional Pariwisata, 12(2), 140-151.

Raharjana, D., & Putra . H. S. A. (2020). Jurnal Nasional Pariwisata Penguatan SDM dalam e-Marketing untuk Peomosi Desa Wisata di Kabupaten Malang.

Sianipar, C. I., & Liyushiana, L. (2019). Pemasaran Pariwisata Digital oleh Pemerintah Kota Sabang. Jurnal Darma Agung, 27(3), 1135-1143.

Stokes, R. (2013). eMarketing: The Essential Guide to Marketing in a Digital World (Fifth Edition). Quirk eMarketing (Pty) Ltd. https://open.umn.edu/opentextbooks/text books/14

Subandi, S., & Hamid, M. S. (2021). STUDENT SATISFACTION, LOYALTY, AND MOTIVATION AS OBSERVED FROM THE SERVICE QUALITY. Journal of Management and Islamic Finance, 1(1). https://doi.org/10.22515/jmif.v1i1.3552

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Edisi kedua. Bandung: Alfabeta.

Syeh Assery, Heru Kurnianto Tjahjono, Achmad Sobirin and Arif Hartono, 2017. Managing Conflict in the Supply Chain (Case Study: Telecommunication Company in Indonesia). Journal of Engineering and Applied Sciences, 12: 5433-5436. doi:https://doi.org/5433-5436.10.36478/jeasci.2017.5433.5436

Tjiptono, Fandi. (2015). Strategi Pemasaran Edisi 4. Yogyakarta: Andi Prastowo.

Zainal, Veithal Rivai. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk. Jakarta: Rajawali Pers.

Downloads

Published

2023-08-05

How to Cite

Ramadhani , R. D., & Assery , S. (2023). UPAYA PENINGKATAN KINERJA PETUGAS E-MARKETING DESA WISATA DI KABUPATEN TEMANGGUNG. Jurnal Riset Manajemen Akuntansi Indonesia, 1(3), 626 –. https://doi.org/10.32477/jrima.v1i3.744