UPAYA MENINGKATKAN PROPORSI JUMLAH PEMBACA PADA BERITA WEBSITE DI KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
Keywords:
Management, Public Relations, Website, Education, Training, InformativeAbstract
Penelitian ini didasarkan pada fenomena rendahnya pembaca pada Website Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Daerah Istimewa Yogyakarta dibuktikan dengan jumlah hits pembaca berita website pada tahun 2021 dan 2022. Kantor Wilayah merupakan instansi vertikal dengan 16 (enam belas) anak satker dan berperan sebagai instansi pembina. Untuk meningkatkan proporsi jumlah pembaca website yang saat ini masih rendah jika dibandingkan dengan jumlah seluruh pegawai pada satuan kerja di lingkungan Kanwil Kementerian Hukum dan HAM D.I.Yogyakarta maka perlu dilaksanakan perbaikan pengelolaan website serta peningkatan kompetensi pegawai khususnya tim humas. Fokus penelitian ini adalah upaya meningkatkan proporsi pembaca website oleh seluruh pegawai pada satuan kerja di lingkungan Kanwil Kemenkumham D.I.Yogyakarta yang saat ini berjumah 1.323 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jumlah pembaca tidak dapat dijadikan dasar dalam penilaian website. Pendidikan dan pelatihan juga berpengaruh dalam kualitas pembuatan sebuah rilis berita pada website, dilihat dari pencapaian Kantor Wilayah sebagai badan publik Informatif dan predikat sangat baik dalam pengelolaan website pada tahun 2022 dan 2023.
ABSTRACT This research is based on the phenomenon of low readers on the website of the Regional Office of the Ministry of Law and Human Rights for the Special Region of Yogyakarta, as evidenced by the number of website news reader hits in 2021 and 2022. The Regional Office is a vertical agency with 16 (sixteen) staff children and acts as a supervisory agency. To increase the proportion of website readers, which is currently still low when compared to the total number of employees in work units within the Regional Office of the Ministry of Law and Human Rights D.I. Yogyakarta, it is necessary to improve website management and increase employee competence, especially the public relations team. The focus of this research is efforts to increase the proportion of website readers among all employees in work units within the Regional Office of the Ministry of Law and Human Rights in Yogyakarta, which currently has 1,323 people. The results of this study indicate that the number of readers cannot be used as a basis for evaluating websites. Education and training also affect the quality of making a news release on the website, as seen from the achievement of the Regional Office as an informative public agency and the title of excellent in website management in 2022 and 2023.
References
Aan Komariah, Djam’an Satori. 2014 Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.
Akhmad, Jazuli. 2020. Metodologi Penelitian Bisnis. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu
Alex S. Nitisemito 2014. Manajemen Personalia: Manajemen Sumber Daya Manusia, Ed. 3, Jakarta: Ghalia Indonesia.
Alma, Cut. 2018. Peran Humas dalam Membangun Citra Positif PT.Tempo Medan (Studi Deskriptif tentang Peranan Humas dalam Membangun Citra Positif Perusahaan PT. Tempo Medan). Jurnal Network Media Vol 1. No 1
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Assery, S., Tjahjono, H., & Palupi, M. (2015). Perencanaan Sumberdaya Manusia Untuk Mencapai Keunggulan Bersaing Perusahaan. Jurnal Manajemen Bisnis, 6(2), 419-428. Retrieved from https://journal.umy.ac.id/index.php/mb/article/view/3740
Chairul Saleh, Syeh Assery and Nur Rachman Dzakiyullah, 2018. Supply Chain: Partnership, Capability and Performance (A Case Study on Service Companies at Yogyakarta Indonesia). Journal of Engineering and Applied Sciences, 13: 5391-5394. doi:https://doi.org/10.36478/jeasci.2018.5391.5394
Chairul Saleh, Syeh Assery, Sabihaini and Sri Suryaningsum, 2017. Supply Chain Management in Service Companies (Case Study in Indonesia). Journal of Engineering and Applied Sciences, 12: 3858-3860. doi:https://doi.org/10.36478/jeasci.2017.3858.3860
Darmastuti, Rini. 2012. Media Relations: Konsep, Strategi dan Aplikasi. Yogyakarta : Andi Penerbit
Gomes, Faustino Cardoso. 2011. Managemen Sumber Daya Manusia. Edisi I. Yogyakarta, Andi Offset.
Hernikawati, D. (2017). Analisis Popularitas Website Tingkat Kementerian Di Indonesia. Masyarakat Telematika dan Informasi, 7(2), 79-88.
Instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan E-government
J.R, Raco. (2013). Metode Penelitian Kualitatif Jenis Karakteristik dan Keunggulannya. Jakarta : Grasindo.
Luthfia Amanda. 2022. Peran Humas Sebagai Fasilitator Publikasi Informasi Dan Dokumentasi Di Perguruan Tinggi. Jurnal Manajemen Pendidikan 13(1):1–5.
Masyhur, F. 2014. Kinerja Website Resmi Pemerintah Provinsi di Indonesia. Jurnal Pekommas, 17(1), 9-14.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis; A Methods Sourcebook. Arizona State: SAGE.
Moleong, Lexy. 2017. Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Jakarta: Remaja Rosda Karya.
Nasution, S. 2012. Metode Research (Penelitian Ilmiah). Edisi 1. Cetakan Ketiga Belas. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Novitasari, D., Laksmi Riani, A., Suyono, J., & Harsono, M. (2020). Organizational Context on Workplace Incivility and Turnover Intention. WSEAS TRANSACTIONS ON BUSINESS AND ECONOMICS, 17, 387–396. https://doi.org/10.37394/23207.2020.17.38
Novitasari, D., Riani, A. L., Suyono, J., & Harsono, M. (2021). The moderation role of ethical leadership on organisational justice, professional commitment, and organisational citizenship behaviour among academicians. International Journal of Work Organisation and Emotion, 12(4). https://doi.org/10.1504/IJWOE.2021.120718
Nur Feriyanto, Syeh Assery, Chairul Saleh and Sri Suryaningsum, 2017. A Little Aspect of Misbehavior in Organization (Case Study in Indonesia). Journal of Engineering and Applied Sciences, 12: 3870-3872. doi:https://doi.org/10.36478/jeasci.2017.3870.3872
Peraturan :
Peraturan Presiden Nomor 44 Tahun 2015 Tentang Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia
Permenkumham Nomor 30 Tahun 2018 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Kanwil Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia
Pratiwi, Endah Desi. 2017. Publikasi Kegiatan Pemerintahan Kabupaten Karawang Melalui Instagram. Jakarta: Univesitas Budi Luhur. Diakses 15 Desember 2022
Purnama, Y. H., Tjahjono, H. K., Assery, S., & Dzakiyullah, N. R. (2020). The relationship of organizational justice on job satisfaction and job performance in banking company. International Journal of Scientific and Technology Research, 9(3).
Rivai, Veithzal. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan: Dari Teori ke Praktik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Singarimbun, Masri dan Sofian Effendi. 2015. Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES
Subandi, S., & Hamid, M. S. (2021). STUDENT SATISFACTION, LOYALTY, AND MOTIVATION AS OBSERVED FROM THE SERVICE QUALITY. Journal of Management and Islamic Finance, 1(1). https://doi.org/10.22515/jmif.v1i1.3552
Sugiyono, 2018, Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif, R&D, Alfabeta Batndung
Syeh Assery, Heru Kurnianto Tjahjono, Achmad Sobirin and Arif Hartono, 2017. Managing Conflict in the Supply Chain (Case Study: Telecommunication Company in Indonesia). Journal of Engineering and Applied Sciences, 12: 5433-5436. doi:https://doi.org/5433-5436.10.36478/jeasci.2017.5433.5436
Umi Narimawati, Jonathan Sarwono, Dadang Munandar, Marlina Budhiningtyas 2020. Metode Penelitian Dalam Implementasi Ragam Analisis: Bandung: Andi
Undang-Undang No. 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik
Wikaningtyas, S. U., Tjahjono, H. K., & Suprihanto, J. (2023). Turnover Intention Model: Self -Determination Theory Approach. Quality - Access to Success, 24(194). https://doi.org/10.47750/QAS/24.194.20
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Radiani Pratiwi, Jazuli Akhmad
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.