EVALUASI KINERJA APARATUR SIPIL NEGARA DI DINAS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN DESA KABUPATEN MAGELANG

Authors

  • Retno Arlina Sriwanti Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha
  • Syeh Assery Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha

Keywords:

Evaluation, Performance, State Civil Apparatus

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja ASN di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Magelang, mendeskripsikan kendala-kendala yang menyebabkan kinerja ASN belum maksimal dan merumuskan upaya untuk meningkatkan kinerja ASN. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Narasumber sebanyak 7 orang, sumber data terdiri dari data primer dan sekunder yang diperoleh dari teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja ASN di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Magelang sudah cukup baik namun belum maksimal. Kendala-kendala yang menyebabkan kinerja belum maksimal adalah adanya SOTK baru sehingga pembagian beban kerja menjadi kurang proporsional, masih terdapat sebagian ASN yang kurang memiliki kemampuan dalam hal teknologi informasi, ASN pada jabatan fungsional mengalami berbagai kendala yaitu belum adanya analisa jabatan pada peta jabatan OPD terkait, disiplin ASN yang menurun sejak adanya pandemi covid-19, keterbatasan jumlah ASN yang ada, masih minimnya sarana prasarana yang memadai, keterbatasan anggaran. Adapun upaya yang dilakukan adalah kerjasama antar bidang dalam menyelesaikan pekerjaan, melaksanakan capacity building dalam meningkatkan kapasitas ASN terkait dengan tupoksinya, melakukan konsultasi ke provinsi dan pusat terkait dengan tim penilai angka kredit, meningkatkan disiplin dengan pemberlakuan aplikasi SIABA, memaksimalkan ASN yang ada dalam menyelesaikan tugas-tugas kedinasan, memaksimalkan sarana prasarana yang ada , memaksimalkan anggaran yang ada.

This study aims to determine the performance of ASN in the Community and Village Empowerment Office of Magelang Regency, describe the obstacles that cause ASN performance to not be optimal and formulate efforts to improve ASN performance. This research uses descriptive qualitative methods. There were 7 resource persons, the data source consisted of primary and secondary data obtained from data collection techniques by conducting observations, interviews, and documentation. The results showed that the performance of ASN in the Community and Village Empowerment Office of Magelang Regency was quite good but not optimal. The obstacles that cause performance not to be optimal are the existence of a new SOTK so that the division of workload becomes less proportional, there are still some ASNs who lack the ability in terms of information technology, ASNs in functional positions experience various obstacles, namely the absence of position analysis on the related OPD position map, ASN discipline that has decreased since the Covid-19 pandemic, limited number of existing ASNs, There is still a lack of adequate infrastructure, limited budget.The efforts made to improve are cooperation between fields in completing work, carrying out capacity building in increasing the capacity of ASNs related to their goals, consulting the provinces and centers related to the credit score assessment team, improving discipline with the implementation of the SIABA application, maximizing existing ASNs in completing official tasks, maximizing existing infrastructure, maximizing existing budgets.

References

Amalia, H. Evaluasi Kinerja Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Jurnal Kebijakan Publik, 12(1), 19-26.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Rineka Cipta.

Assery, S., Tjahjono, H. K., Palupi, M., & Dzakiyullah, N. R. (2020). The role of conflict resolution on supply chain performance. International Journal of Scientific and Technology Research, 9(3).

Assery, S., Tjahjono, H., & Palupi, M. (2015). Perencanaan Sumberdaya Manusia Untuk Mencapai Keunggulan Bersaing Perusahaan. Jurnal Manajemen Bisnis, 6(2), 419-428. Retrieved from https://journal.umy.ac.id/index.php/mb/article/view/3740

Astuti, M. T., Suud, M., & Subkhan, M. (2018). Evaluasi Kinerja Pegawai Pada Sekretariat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pacitan Tahun 2017, (Tesis, STIE Widya Wiwaha).

Chairul Saleh, Syeh Assery and Nur Rachman Dzakiyullah, 2018. Supply Chain: Partnership, Capability and Performance (A Case Study on Service Companies at Yogyakarta Indonesia). Journal of Engineering and Applied Sciences, 13: 5391-5394. doi:https://doi.org/10.36478/jeasci.2018.5391.5394

Creswell, J.W. (2013). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches (3 rd.ed.). California, Thousand Oaks: Sage Publication.

Haeruman, U. (2021). Kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) Di Dinas Perhubungan Kota Tasikmalaya. JEpa, 6(1), 427-444.

Halus, H., & Bakhtiar, B. (2020). Evaluasi Kinerja Aparatur Sipil Negara Pada Kantor Urusan Agama Kecamatan Kapuas Murung Kabupaten Kapuas , Administraus, 4(3), 77-94.

Kasmir, (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Praktik), PT. Raja grafindo Persada, Depok.

Khatamson, K., Assery, S., & Novitasari, D. (2020). Evaluasi Kinerja Pegawai Unit Pelayanan Pada Dinas Perindustrian Dan Tenaga Kerja Kabupaten Purworejo , (Tesis, STIE Widya Wiwaha).

Kuncoro, C. D., Assery, S., & Novitasari, D. (2020). Evaluasi Kinerja Pegawai Pada Ditsamapta Polda Di Yogyakarta , (Tesis, STIE Widya Wiwaha).

Larenggam, S., Ogotan, M., & Tampongangoy, D. (2018). Evaluasi Kinerja Aparatur Sipil Negara Di Kantor Kecamatan Essang Selatan Kabupaten Kepulauan Talaud,. Jurnal Administrasi Publik, 4(55).

Mahsun, Mohamad, (2013). Pengukuran Kinerja Sektor Publik,BPFE Yogyakarta.

Mangkunegara, Anwar Prabu (2005). Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Perusahaan Bandung: Refika Aditama.

Moleong,Lexy J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja. Rosdakarya.

Novitasari, D., Laksmi Riani, A., Suyono, J., & Harsono, M. (2020). Organizational Context on Workplace Incivility and Turnover Intention. WSEAS TRANSACTIONS ON BUSINESS AND ECONOMICS, 17, 387–396. https://doi.org/10.37394/23207.2020.17.38

Novitasari, D., Riani, A. L., Suyono, J., & Harsono, M. (2021). The moderation role of ethical leadership on organisational justice, professional commitment, and organisational citizenship behaviour among academicians. International Journal of Work Organisation and Emotion, 12(4). https://doi.org/10.1504/IJWOE.2021.120718

Nur Feriyanto, Syeh Assery, Chairul Saleh and Sri Suryaningsum, 2017. A Little Aspect of Misbehavior in Organization (Case Study in Indonesia). Journal of Engineering and Applied Sciences, 12: 3870-3872. doi:https://doi.org/10.36478/jeasci.2017.3870.3872

Peraturan Bupati Magelang No. 34 Tahun 2021 tentang Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Magelang Tahun 2022

Peraturan Bupati Magelang No. 64 Tahun 2021 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi, Serta Tata Kerja pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Magelang.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia, No, 46 Tahun 2011 tentang Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil..

Peraturan Presiden No. 81 Tahun 2010 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi 2010 – 2025

Priyastiwi, P., & Halim, A. (2018). The Influence of Supervisors Support and Protection Against Whistleblowing Decision in The Organizations of Local Government In Indonesia. The Indonesian Journal of Accounting Research, 21(03). https://doi.org/10.33312/ijar.362

Saputra, I., Ismail, I., & Aminah, S. (2021). Evaluasi Kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) Pada Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Wajo Dalam Memberikan Pelayanan. Jurnal Ada Na Gau: Public Administration, 2(2), 596-605.

Sastikasari, D., Suprihanto, J., & Wikaningtyas, S. U. (2019). Kinerja Apatur Sipil Negara Pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pacitan (Tesis, STIE Widya Wiwaha).

Simamora, Henry, (1999). Manajemen Sumber Daya Manusia. STIE YKPN, Jakarta.

Soedarmayanti (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia, Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil, ed. Revisi. Bandung: PT. Refika Aditama.

Sugiyono, (2010). Metode Penelitian Kualitatif . Bandung: Alfabeta.

Suhartono, S., Sulastiningsih, S., Chasanah, U., Widiastuti, N. and Purwanto, W. (2023) “The Relationship of Leadership, Discipline, Satisfaction, and Performance: A Case Study of Steel Manufacture in Indonesia”, International Journal of Professional Business Review. São Paulo (SP), 8(2), p. e01146. doi: 10.26668/businessreview/2023.v8i2.1146.

Sulastiningsih,, & Wikaningtyas, S. U. (2023). Green Entrepreneurship Motivation Model. Academic Journal of Interdisciplinary Studies, 12(2), 262. https://doi.org/10.36941/ajis-2023-0047

Sumarno, S., Purwanto, W., & Nugroho, M. A. S. (2019). Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia Bagian Humas Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Gunungkidul , (Tesis, STIE Widya Wiwaha).

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara.

Wikaningtyas, S. U., Tjahjono, H. K., & Suprihanto, J. (2023). Turnover Intention Model: Self -Determination Theory Approach. Quality - Access to Success, 24(194). https://doi.org/10.47750/QAS/24.194.20

Witianingsih, P., Syaflan, M., & Suhartono, S. (2019). Evaluasi Kinerja Bidang Profesi dan Pengamanan (Bidpropam) Polda Jawa Tengah, (Tesis, STIE Widya Wiwaha).

Downloads

Published

2023-11-05

How to Cite

Sriwanti, R. A., & Assery, S. (2023). EVALUASI KINERJA APARATUR SIPIL NEGARA DI DINAS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN DESA KABUPATEN MAGELANG. Jurnal Riset Manajemen Akuntansi Indonesia, 1(4), 845 –. Retrieved from https://jurnal.stieww.ac.id/index.php/jrima/article/view/810