ANALISIS KINERJA PEGAWAI DI BALAI PENDIDIKAN MENENGAH KABUPATEN BANTUL

Authors

  • Kartika Rara Puspita Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha
  • Nur Widiastuti Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha

Keywords:

Performance, Employee Performance, Performance Appraisals

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja pegawai Balai Pendidikan Kabupaten Bantul, faktor apa saja yang menghambat kinerja pegawai, bagaimana upaya peningkatan kinerja pegawai. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk menemukan jawaban permasalahan penelitian. Hasil yang dari penelitian ini adalah Kinerja pegawai Balai Pendidikan Menengah Kabupaten Bantul dilihat dari hasil wawancara dengan Informan dilihat dari sembilan dimensi yaitu kuantitas, kualitas, waktu, biaya, orientasi pelayanan, integritas, komitmen, disiplin, dan kerjasama menunjukkan hasil yang baik, karena sudah memiliki kesembilan unsur dari dimensi penilaian kinerja sesuai dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 08 Tahun 2021, faktor penghambat kinerja pegawai baik intern maupun ekstren, intern berasal dari dalam diri pegawai, sedangkan faktor ekstern adalah penyesuaian diri dengan perubahan baik aturan maupun budaya, bahkan hambatan ekstern bisa dari masyarakat yang kurang tersosialisasi dengan baik layanan Balai Pendidikan Menengah Kabupaten Bantul. Upaya peningkatan kinerja pegawai yang dilakukan Balai Pendidikan Menengah Kabupaten Bantul sangat variatif, mulai dari sharing, coaching, mengikutkan pegawai dalam diklat peningkatan kompetensi, pelatihan public speaking, refreshing jabatan sehingga untuk mutasi jabatan diharuskan menjadi hal yang biasa bagi pegawai Balai Pendidikan Menengah Kabupaten Bantul, agar semua pegawai tidak mengalami kejenuhan dalam bekerja, termasuk diberikan kesempatan untuk mengembangkan kompetensi diri melalui peningkatan akademis pegawai dalam penelitian ini juga dimasukan sistem monitoring dan evaluasi bagi pelaksanaan kinerja pegawai untuk meminimalisir kinerja pegawai yang kurang maksimal.

This study aims to find out how the performance of the Bantul Regency Education Center employees, what factors hinder employee performance, how to improve employee performance. This study uses qualitative methods to find answers to research problems. The results of this study are the performance of the Bantul Regency Middle Education Center employees as seen from the results of interviews with informants viewed from nine dimensions, namely quantity, quality, time, cost, service orientation, integrity, commitment, discipline, and cooperation showed good results, because it has has nine elements of the performance appraisal dimension in accordance with the Regulation of the Minister of Administrative Reform and Bureaucratic Reform Number 08 of 2021, the inhibiting factors for employee performance both internal and external, internal come from within the employee, while external factors are adjustment to changes in both rules and culture , even external obstacles can come from people who are not well socialized with the services of the Bantul Regency Middle Education Center. Efforts to improve employee performance carried out by the Bantul Regency Middle Education Center are very varied, ranging from sharing, coaching, involving employees in competency improvement training, public speaking training, refreshing positions so that job transfers are required to become commonplace for Bantul Regency Middle Education Center employees, so that all employees do not experience boredom at work, including being given the opportunity to develop self-competence through academic improvement of employees in this study also included a monitoring and evaluation system for the implementation of employee performance to minimize employee performance that is less than optimal.

References

Aditama, P. B., & Widowati, N. (2017). Analisis Kinerja Organisasi Pada Kantor Kecamatan Blora. Journal of Public Policy and Management Review, 6(2), 283-295.

Akbar, S. (2018). Analisa Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan. Jiaganis, 3(1).

Astuti, W. S., Sjahruddin, H., & Purnomo, S. (2018). Pengaruh Reward dan Punishment terhadap kinerja karyawan. https://doi.org/10.31227/osf.io/na7pz

Harlie, M. (2012). Pengaruh disiplin kerja, motivasi dan pengembangan karier terhadap kinerja pegawai negeri sipil pada pemerintah Kabupaten Tabalong di Tanjung Kalimantan Selatan. Jurnal Aplikasi Manajemen, 10(4), 860-867.

Julianry, A., Syarief, R., & Affandi, M. J. (2017). Pengaruh pelatihan dan motivasi terhadap kinerja karyawan serta kinerja organisasi kementerian komunikasi dan informatika. Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen (JABM), 3(2), 236-236.

Masitahsari, U. (2015). Analisis Kinerja Pegawai di Puskesmas Jongaya Makassar. Universitas Hasanuddin Makassar.

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, No.08 tahun 2021 Tentang Sistem Manajemen Kinerja Pegawai Negeri Sipil

Peraturan Pemerintah Rebuplik Indonesia, No.30 tahun 2021 Tentang Penilaian PNS

Peraturan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, No.56 tahun 2016 Tentang Pembentukan, Susunan Organisasi, Uraian Tugas dan Fungsi Serta Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis pada Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga

Peraturan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, No.86 tahun 2018 Tentang Pembentukan, Susunan Organisasi, Tugas, Fungsi Dan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis Pada Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga

Setiawati, I. E., & Andayani, F. (2020). Analisis Kinerja Pegawai Pada Dinas Pemuda Dan Olahraga Kota Bandung. Neo Politea, 1(2), 35-51.

Siska, Y.H (2022). Upaya Peningkatan Kinerja Pelayanan Publik Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Magelang.(Tesis, STIE Widya Wiwaha)

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta

Undang-Undang Rebuplik Indonesia, No.05 tahun 2014 Tentang Manajemen Aparatur Sipil Negara

Yullyanti, E. (2011). Analisis Proses Rekrutmen dan Seleksi pada Kinerja Pegawai. Bisnis & Birokrasi: Jurnal Ilmu Administrasi Dan Organisasi, 16(3), 2.

Downloads

Published

2024-02-05

How to Cite

Puspita, K. R., & Widiastuti, N. (2024). ANALISIS KINERJA PEGAWAI DI BALAI PENDIDIKAN MENENGAH KABUPATEN BANTUL. Jurnal Riset Manajemen Akuntansi Indonesia, 2(2), 341 –. Retrieved from https://jurnal.stieww.ac.id/index.php/jrima/article/view/985