EVALUASI KINERJA GURU PASCA SERTIFIKASI DI UPT DINDIKPORA KECAMATAN PEJAWARAN KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN 2013

Authors

  • Supriyadi Supriyadi
  • Priyastiwi Priyastiwi

DOI:

https://doi.org/10.32477/jrm.v1i1.122

Keywords:

kinerja guru, sertifikasi dan tunjangan profesi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja guru pasca sertifikasi dan menerima tunjangan profesi. Populasi sekaligus sampel dalam penelitian ini adalah guru-guru di UPT Dindikpora Kecamatan Pejawaran Kabupaten Banjarnegara sebanyak 50 orang.Yang diukur dalam penelitian ini hanya pada kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional. Data dikumpulkan dengan menggunakan format Penilaian Kinerja Guru (PK Guru) yang dilakukan oleh Kepala Sekolah dan Pengawas, kemudian dianalisis secara kualitatif. Hasil pengumpulan dan pengolahan data guru setelah menerima sertifikasi dan tunjangan profesi pada kompetensi pedagogik menunjukkan hasil 23 orang atau 46% berkategori Cukup, 24 orang atau 48% berkategori Baikdan 3 orang atau 6% beraktegori Amat Baik, dan pada kompetensi profesional menunjukkan hasil 20 orang atau 40% berkategori Cukup, 28 orang atau 56% berkategori Baik, dan 2 orang atau 4% berkategori Amat Baik.

Author Biographies

Supriyadi Supriyadi

Alumnus Program Magister Manajemen STIE Widya Wiwaha

Priyastiwi Priyastiwi

STIE Widya Wiwaha

References

Arikunto, Suharsimi (1996), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Cetakan Kesepuluh, Jakarta: Renika Cipta

As’ad, Moh. (1998). Psikologi Industri, Edisi Keempat, Cetakan Ketiga, Yogyakarta: Liberty

Dessler, Gary (1992), Manajemen Personalia, Teknik dan Konsep Modern, diterjemahkan oleh Agus Dharma, Edisi Ketiga, Jakarta: Erlangga

Guy R. Lefrancois, Theories of Human Learning (Kro: Kros Report, 1995)

http://www.pustekkom.go.id/teknodik/t10/10-7 htm, akses, senin, 14-2-2005

Kusnandar (2007), Guru Profesional, Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru, Edisi Revisi, Jakarta: Rajawali Press

Nawawi , Hadiri (1995), Manajemen Statistik Terapan untuk Ekonomi, Yogyakarta: BPFE

Pedoman Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru (PK Guru), Kemdiknas Dirjen PMPTK, 2011

Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 16 tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan

Poedjinoegroho E, Baskoro (2005), Guru Profesional, Adakah?, Kompas, 5 Januari 2006, kolom7

Purwanto (1998), Profesionalisme Guru, From: Richard N. Cowell, Buku Pegangan Para Penulis Paket Belajar, (Jakarta: Proyek Pengembangan Pendidikan Tenaga Kependidikan, Depdikbud), pp.95-99

Sarimaya,Farida (2008), Sertifikasi Guru, Apa, mengapa dan bagaimana?, Bandung: YramaWidya.

Simamora, Henry (1997), Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Kedua, Yogyakarta: STIE YKPN.

Standar Nasional Pendidikan (SNP), Jakarta: Asa Mandiri, 2006.

Supardi (1993), Metodologi Penelitian Bisnis, Seri I, Yogyakarta: BPFE

Suparno, Paul (2004), Guru Demokratis di Era Reformasi, Jakarta: Grasindo

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Uzer Usman, Moh. (1995), Menjadi Guru Profesional, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Yamin, Martinis, H. (2007), Sertifikasi Profesi Keguruan di Indonesia, Jakarta: GP Press

Downloads

Published

05-05-2014

How to Cite

Supriyadi, S., & Priyastiwi, P. (2014). EVALUASI KINERJA GURU PASCA SERTIFIKASI DI UPT DINDIKPORA KECAMATAN PEJAWARAN KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN 2013. Jurnal Riset Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha Program Magister Manajemen, 1(1), 93–103. https://doi.org/10.32477/jrm.v1i1.122