EVALUASI KINERJA GURU PASCA SERTIFIKASI DI UPT DINDIKPORA KECAMATAN PEJAWARAN KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN 2013
DOI:
https://doi.org/10.32477/jrm.v1i1.122Keywords:
kinerja guru, sertifikasi dan tunjangan profesiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja guru pasca sertifikasi dan menerima tunjangan profesi. Populasi sekaligus sampel dalam penelitian ini adalah guru-guru di UPT Dindikpora Kecamatan Pejawaran Kabupaten Banjarnegara sebanyak 50 orang.Yang diukur dalam penelitian ini hanya pada kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional. Data dikumpulkan dengan menggunakan format Penilaian Kinerja Guru (PK Guru) yang dilakukan oleh Kepala Sekolah dan Pengawas, kemudian dianalisis secara kualitatif. Hasil pengumpulan dan pengolahan data guru setelah menerima sertifikasi dan tunjangan profesi pada kompetensi pedagogik menunjukkan hasil 23 orang atau 46% berkategori Cukup, 24 orang atau 48% berkategori Baikdan 3 orang atau 6% beraktegori Amat Baik, dan pada kompetensi profesional menunjukkan hasil 20 orang atau 40% berkategori Cukup, 28 orang atau 56% berkategori Baik, dan 2 orang atau 4% berkategori Amat Baik.
References
Arikunto, Suharsimi (1996), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Cetakan Kesepuluh, Jakarta: Renika Cipta
As’ad, Moh. (1998). Psikologi Industri, Edisi Keempat, Cetakan Ketiga, Yogyakarta: Liberty
Dessler, Gary (1992), Manajemen Personalia, Teknik dan Konsep Modern, diterjemahkan oleh Agus Dharma, Edisi Ketiga, Jakarta: Erlangga
Guy R. Lefrancois, Theories of Human Learning (Kro: Kros Report, 1995)
http://www.pustekkom.go.id/teknodik/t10/10-7 htm, akses, senin, 14-2-2005
Kusnandar (2007), Guru Profesional, Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru, Edisi Revisi, Jakarta: Rajawali Press
Nawawi , Hadiri (1995), Manajemen Statistik Terapan untuk Ekonomi, Yogyakarta: BPFE
Pedoman Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru (PK Guru), Kemdiknas Dirjen PMPTK, 2011
Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 16 tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
Poedjinoegroho E, Baskoro (2005), Guru Profesional, Adakah?, Kompas, 5 Januari 2006, kolom7
Purwanto (1998), Profesionalisme Guru, From: Richard N. Cowell, Buku Pegangan Para Penulis Paket Belajar, (Jakarta: Proyek Pengembangan Pendidikan Tenaga Kependidikan, Depdikbud), pp.95-99
Sarimaya,Farida (2008), Sertifikasi Guru, Apa, mengapa dan bagaimana?, Bandung: YramaWidya.
Simamora, Henry (1997), Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Kedua, Yogyakarta: STIE YKPN.
Standar Nasional Pendidikan (SNP), Jakarta: Asa Mandiri, 2006.
Supardi (1993), Metodologi Penelitian Bisnis, Seri I, Yogyakarta: BPFE
Suparno, Paul (2004), Guru Demokratis di Era Reformasi, Jakarta: Grasindo
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Uzer Usman, Moh. (1995), Menjadi Guru Profesional, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Yamin, Martinis, H. (2007), Sertifikasi Profesi Keguruan di Indonesia, Jakarta: GP Press