FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN MAHASISWA MEMILIH PROGRAM STUDI KEBIDANAN STIKES MUHAMMADIYAH CIAMIS TAHUN 2016
DOI:
https://doi.org/10.32477/jrm.v5i1.43Keywords:
Marketing Mix, Decision of the StudentsAbstract
The purpose of this study was to analyze the factors that influence the decision of the students chose to study in Obstetrics Prodi STIKES Muhammadiyah Ciamis and analyze the factors that most influence the decision of the students chose to study in Obstetrics Prodi STIKES Muhammadiyah Ciamis. Collecting data in this study was conducted using a survey by questionnaire to 114 students by stratified random sampling method. Methods of data analysis using multiple linear regression, F test and test T. The result is a marketing mix that significantly is the product, place, and physical evidence. And that does not affect the marketing mix is price, promotion, place, and processes
References
Algifari (2000), Analisis Regresi Teori, Kasus dan Solusi, edisi 2, Yogyakarta : BPFE Yogyakarta.
Alma, Buchari (2003), Pemasaran Stratejik Jasa Pendidikan, cet.1, Bandung : Alfabeta.
Alma, Buchari dan Ratih Hurriyati (2008), Manajemen Corporate dan Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan, Bandung: Alfabeta.
Ghazali, Imam (2001), Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Kotler, Philip dan Gary Armstrong (1997). Dasar-Dasar Pemasaran, Alibahasa, Alexander Sindoro. Jakarta: Prenhallindo.
Kulsum, Eka Umi (2008), “Analisis Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Fakultas Ekonomi Universitas Al-Azhar Medan”, Tesis, Universitas Sumatera Utara Medan. (http:// repository.usu.ac. id/bitst ream/ 123456789/4291/1/09E01376.pdf)
Nasution, Perys Laili Khodri (2007), “Analisis Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Dalam Memilih Kuliah Pada Business College Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Profesi Indonesia (LP3I) Medan”, Tesis, Universitas Sumatera Utara. (http://repository.usu.ac.id/bitstream/ 123456789/4277/1/08E00070.pdf)
Rangkuti, Freddy (1997), Riset Pemasaran, Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.
Riduwan, (2014), Metode & Teknik Menyusun Proposal Penelitian, Bandung : Alfabeta
Rosha, Zeshasina (2011), Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Universitas Bung Hatta Padang.
Santoso, Nugroho Edi (2015), “Konfirmatori Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Studi di Akademi Kebidanan Jember”, Tesis, Universitas Jember.
Sanusi, Anwar (2011), Metodologi Penelitian Bisnis, Jakarta : Salemba Empat.
Soedijati, Elisabeth Koes (2011), “Pengaruh Bauran Pemasaran Perguruan Tinggi Terhadap Kepuasan dan Dampaknya Kepada Loyalitas Mahasiswa Pada Tiga PTS Terkemuka di Kota Bandung”, Jurnal Manajemen Volume 15 No.2.
Tjiptono, Fandy (2014), Pemasaran Jasa, Yogyakarta : Andi Offset.
Umar, Husein (2003), Metode Riset Perilaku Konsumen Jasa, Jakarta : Ghalia Indonesia.
Widya Hestiningtyas, Mintasih Indriayu, Leny Noviani (2015), “Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Bidang Keahlian Khusus Pendidikan Tata Niaga FKIP UNS”, Jurnal Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi & Bisnis, ISBN: 978-602-8580-19-9. (http://snpe.fkip.uns.ac.id)
Zainal, Arifin (2011), Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru, Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Zulganef (2008), Metode Penelitian Sosial dan Bisnis, Yogyakarta : Graha Ilmu.