TEKNOLOGI INFORMASI, MEDIA SOSIAL, DAN PENGETAHUAN KEUANGAN DALAM PERTUMBUHAN BISNIS PEREMPUAN

Authors

  • Lilik Ambarwati STIE Widyya Wiwaha
  • Nita Fitriana STIE Widya Wiwaha

DOI:

https://doi.org/10.32477/jrm.v10i1.508

Keywords:

Teknologi informasi, Media Sosial, Pengetahuan Keuangan, Pertumbuhan Bisnis, Bisnis Perempuan

Abstract

Era Ekonomi digital harus disikapi oleh pelaku usaha perempuan, yang melekat dengan stigma harus mengurus rumah tangga, dengan kemampuan dalam menumbuhkan suatu usaha. Pertumbuhan usaha perempuan diduga dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya teknologi informasi, media sosial, dan pengetahuan keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh teknologi informasi, media sosial, dan pengetahuan keuangan terhadap pertumbuhan bisnis perempuan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan SPSS 26 for windows. Populasi dalam penelitian ini adalah pengurus dan anggota Jogja Muslimah Preneur yang berjumlah 100 orang, sedangkan metode pengambilan sampel menggunakan random sampel, dan didapatkan 50 pengusaha Muslimah yang tergabung di komunitas Jogja Muslimah Preneur yang menjadi responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; pertama, variabel teknologi informasi berpengaruh positif terhadap pertumbuhan usaha; kedua, variabel media sosial berpengaruh positif terhadap pertumbuhan usaha, dan ketiga, variabel pengetahuan keuangan berpengaruh positif tehadap pertumbuhan usaha. Selanjutnya secara simultan diperoleh hasil bahwa variabel teknologi informasi, media sosial dan pengetahuan keuangan berpengaruh terhadap pertumbuhan usaha perempuan.

References

Ardila, I., Febriaty, H., & Astuti, R. (2021). Strategi Literasi Keuangan Sebagai Faktor Pendukung Keberlanjutan Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Ekonomikawan: Jurnal Ilmu.

Arofah, A. F. S., & Alam, Y. T. (2019). EKSISTENSI DRIVER OJEK ONLINE WANITA SEBAGAI BENTUK KESETARAAN GENDER. Jurnal Sosiologi Nusantara, 5(2), 171–183. https://doi.org/10.33369/JSN.5.2.171-183

Aryani, Y., Andari, W., & Suhindarto. (2020). Pengaruh Teknologi Informasi Dan E-Commerce Terhadap Kinerja Usaha. Jurna Ekonomi Indonesia.

Bygrave, W., & Zacharakis, A. (2010). Entrepreneurship (second edition). New Jersey: John Wiley and Sons, Inc.

Hermawan, K. (2008). Seri 9 Hermawan Kertajaya on Marketing Mix. Marketing Mix.

Infithor, M. F. (2019). Analisis Adaptasi Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Kinerja Umkm Di Kota Malang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB UB, 7(2).

Khairani, F., & Alfarisi, M. F. (2019). Analisis Pengaruh Financial Attitude, Financial Knowledge, Pendidikan Orang Tua dan Parental Income Terhadap Financial Management Behavior Pada Mahasiswa S1 Universitas Andalas Padang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 4(1).

Liputan6.com, B. (2021). Rasio Pengusaha Perempuan Indonesia Masuk Terbanyak di Dunia - Bisnis. https://www.liputan6.com/bisnis/read/4696679/rasio-pengusaha-perempuan-indonesia-masuk-terbanyak-di-dunia

Ni Luh Wiwik Sri Rahayu Ginantra, Janner Simarmata, Ramen A. Purba, Moch Yusuf Tojiri, Amin Ama Duwila, Muhammad Noor Hasan Siregar, Lora Ekana Nainggolan, Elisabeth Lenny Marit, Acai Sudirman, & Indra Siswanti. (2020). Teknologi Finansial Sistem Finansial Berbasis Teknologi di Era Digital. Yayasan Kita Menulis.

Nordlander, E., & Carlsson, H. (2010). Computational modeling of the mechanism of urease. Bioinorganic Chemistry and Applications. https://doi.org/10.1155/2010/364891

Nurlinda, & Sinuraya, J. (2020). Potensi UMKM Dalam Menyangga Perekonomian Kerakyatan di Masa Pandemi Covid-19: Sebuah Kajian Literatur. Seminar Akademik Tahunan Ilmu Ekonomi Dan Studi Pembangunan.

Pambudy, A. P., & Syairozi, M. I. (2019). Analisis Peran Belanja Modal dan Investasi Swasta Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Serta Dampaknya Pada Kesejahteraan Masyarakat. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 20(1). https://doi.org/10.30659/ekobis.20.1.26-39

Praditya, A. (2019). PENGARUH MEDIA SOSIAL DAN KOMUNIKASI BISNIS TERHADAP PERKEMBANGAN BISNIS ONLINE SHOP. JURNAL SeMaRaK. https://doi.org/10.32493/smk.v2i1.2664

Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi (Studi Deskriptif pada Happy Go Lucky House). Jurnal Common, 3(1). https://doi.org/10.34010/COMMON.V3I1.1950

Simamora, C. M., & Ningsih, R. (2020). Inklusivitas Ekonomi Digital di Indonesia: Perspektif Gender dan Penciptaan Lapangan Kerja. Cendekia Niaga. https://doi.org/10.52391/jcn.v4i2.507

Wang, W. (2018). The differentially associated sharing economy: Https://Doi.Org/10.1177/1461444818769572, 20(11), 4237–4254. https://doi.org/10.1177/1461444818769572

Downloads

Published

25-01-2023

How to Cite

Ambarwati, L., & Fitriana, N. (2023). TEKNOLOGI INFORMASI, MEDIA SOSIAL, DAN PENGETAHUAN KEUANGAN DALAM PERTUMBUHAN BISNIS PEREMPUAN . Jurnal Riset Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha Program Magister Manajemen, 10(1), 27–41. https://doi.org/10.32477/jrm.v10i1.508