ANALISIS PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN DENGAN KONSEP BALANCED SCORECARD
(STUDI KASUS PADA PT. MADUBARU)
DOI:
https://doi.org/10.32477/jrm.v3i1.76Keywords:
Balanced Scorecard, Learning and Growth Perspective, Internal Business Process Perspective, Customer Perspective, Financial PerspectiveAbstract
The objective of the research is to evaluate performance of Madubaru firm. This research use the methode of Balanced Scorecard which balancing measurement of non finance performance and finance performance. In the perspective learning and growth emphasize on the education and employees training, and also employees satisfaction. In the perspective of internal business process, it emphasize at the the level of success and organizational development. In perspective of customer emphasize at the customer satisfaction. In perspective of finance can see from finance ratio. The research have result learning and growth perspective with good performance, internal business process perspective with very good performance, customer perspective with enough performance, financial perspective estimation with good performance. At general we can assesd performanced of Madubaru firm is good and expected to be improved again.
References
Agun Rai, I Gusti (2008), Audit Kinerja Pada Sektor Publik-Konsep, Praktik, dan Studi Kasus, Jakarta: Salemba Empat.
Anthony, Robert N, dan Vijay Govindarajan (2005), Sistem Pengendalian Manajemen. Buku I Edisi Kesebelas, Jakarta: Salemba Empat.
Halim, Abdul. Tjahjono, Achmad. Fakhri Husein, Muh. (2000), Sistem Pengendalian Manajemen, Yogyakarta: UPP AMP YKPN.
Kaplan, Robert S. dan David P. Norton (1996), “Balanced Scorecard: Transalting Strategi Info Action Bostom”, Harvard Bussines School.
Mahsun, Moh. (2006), Pengukuran Kinerja Sektor Publik, Yogyakarta: BPFE.
Monika, Kussetyani Ciptani (2000), “Balance Scorecard Sebagai Pengukuran Kinerja Masa Depan: Suatu Pengantar”. Jurnal Akuntansi dan Keuangan. Volume 2, 1 Mei: 21-35.
Mulyadi (2001), Balance Scorecard: Alat Manajemen Konpemporer Untuk Pelipatganda Kinerja Keuangan Perusahaan. Jakarta: Salemba Empat.
Musatowifin, Ali (2002), “Penerapan Balance Scorecard Sebagai Tolok Ukur Penilaian Kinerja Pada Badan Usaha Berbentuk Koperasi”, Jurnal Universitas Paramadina, Volume 3, Hal 245-264, 2002.
Nugroho, Wayan Adhitya (2013), “Analisis Pengkuran Kinerja Perusahaan Dengan Konsep Balance Scorecard”. Skripsi, Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Srimindarti, Ceacilia (2004) “Balance Scorecard Sebagai Alternatif Untuk Mengukur Kinerja”. Fokus Ekonomi, April.
Susetyo, Joko (2014), “Pengukuran Kinerja Dengan Menggunakan Balance Scorecard Dan Integrated Performance Measurement System (IPMS)”, Jurnal Teknologi, Volume.7, No.1, Juni: 58-60.
Widodo, Iman (2011), “Analisis Kinerja Perusahaan Dengan Menggunakan Pendekatan Balance Scorecard”, Skripsi, Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.
Wijaya, Tunggal Amin (2002), Memahami Konsep Balance Scorecard, Cetakan ke 2, Jakarta: Harvindo.
Wildan, Mohamad (2010), “Analisis Balance Scorecard Dalam Pengukuran Kinerja Perusahaan”. Skripsi, Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Wiyono, Gendro (2011), Merancang Penelitian Bisnis Dengan ALAT SPSS 17.0 dan Smart PLS 2.0, Yogyakarta: STIM YKPN.
Yuliani, Titin (2012), “Pengukuran Kinerja Berbasis Balance Scorecard System”. Skripsi, Jurusan Akuntansi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonoi Widya Wiwaha.